peluang usaha budidaya ikan air tawar

Peluang Usaha Budidaya Ikan Air Tawar

Model Usaha Ikan Air Tawar

Jenis usaha perikanan air tawar ini ada banyak modelnya, kamu bisa memilih salah stau yang paling mudah dijalankan dan sesuai dengan kemampuanmu. Ada 3 cara yang bisa kamu fokuskan ketika memilih usaha yang satu ini. Diantaranya adalah pembibitan, konsumsi atau bahkan olahan. Mau tahu apa perbedaannya? yuk langsung kita simak aja.

Pembibitan

Pembibitan ikan air tawar adalah salah satu model usaha budidaya ikan paling mudah dan dirasa tidak terlalu ribet. Tentu karena proses budidayanya tidak terlalu panjang seperti membudidayakan ikan untuk dikonsumsi. Masa perawatannya pun cukup singkat jika dibandingkan dengan budidaya ikan konsumsi. Hanya membutuhkan setidaknya 2-3 bulan ikan pembibitan sudah bisa dipanen. Lahan untuk budidayanya pun tidak terlalu luas, setidaknya 400m².

Jika dilihat dari segi lahan, modal dan waktu budidaya, pembibitan ini menjadi pilihan paling mudah. Jika memilih pembibitan maka setidaknya dengan modal usaha 15 juta pun sudah bisa menjalankan usaha. Modal usaha tersebut sudah meliputi biaya sewa lahan, beli bibit, pakan, biaya perawatan dan lain sebagainya.

Konsumsi

Selain model diatas kamu juga bisa memilih budidaya ikan air tawar untuk konsumsi. Memang memilih budidaya ikan untuk konsumsi ini membutuhkan modal yang tidak sedikit dan perawatan yang tidak mudah. Namun hasil yang diperoleh juga sebanding. Proses perawatannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Yakni sekitar 5-6 bulan untuk bisa memanen ikan untuk konsumsi ini. Lahan yang dibutuhkan pun tentu lebih luas jika dibandingkan budidaya pembibitan. Tujuannya untuk menjaga kualitas ikan agar dapat tumbuh dengan baik dan maksimal. Setidaknya butuh kolam untuk budidaya seluas 600m². Modal usaha untuk budidaya ikan konsumsi ini pun membutuhkan setidaknya 50-80 juta.

Olahan

Selain dua cara diatas model usaha yang bisa kamu jalankan dari usaha budidaya ikan air tawar ini adalah menjual olahan daging ikan. Nah penjualan model ini adalah salah satu strategi bagi para pelaku usaha budidaya ikan air tawar. Selain menawarkan pembibitan, ikan konsumsi akan kamu juga bisa menyediakan aneka ikan olahan yang dijadikan frozen food. Sebenarnya ada beberapa jenis olahan ikan yang bisa dijalankan. Namun salah satu yang praktis dan dinilai cukup efektif adalah frozen food.

Jenis olahan ini adalah ikan yang diolah sedemikian rupa dan kemudian dibekukan. Tentu dengan diolah menjadi frozen food ini masa simpan olahan ikan ini menjadi lebih lama. Selain itu bisa dijual dengan berbagai macam cara, yakni dititipkan ke swalayan atau pun jadi supplier frozen food. Kenapa mengolah ikan menjadi frozen food menjadi peluang usaha yang tak kalah menjanjikan? Usaha frozen food jadi salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Tentu karena sekarang ini frozen food sedang banyak digemari dan permintaan pasarnya terus naik.

Usaha olahan makanan beku siap ini semakin banyak peminatnya karena banyaknya para ibu rumah tangga yang sibuk bekerja diluar rumah. Sehingga tidak banyak memiliki waktu untuk memasak. Itu sebabnya frozen food menjadi pilihan makanan paling praktis dan simpel untuk dimasak. Tidak membutuhkan banyak waktu dalam mengolahnya, bahkan hanya dikukus, direbus ataupun digoreng saja sudah bisa dinikmati. Nah selain itu frozen food ini sifatnya awet dan tahan lama. Tentu bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama untuk stok makanan.

Pemancingan

Nah model usaha budidaya ikan air tawar yang satu ini adalah pemancingan ikan. usaha kolam pemancingan bisa kamu cobain buat kamu yang tertarik menjadi pengusaha sukses. Usaha yang satu ini dianggap cukup menjanjikan untuk dijalankan. Misalnya saja jika ingin menjadi pengusaha sukses usaha kolam pemancingan ikan. Maka kamu harus mengetahui pasar yang akan dituju. Sekarang ini usaha kolam pemancingan ikan telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang.

Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya. Dengan memancing di kolam pemancingan, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.