peluang usaha ikan hias

Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias

Memulai Usaha Budidaya Ikan Hias

This image has an empty alt attribute; its file name is Resign-dari-Bank-Kini-Sukses-Jualan-Cupang-720x405.png

Ternak ikan hias saat ini prospeknya sangat menjanjikan. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Orang-orang mulai merasakan kejenuhan yang teramat sangat karena terbatas tidak bisa melakukan banyak kegiatan seperti dulu. Akhirnya sekarang banyak yang mencari kesibukan dengan bercocok tanam maupun berternak hewan agar lebih produktif.

Penggemar ikan hias makin hari makin banyak, baik itu dari kalangan anak kecil hingga dewasa. Karena ikan hias tersebut selain rupanya yang cantik namun juga menarik jika dipandang. Sekarang ini memelihara hewan peliharaan di rumah sudah menjadi tren yang makin lama makin banyak penggemarnya. Termasuk memelihara ikan di rumah sebagai hobi yang menyenangkan. 

Berangkat dari sanalah banyak para pelaku usaha ikan hias ini yang mulai bermunculan. Pelaku usaha ternak ikan hias juga kebanyakan malah berasal dari kalangan pekerja yang menjadikan ternak ikan hias sebagai usaha sampingan. Tentu hal tersebut menjadi bukti jika berbisnis ikan hias ini cukup menjanjikan. Namun semua harus didasari dari hobi terlebih dahulu. Tentu karena berternak ikan hias memerlukan ketelatenan dalam merawat hewan peliharaan.

Buat kamu yang tertarik dengan peluang usaha ikan hias. Berikut ini ada beberapa ikan hias yang kini sedang trend dan jadi incaran para penggemar ikan.

Usaha Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang adalah jenis hewan peliharaan yang mudah dirawat. Jenis ikan hias dengan bentuk tubuh mungil dan sirip lebar ini memang punya daya tarik tersendiri sebagai salah satu jenis ikan tawar. Hal yang paling istimewa dari ikan cupang adalah memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat sehingga mampu hidup pada lingkungan air dengan oksigen yang sangat minim.

Kemampuan seperti ini disebabkan karena dalam tubuh ikan cupang terdapat rongga labirin hampir mirip pada paru-paru manusia. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki banyak peminat serta cukup mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang sebenarnya tidak membutuhkan lahan luas dan bisa dimulai dengan modal kecil. Jadi nggak heran kalau prospek bisnis ikan cupang sangat menjanjikan. Begini inspirasi dari pengusaha ikan cupang yang bisa kamu contoh.

Nah setelah menonton inspirasi usaha diatas kamu juga bisa download ebook budidaya ikan cupang dibawah ini untuk referensi belajar dirumah.

Klik Link di Bawah Ini

Download “Budidaya Ikan Hias Cupang Yang Menggiurkan”

ebook-budidaya-ikan-hias-cupang.pdf – Downloaded 218 times – 509.82 KB

Usaha Budidaya Ikan Discus

Budidaya ikan discus jadi salah satu ide yang menarik untuk dicoba. Ikan discus adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang punya karakter unik dan menarik. Asal dari ikan kecil bulat ini dari perairan sungai Amazon yang banyak dicari karena bentuknya pipih tidak seperti ikan hias air tawar pada umumnya. Mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 80an. Tapi untuk budidayanya sendiri mulai berjalan sekitar tahun 2000an. Kalau sekarang tren ikan discus mulai naik lagi karena banyak penghobi yang berlomba mencari jenis ikan dengan corak dan bentuk terbaik.

Nggak cuma ikan cupang aja, jenis ikan hias air tawar yang satu ini jadi salah satu yang banyak diminati di pasaran. Kalau dari sisi perawatannya, ikan discus ini juga terbilang mudah. Untuk budidaya ikan discus juga tidak terlalu sulit. Ikan ini termasuk jenis pemakan segala atu omnivora, jadi kualitas pakan dan air memang menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatannya. Seperti halnya ikan hias air tawar pada umumnya. Untuk pakan terbilang mudah tapi kondisi air harus selalu diperhatikan. Menarik sekali bukan? Jika Anda tertarik usaha ikan hias yang satu ini bisa simak juga video inspirasi dari pengusaha ikan discus berikut.

Usaha Budidaya Ikan Koi

Memulai budidaya ikan koi bisa dikatakan memang banyak tantangannya. Seperti budidaya ikan pada umumnya. Ketika pertama kali memulai pasti harus ada penyesuaian terlebih dahulu. Dari situlah perlahan nantinya akan bisa menemukan pola seperti apa yang paling tepat untuk dikembangkan.

Alasan kenapa usaha ikan koi itu menarik adalah kondisi pasar yang stabil. Berbeda dengan jenis ikan hias lain yang kondisinya bisa naik turun bahkan anjlok pada masa tertentu. Para penghobi ikan koi sendiri akan selalu ada bahkan akan terus bertambah baik di Indonesia dan juga di dunia. Selain itu dari segi ekonomi atau pendapatan ikan koi merupakan salah satu ikan hias yang punya nilai jual yang tinggi.

Untuk ikan dengan pola warna dan corak tertentu harganya bisa mencapai puluhan juta. Prospek budidaya koi di Indonesia bisa dikatakan cerah karena semakin meningkatnya jumlah peminat dan penghobi koi. Bahkan seringkali diadakan kontes-kontes ikan koi di berbagai wilayah di Indonesia. Jadi udah nggak diragukan lagi kalau peluang usaha budidaya ikan koi itu memang sangat menarik di mana pasarnya selalu ada dan keuntungannya menjanjikan. Ini dia inspirasi untuk kamu yang tertarik dengan usaha ikan koi.