Peluang Usaha Bubur Sumsum Skala Rumahan

Bubur sumsum atau yang juga dikenal dengan jenang adalah salah satu jenis makanan yang masih menjadi favorit banyak orang. Bahan utama sajian kuliner ini adalah dari tepung beras menghasilkan tekstur bubur yang lembut. Bubur sumsum selain khas dengan tekstur bubur yang lembut juga khas dengan kuah gula merah dengan cita rasa manis yang lezat. Tidak jarang juga bubur ini disajikan bersama dengan candil.

Peluang Usaha Bubur Sumsum Sederhana Bisa Dilakukan Dari Rumah
resepkoki.id

Bubur Sumsum

Sajian bubur kadang sangat dikaitkan dengan makanan favorit orang sakit. Tidak heran karena memang orang sakit nafsu makannya sedang tidak baik, tidak ingin makan banyak, padahal asupan makanan harus tetap masuk ke tubuh. Jadi bubur adalah solusi yang paling tepat sebab mudah dicerna dengan kandungan gizi yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh terutama karbohidrat untuk sumber tenaga.

Selain itu sajian bubur juga erat kaitannya dengan menu yang paling tepat untuk sarapan. Sebab lebih mudah dan lebih cepat dicerna, tidak terlalu berat, jadi cukup sebagai sumber tenaga untuk memulai aktivitas sehari-hari. Kalau bicara tentang sajian bubur, di Indonesia ada banyak sekali jenis bubur yang dijual oleh para pelaku usaha kuliner. Seperti bubur ayam, jagung, candil, mutiara, kacang ijo, ketan hitam, bubur manado, bubur sumsum, dan lainnya.

Peluang Usaha Bubur Sumsum

Peluang Usaha Bubur Sumsum
akamaized.net

Banyaknya penggemar kuliner bubur di Indonesia sudah tentu menjadikan bubur punya peluang bisnis yang menjanjikan. Konsumen dari sajian bubur juga sangat luas. Mulai dari anak-anak sampai orang tua masih menjadikan bubur sebagai makanan favorit untuk sarapan atau juga untuk santapan di waktu lain bahkan acara-acara tertentu. Salah satunya adalah bubur sumsum yang bisa jadi peluang usaha rumahan sederhana untuk penghasilan tambahan.

Bubur sumsum pada dasarnya merupakan makanan yang khas dengan budaya Jawa di mana kebanyakan acara atau kegiatan adat menggunakan bubur sumsum sebagai sajian yang wajib ada. Seperti pada acara-acara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam pernikahan, kelahiran anak, khitanan, dan lain-lain. Untuk membuat bubur sumsum juga terbilang cukup mudah dan sederhana. Sekarang ini banyak yang telah menginovasikan bubur sumsum dengan tampilan yang lebih berwarna yaitu bubur sumsum pelangi.

Usaha kuliner dapat dikatakan sebagai jenis bisnis yang terus mengalami inovasi. Selain itu usaha kuliner merupakah jenis usaha yang bisa dijalankan mulai dari skala kecil hingga besar. Semua orang bisa dan punya kesempatan yang sama untuk menjalankan usaha yang tidak akan pernah ada matinya ini. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kuliner juga sangat beragam bisa dimulai dari modal kecil hingga besar. Salah satunya adalah bubur sumsum yang bisa kamu jalankan dengan modal kecil dari skala rumahan. Jadi tidak perlu menyewa tempat atau lapak kamu cukup menjajakan bubur sumsum lezat dari rumah.

Persiapan Usaha Bubur Sumsum

bolakeluarga.com

Kali ini Bisnis UKM akan mengulas mengenai persiapan apa saja yang kamu perlukan untuk memulai usaha bubur sumsum. Sebab konsumen bubur yang masuk dalam jenis bubur manis ini sangat beragam dan waktu yang tepat untuk menikmati bubur ini bisa menjadi dua waktu. Bisa di pagi hari untuk sarapan dan cocok juga untuk dinikmati di sore hari sebagai jajanan menyenyangkan. Apa lagi kalau saat bulan puasa, banyak yang memburu sajian lezat ini untuk takjil. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk menjalankan usaha bubur sumsum.

1. Tentukan Menu yang Dijual

Pertama adalah tentukan menu bubur sumsum yang akan kamu jual. Sediakan variasi atau toping yang beragam supaya konsumen yang membeli bubur sumsum kamu semakin banyak. Tidak hanya menyediakan bubur sumsum original saja dengan kuah gula jawa tapi sediakan juga menu dampingan yang lebih beragam seperti bubur candil, bubur ketan hitam, atau bubur mutiara. Bisa juga dengan menambahkan toping yang kekinian seperti keju. Sediakan juga pilihan variasi menu dalam satu harga supaya konsumen semakin mudah dalam memilih menu r bubur yang akan dibeli. Hal ini juga akan memudahkan kamu dalam memberikan harga, tidak perlu hitung manual sesuai campuran bubur pesanan konsumen.

2. Tentukan Harga Sesuai Variasi Menu

Kedua, penentuan harga disesuaikan dengan variasi menu yang kamu tawarkan. Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa menyediakan menu bubur dengan variasi dampingan dengan jenis bubur lain dalam satu harga akan lebih memudahkan konsumen dan juga kamu sebagai penjual. Tapi yang perlu kamu pahami di sini adalah menyesuaikan variasi menu dengan harga jual. Tentu akan berbeda ketika harga variasi menu bubur sumsum original dengan bubur sumsum candil. Perhitungkan dengan baik harga jual setiap variasi menu yang kamu tawarkan agar kamu tidak rugi.

3. Ciptakan Bubur dengan Cita Rasa Lezat

Ketiga, dalam menjalankan usaha rumahan ini sudah pasti kamu harus mengetahui bagaimana menghasilkan sajian yang lezat dan sesuai dengan selera konsumen secara umum. Sebab tekstur dan rasa bubur merupakan poin penting untuk menjadikan bubur sumsum yang kamu jual disukai konsumen. Jadi tidak hanya mengandalkan variasi menu buburnya saja, tapi dari bahan utama bubur juga enak dan lezat. Kamu juga bisa berinovasi untuk menciptakan bubur sumsum dengan bahan-bahan buah supaya bubur sumsumnya bisa lebih berwarna atau bisa juga dengan cita rasa pandan. Selain itu tentukan juga kemasan yang memudahkan konsumen untuk menikmati makanan yang kamu jual seperti kemasan cup atau kemasan paper bowl yang sangat cocok untuk sajian bubur ini.

Resep dan Cara Pembuatan

https://ngemie.com/

Berikut ini akan diulas mengenai resep dan cara pembuatan bubur sumsum yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai usaha kuliner bubur yang satu ini.

Bahan

– 100 gram tepung beras
– 800 ml santan
– 1 sdt  garam
– 6 lembar daun pandan

Cara Pembuatan

1. Langkah pertama adalah siapkan 650 ml santan yang dibagi dalam 2 gelas yang berbeda.

2. Kemudian rebus 1 gelas santan bersama dengan daun pandan 5 lembar. Gunakan api kecil sambil diaduk-aduk.

3. Setelah itu tuangkan 1 gelas santan yang lain ke dalam tepung beras sambil terus diaduk supaya tidak menggumpal dan tambahkan garam sebanyak 1 sendok teh.

4. Saat adonan tepung sudah siap, masukkan adonan ke dalam santan yang telah direbus. Teruslah mengaduk supaya adonan tidak menggumpal.

5. Kemudian siapkan cincangan gula merah dan rebus dengan api kecil.
6. Masukkan daun pandan ke dalam rebusan gula merah dan aduk semuanya hingga merata.
7. Rebus sisa santan sebanyak 200 ml untuk dijadikan sebagai kuah.
8. Tuangkan bubur dengan kuah yang sudah dibuat. Bubur sumsum siap dinikmati.

Itulah ulasan mengenai usaha rumahan yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha kuliner sederhana dari skala rumahan. Semoga tulisan ini bermanfaat ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis kamu #NaikKelas Ikuti terus artikel tentang bisnis lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba