Peluang Usaha Jasa Jahit Pakaian

jasa jahit pakaian

Istilah orang Jawa sandang, pangan lan papan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi manusia dalam menjalani hidupnya. Sandang yang berarti pakaian memang penting bagi kita. Dari bermula karena alasan kebutuhan pokok, kini pakaian juga telah berkembang pesat hingga menghadirkan model yang bervariasi. Besarnya minat para konsumen dengan perkembangan pakaian membuat segala peluang usaha yang berhubungan dengan pakaian tidak pernah sepi dari pelanggan. Trend mode pakaian yang mengalami perubahan dalam waktu singkat, menyebabkan derasnya arus bisnis pakaian.

Selain bisnis pakaian jadi, salah satu bisnis pakaian yang diminati konsumen adalah bisnis jasa jahitan. Bisnis jasa jahitan memiliki peluang besar untuk menarik minat konsumen.Hal itu dikarenakan kadang orang sering menyukai model pakaian di suatu toko namun ukurannya tidak ada yang pas dengan tubuh kita, selain itu banyak orang tidak mau jika mengenakan pakaian yang pasaran atau banyak dipakai oleh orang lain. Oleh karena itu mereka berlomba – lomba mencari jasa penjahit yang dapat mengerjakan pakaian sesuai dengan keinginan mereka.

Konsumen
Konsumen jasa jahit meliputi anak sekolah, remaja, orang tua, baik wanita maupun pria. Biasanya mereka mencari jasa jahit untuk keperluan membuat seragam, maupun baju pribadi sesuai dengan model yang mereka inginkan. Jasa ini bisa dijangkau oleh kalangan menengah ke atas maupun kalangan menengah bawah, karena saat ini banyak pelaku bisnis jahit dari mulai usaha jasa jahit rumahan maupun usaha jasa jahit dengan menggunakan desainer ternama.

Info Produk
Tarif biaya jahit yang ada dipasaran, sangat beragam disesuaikan pula dengan model atau desain baju yang diinginkan. Biayanya dari mulai puluhan ribu rupiah bahkan sampai puluhan juta rupiah untuk biaya jasa jahit desainer yang telah ternama.

Untuk memulai usaha jahit dapat dilakukan dari rumah untuk mengurangi biaya operasional tempat sewa tempat, selain itu banyak juga pelaku usaha yang membuka usahanya dengan menyewa tempat usaha yang ada di pinggir jalan untuk memperluas pasar mereka.

Keuntungan Usaha
Peluang usaha jasa jahit pakaian termasuk salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar, Untuk awal usaha hanya bermodalkan mesin jahit serta bahan yang dibutuhkan, seseorang yang memiliki keahlian menjahit telah mampu membuka usaha ini. Biasanya usaha ini dilakukan di rumah, jadi biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak, karena tidak perlu menyewa tempat.

Kekurangan usaha
Jasa jahit tidak setiap hari dibutuhkan oleh masyarakat, jadi omset merekapun pada hari biasa tidak dapat sebesar musim – musim tertentu yang banyak orang menjahitkan baju. Usaha ini ramai dicari para konsumen pada musim tertentu saja. Contohnya saja pada tahun ajaran baru, yang biasanya banyak dicari jasa penjahit untuk membuatkan seragam anak – anak sekolah.

Kunci Sukses
Syarat utama dari usaha ini yaitu memerlukan skill atau kemampuan menjahit. Usahakan untuk selalu meningkatkan kemampuan menjahit agar menghasilkan desain jahitan yang rapi dan indah dilihat sesuai dengan model pakaian. Sehingga para konsumen tertarik dan akan terus menggunakan jasa Anda karena kualitas jahitan yang Anda hasilkan.

produk jahit pakaian

Selain ketrampilan menjahit, seorang pelaku bisnis jasa jahitan harus bisa meningkatkan kualitas hasil pakaian yang dibuatnya sesuai dengan tren mode pakaian yang ada.

Pemasaran
Karena tiap konsumen biasanya lebih suka membuat pakaian dengan model terbaru. Sehingga kepuasan pelanggan yang ada dapat membantu proses promosi usaha jasa jahitan Anda. Selain promosi dari mulut ke mulut, para pengusaha jasa jahitan juga dapat menjalin kerjasama dengan instansi tertentu dengan menawarkan pemesanan baju seragam. Sehingga mampu menambah pemasukan para pengusaha jasa jahit.

Berbisnis jasa merupakan bisnis sepanjang masa. Bagi Anda yang berminat dengan peluang usaha jasa jahit, berikut kami berikan analisa ekonomi yang dibutuhkan.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Mesin jahit                                 Rp 1.500.000,00
Mesin obras                                 Rp 1.000.000,00
Peralatan jahit lainnya                     Rp   200.000,00
Bahan – bahan                               Rp   500.000,00+
Total                                       Rp 3.200.000,00
( Biaya penyusutan alat selama 1 tahun pemakaian = 1/12 x Rp 2.700.000 = Rp 250.000,00 )

Biaya Operasional
Listrik                                     Rp  200.000,00
Bahan                                       Rp  500.000,00
Penyusutan alat                             Rp  250.000,00
Lain - lain                                 Rp   50.000,00 +
Jumlah                                      Rp1.000.000,00

Pemasukan
Omset / minggu
6 stel baju x Rp  80.000,00       =        Rp  480.000,00
Laba kotor/ bulan
4 minggu x Rp 480.000,00          =        Rp 1.920.000,00
Laba bersih/ bulan
Rp 1.920.000 - Rp 1.000.000,00   =        Rp 920.000,00

ROI (Return of Investment)
( Rp 3.200.000,00 : Rp 920.000,00 )   =  < 4 bulan

Sumber gambar : http://halobbj.blogspot.com

9 thoughts on “Peluang Usaha Jasa Jahit Pakaian”

  1. Kepercayaan pelanggan dengan kualiatas jahitan, mampu mengikuti mode (keinginan konsumen), kecepatan waktu penyelesaian, dan tarif, ini menentukan sukses tidaknya bisnis ini.
    Bisa-bisa kwalahan terima orderan kalo pelanggan sudah senang dengan hasilnya, dan menariknya lagi, dari hasil analisis di atas BEP bahkan kurang dari 4 bulan.
    Peluang yang sangat bagus, terutama buat rekan-rekan yang punya keahlian menjahit, suka mode, suka design busana…

    salam,

  2. peluang yang cukup menjanjikan mungkin kalo di daerah pinggiran kota labanya akan meningkat

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba