Peluang Usaha Jasa Pijat Urut dan Refleksi

Layanan pijat telah dikenal secara turun menurun dan digunakan oleh masyarakat untuk melepas lelah dan menjaga kesehatan tubuh. Di era modern ini, layanan pijat terbagi menjadi dua. Pijat tradisional, yang biasa dikenal dengan pijat capai atau pijat urut dan pijat refleksi, yaitu pijat saraf yang ditujukan untuk menghilangkan atau mengurangi penyakit seseorang.

pijat urut refleksiHal itu yang diutarakan oleh Kiki Setiadi Marata, 28 tahun, pengusaha jasa pijat refleksi dan tradisional asal kota Tegal kepada tim bisnisukm. Berawal dari sakit paru-paru yang dideritanya, ditambah juga dengan ketidaknyamanan terhadap obat-obatan kimia dari dokter, akhirnya dia tertarik untuk menekuni usaha ini.

Asoka adalah nama jasa pijat miliknya yang telah berjalan selama 3 tahun. Waktu pertama kali membuka usaha ini, Kiki, panggilan akrab Kiki Setiadi Marata, memulainya dengan membeli franchise jasa pijat yang sudah terkenal di kota Jogja.

Karena kurang cocok dengan sistem manajemennya, sejak November 2008 dia beserta kakaknya memutuskan untuk membuka sendiri jasa layanan pijat tersebut dengan nama dan sistem manajemen yang berbeda.

Jasa Pijat Asoka

Berbeda dengan usaha jasa pijat yang lain, layanan pijat Asoka menggabungkan pijat tradisonal dengan pijat refleksi. Layanan jasa pijatnya sebagai berikut :

  1. Pijat Tradisional : pijat urut untuk menghilangkan penat dan lelah.
  2. Pijat Refleksi : pijat saraf untuk menghilangkan atau mengurangi penyakit yang diderita pasien.
  3. Pijat Kombinasi : gabungan layanan pijat tradisional dan refleksi.
  4. Totok Wajah : metode totok wajah untuk mengencangkan kulit muka, merilekskan kepala serta membuat awet muda dan cantik untuk pasien wanita.

Khusus pijat kombinasi, untuk satu kali pemijatan, porsi pemijatannya berbanding sama, artinya 50% pijat tradisonal dan 50% pijat refleksi. Tapi porsi itu tidaklah “saklek” alias kaku. Porsi layanan pijatnya bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Konsumen Asoka juga diperbolehkan memilih akan dipijat menggunakan krim menthol atau minyak zaitun. Krim panas hanya digunakan untuk pijat keseleo atau salah urat. Minyak dan krim tersebut biasa diperoleh Kiki dari suplier salon kecantikan.

Ruang Pijat

Ruangan pijat Asoka dibagi menjadi 3, yaitu ruang utama untuk tempat memijat yang berukuran 8x4m. Ruangan ini ber-AC, mempunyai 4 bed khusus yang digunakan sebagai tempat pijat, dispenser dan perlengkapan lainnya sebagaimana layaknya tempat pijat. Di ruangan ini juga disediakan tempat istirahat dengan dekorasi yang pas dan seting lampu yang sangat memanjakan konsumen.

Berikutnya adalah ruang ganti pakaian dan kamar mandi. Ruangan ini berukuran 4×3 m. Berfungsi sebagai tempat ganti pakaian sekaligus untuk membersihkan badan. ruang ini bersebalahan dengan kamar mandi yang merupakan fasilitas bagi para konsumennya.

Selanjutnya yang terakhir adalah ruangan lobi dan tempat tunggu. Fungsi ruangan ini adalah sebagai ruang tunggu pasien apabila mengantri, tempat pembayaran sekaligus ruang untuk mendapatkan informasi seputar jasa pijat Asoka.

Pemasaran

Target konsumen yang dipilih Kiki adalah mahasiswa. Dipilihnya target tersebut karena menurutnya, di masa sekarangini banyak kalangan mahasiswa mempunyai pola makan yang buruk serta malas untuk berolahraga, tetapi ingin badan yang sehat.

Pijat refleksi dianggap oleh beberapa konsumennya sebagai jalan pintas untuk memperoleh kesehatan tersebut. Rata-rata konsumennya adalah 60% mahasiswa putri dan 40% mahasiswa putra. Kebanyakan mahasiswa putri meminta jasa totok wajah agar tetap cantik dan awet muda, disamping hanya sekedar ingin melepas rasa penat dan lelah.

Asoka menggunakan beberapa media untuk memasarkan jasanya. Baliho digunakan di pinggir jalan depan ruang usahanya. Ukurannya relatif besar sehingga memudahkan untuk dibaca siapa saja yang lewat.

Brosur dan leaflet disebar di beberapa titik penting yang sudah disesuaikan dengan target marketnya. Papan penunjuk arah dipasang di beberapa tempat yang dekat dengan lokasi usahanya. Tujuannya adalah untuk mempermudah calon konsumennya datang ke tempatnya.

Sstem promosi yang diterapkan di Asoka adalah potongan harga sebesar 5 ribu untuk setiap hari Selasa dan Kamis. Tarif yang diberlakukan juga flat, 30 ribu siang dan malam. Sistem ini memang berbeda dengan kebanyakan jasa pijat lainnya yang memberlakukan harga yang berbeda untuk malam harinya.

Promosi yang lain yang tak kalah efektifnya adalah untuk setiap 6 kali pemijatan, Asoka memberlakukan gratis 1 kali pemijatan. Tetapi dari sekian sistem promosi yang digunakan, kepuasan konsumenlah yang paling efektif untuk mendatangkan pelanggan baru, katanya.

Kendala

Saat ini Kiki terkendala dengan kurang cepatnya karyawan dalam menyebarkan brosur. Dan repotnya, apabila brosur tersebut dititipkan ke orang seperti tukang parkir misalnya, kebanyakan tidak melaksanakan tugasnya dengan benar, walaupun sebenarnya mereka sudah dibayar.

Kiki juga masih terkendala dengan sempitnya ruang parkir di halamannya. Apabila dalam waktu bersamaan konsumen datang, maksimal hanya mampu menampung 3 buah mobil saja. “Itu belum termasuk motornya mas”, ujarnya.

Setiap 1 tahun sekali Kiki memperpanjang masa kontraknya. Sebenarnya di awal usaha, Kiki sudah melakukan kontrak permanen selama 10 tahun. Hal itu dilakukan mengingat ada kesalahan yang dilakukannya dalam merancang RAB yang menyebabkan pembengkakan dana pada renovasi kontrakannya. “Habis 37 juta mas untuk renovasi saja. Biar nanti nggak rugi, sekalian saja sewa 10 tahun”, begitu katanya sambil tersenyum kecut.

Simulasi Keuntungan Usaha Jasa Pijat Asoka dalam Sebulan

Pemasukan
Jasa Pijat Asoka : Rp. 7.500.000,00

Pengeluaran
Komisi Tukang Pijat : Rp. 2.550.000,00
Uang Makan Karyawan : Rp. 500.000,00
Listrik : Rp. 400.000,00
Krim & Minyak Zaitun : Rp. 200.000,00
Lain-lain : Rp. 150.000,00
Total Biaya : Rp. 3.800.000,00

Keuntungan Bersih
Rp. 7.500.000,00 – Rp. 3.800.000,00 = Rp.3.700.000,00

73 Komentar

  1. Saya tertarik dengan usaha pijat reflexy, sekiranya saya punya lahan ukuran 5X10 dengan kapasitas 4pcs reflexy kira kira butuh biaya berapa! serta krim yang kami butuhkan selama 1 bulan, terima kasih atas pencerahannya.

    Denny NS – 08129583209

  2. Apakah jasa pijat Ashoka bisa menjadi konsultan? Saya berencana bisnis refleksi di sebelah salon saya. Lokasi saya di Bekasi Timur, mohon informasinya apakah ada cabang asoka di Bekasi?

    Demikian, Terima kasih.
    Intan – 021-97223516 / 0821-10403585

    • Buat mbak Intan : Usaha jasa Refleksi sangat mendukung dengan usaha Salon yang mbak jalankan saat ini. Kalau dikelola secarabaik akan mendatangkan pelangganan tambahan dari Refleksi yang di buka. Semoga.

  3. apakah jasa pijat ashoka tidak di franchise kan…?
    saya ingin menjalankan bisnis seperti ini dari dulu,tp terkendala dgn waktu, dan belum mengetahui sistemnya pengelolaanya dgn jelas…., domisli saya di kota medan.

  4. banyak orang sukses namun hanya di liat kesuksesannya, saya ingin mendengar sedikit cerita proses kesuksesan anda…… trim

  5. slm kenal.sy sgt tertarik dgn bisnis refleksi kebetulan didaerah saya belum ada usaha spt ini.sy sering ikut therapi refleksi jk sy bepergian ke ibukota propinsi dn sy jg telah merasakn manfaatnya.Mhn bantuan informasi nya bgmn sy membuka usaha refleksi ini dn dimana sy dapat merekrut tenaga atau pekerja yg berpengalaman. berapa kira2 modal awalnya..domisili sy di Batulicin tlng bls email sy atau telp ke 0813 5129 9209. tks

    • Kalo masalah tenaga kerja mungkin saya bisa bantu menginfokan keteman therapist saya bu,kalo ibu pasti,makasih.

  6. saya punya banyak tempat di bdg,kebetulan orang tua kami memiliki pabrik dan tahun ini kami mau expansi diluar bisnis pabrik, klo ada yg tertarik kerjasama usaha apapun/free tempat,silahkan kirim proposal ke email realplus_victoria@yahoo.com.sg

  7. slm kenal pak
    sy tertariik tuh dengan usaha bpk kebetulan saya ada tempat ruko 3,5lt lokasi strategis sekali di ciputat dekat dg lap terbang pd cabe bila bpk ada rencana expansi atau mau buka cabang saya siap untuk kerjasama atau dikontrak jg boleh
    kalo bpk berminat bisa hub saya di 021 3233 6026

  8. Buat rekan2 yg ingin usaha terapi&refleksi di yogya perkenankan sya untk brgabung,sya jg terapis,slama ini sya krjakn untuk samblan,ingin buka tmpat usaha sndri tp msh trbentur modal,085228911141

  9. Sy tertarik membuat usaha ini di bekasi, kalau ada terapis reflexy sy sdg cari yg berpangalaman hub sy 021-32822273 thx.

  10. saya muhajir, saya sangat tertarik dengan bidang ini, kebetulan saya pernah bekerja di bidang ini hampir 4 thn, ingin sekali mengembangkan dan usaha refleksi. jika ada yang minat kerja sama dengan saya hubungi no ini: 081901215459, tanks

  11. saya sangat tertari sekali sama pak triyo wahyudi…. mau dong jadi anak buahnya…dan buat para sesama pijat refleksi mari kita bekerja sama untuk meraih kesuksessan anda sekalian dan bisa berbagi pengalaman..sekian trimakasich

  12. saya tertarik sekali dengan bisnis pijet relfeksi ini … kebetulan saya juga terapis udah 13 tahun saya dulunya pernah di jakarta jadi terapis di pijet relfeksi tapi sekarang dah keluar.sekarang pengen buka tapi gak ada modal.mohon bantuan ya sesama tukang pijat refleksi..sekian trimakasich.. anda bisa hubungi di nomer saya ini 03587600881

  13. halo rekan2 semua. bisnis refleksi memang sangat bermanfaat. untuk saya pribadi bisnis ini yg penting bisa membuat orang jadi lebih sehat. untuk teman2 yg butuh info ataupun kerjasama bisa menghubungi saya di no 081392131374 atao di 085743301001. atau bisa menghubungi pengelola site ini atau mas nippon. terima kasih semua…….

  14. minta no.hp nya donk saya tertarik dgn bisnis pijit refleksi asoka ini ,apakah di francaise?

    • ASSALAMUALAYKUM/SALAM SEJAHTERA

      nama saya dedi,membaca keinginan bapak/ibu mengenai usaha di bidang Reflexology saya ingin mengajak bapak /ibu untuk berpartner bisnis di bidang ini.
      saya mengerti Reflexy,urut traditional,urut masuk angin/kop punggung,totok wajah,totok badan,tehnik pijat kepala.
      di samping itu saya bisa melatih para calon karyawan,mengetahui property reflexology serta tempat pembeliannya.sekaligus bisa membuat management Reflexology.
      untuk ini saya senang sekali bisa menjelaskan secara detail via nomor ponsel di 081320072049

  15. saya tertarik untuk buka usaha pijat, mohon bantuan saran gimana cr mulai usaha tsbt d kira2 brp modal yg dibutuhkan, seandainya bs franchise berapa biayanya. terima kasih 085782286664

  16. hai salam kenal, saya sgt tertarik dengan usaha ini. saya ingin buka di medan, saya mohon bantuan informasinya. gimana menjalankan usaha ini. mohon bisa memberikan info via email. hp : 08126310733
    thanks ya

  17. Halo sahabat2 sekalian,insyaallah bln feb 2010 sy akan membuka usaha pijat reflexy di bekasi, kbetulan ada ruko keluarga yg di lt2nya (ukuran 8×4) kosong. Saat ini sy sdg melakukan renov kecil(dekor n pemasangan ac) dan penyedian perlengkapan (kursi pijat, nakas, dsb). Dan untuk lokasi sangat bagus karena dikelilingi banyak perumahan dan pabrik, kbetulan didaerah tsb blm ada pijat reflexy.Nah, oleh sebab itu saya butuh masukan dari asoka reflexy dan reflexologist lainnya, dimana sekiranya sy bs mendapat tenaga reflexologist yg bagus? Saya jg sudah perbandingan ke byk tmpt,rata2 biaya pijat Rp.35rb/1,5jam dg metode penerimaan adalah bagi hasil pemilik 20rb dan therapist 15rb (blm trmsk tip dr pelanggan) per pelanggan. Kemudian pemilik jg memberikan uang snack/mkn siang sebesar 5rb/hari/org. Hari libur setiap selasa.kelihatnya metode ini yg akan sy apliksikan. mohon infonya tuk masukan, tks. Reza 02193507727

  18. saya tertarik untuk buka usaha pijat, kebetulan saya sudah punya usaha barbershop, tempat usaha saya ruko lt 2 jd rencana dilt 2 tsbt mau buka pijat, ditempat saya susah nyari tenaga therapisnya, jd mohon bantuan saran gimana cr mulai usaha tsbt d kira2 brp modal yg dibutuhkan, seandainya bs franchise berapa biayanya. terima kasih

  19. Hai,salam kenal
    Saya sangat tertarik dengan usaha ini, dan berniat untuk buka dsalah satu kabupaten di aceh, dan saya mohon bantuan informasi tentang kebutuhan modal, terapis n kebutuhan lainnya untuk membuka usaha ini.saya sangat berharap responnya, terima kasih

  20. Sejalan dengan kemajuan teknology it, saya kira bisa peluang usaha ini masih tetap akses dan masih dibutuhkan masyarakat umum. Dan tetap kembangkan peluang usaha. Saya harap ada semacam untuk pelatihan dan orang2 yang mau buka usaha ini, untuk menolong sesama dan membantunya. Salam dan sukses selalu, amien.
    by budi di cilacap.

  21. ya saya sangat setuju sekali ada nya porum ini karna saya sebagey pemijat tradisonal sedikit tau tentang pijatreflexi dan terimakasih kepada para konsumen yg ngasih masukannya saya baca di atas ada yg mau kerjasama tentang pijat tu di saudi sapa pak saya mau tau dan sekarang di mana?kalo saya berminat kerjasama gimana ?saya di bandunmg no hp 022 76124846

    terimakasih ……..

  22. saya rasa itu bagsus sekali. dan saya sebenarnya saat ini menjalankan terapi urut pijat juga,saya kebanyakan memberikan layanan ke rumah rumah sesuai permintaan .kalo boleh saya juga mau bergabung jadi terapis,ya barangkali kalo di perlukan. no saya 022-73418658 saya pria 40 tahun. trm ksih

  23. slm kenal.sy sgt tertarik dgn bisnis refleksi apalagi didaerah saya belum ada usaha spt ini.sy memang langganan refleksi jk sy bepergian ke ibukota propinsi dn sy jg telah merasakn manfaatnya.Mhn bantuan informasi nya bgmn sy membuka usaha refleksi ini dn dimana sy dapat merekrut tenaga atau pekerja yg berpengalaman.Sy bertempat tinggal di aceh.Mhn utk dibls email sy.Trm ksh sblmnya,,,,

  24. saya seorang pemijat juga. boleh gabung jadi terapis nya
    no hp 085921549258 saya di bandung selatan

  25. salam kenal ya,mau nanya dikit nih,kalo sistem pengajian dan komisi buat therapis gimana diasoka,dan kalo manajemenya gimana untuk therapis agar mereka juga betah kerja dgn kt,thk,s bgt ya ats infonya..

  26. saya tertarik dengan usaha pijat repleksi ini, kebetuan aku juga tau sedikit2 tentang refleksi,pak kiki usaha pijat refleksi ini bisa join/kerjasama dengan kami . kebetulan aku tinggal di suadi arabia, orang2 saudi mendabakan pijat refleksi dari indonesia ,saya berencana pingin membuka pijat refleksi di sini. saya udah membaca di berbagai internet tentang pijat refleksi, tapi yg pas buat aku hanya ini. mohon sekiranya bapak bisa kerjasama dengan kami bisa menghubungi kami.
    trimakasih

    threemarwaka

Komentar ditutup.