Peluang Usaha Minuman Herbal

Memulai Usaha Minuman Herbal

Butuh minuman hangat atau dingin yang menyegarkan sekaligus menyehatkan? Ternyata, nenek moyang kita punya resep yang turun temurun yang rasanya tidak kalah enak dengan minuman kekinian lho! Minuman ini biasa disebut sebagai minuman herbal. Bahannya terdiri dari rempah-rempah yang ada di sekitar rumah.

Waktu sekolah dasar tentu kita mengenal apotek hidup. Tanamannya antara lain kunyit, temulawak, hingga sereh. Nah tanaman-tanaman seperti ini yang jadi bahan baku pembuatan minuman herbal. Yuk pahami apa itu minuman herbal?

Minuman herbal merupakan minuman yang berasal dari bahan alami yang memiliki manfaat bagi tubuh. Jenis minuman ini terbuat dari kombinasi rempah-rempah atau bagian tanaman seperti akar dan batang. Jamu sampai minuman tradisional masuk dalam kategori minuman herbal. Ciri khasnya adalah aroma yang unik.

Bisnis minuman herbal belakangan memang sedang diminati oleh banyak kalangan, terlebih sejak pandemi seperti sekarang. Banyak yang kini mulai tersadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Selain olahraga, istirahat cukup, menjaga pola makan, rutin konsumsi jamu atau minuman kesehatan tradisional juga turut membantu memelihara daya tahan tubuh.

Kira-kira ada apa aja sih minuman kesehatan tradisional yang direkomendasikan untuk dijadikan bisnis dan paling disukai oleh masyarakat?

Memulai-Bisnis-Minuman-Herbal-Dari-Dalam-Garasi-1

Jamu Kunyit Asem

Jamu kunyit asem adalah minuman yang terdiri dari bahan kunyit (kunir) dan asam jawa. Rasa yang dihasilkan cenderung asam-manis dan menyegarkan. Khasiat kedua bahan dasar tersebut sangat banyak, kunyit misalnya diklaim dapat memelihara organ pencernaan, mengurangi kolesterol, hingga meringankan peradangan. Sedangkan asam dapat menjadi penurun demam hingga obat diare. Wah, banyak sekali kan manfaatnya?

Bahan pembuatannya juga tidak sulit didapatkan, yaitu berupa: kunyit, asam, garam, gula merah, dan gula pasir. Bahan tersebut bisa kamu beli di warung terdekat. Kamu juga bisa menambahkan jeruk nipis jika sekiranya rasa yang kamu inginkan belum keluar.

Dalam bisnis minuman herbal, kunyit asem adalah menu wajib yang harus ada. Tidak saja menyehatkan, beberapa perempuan yang sedang haid juga menjadikan minuman ini sebagai pereda rasa sakit. Jika diberi es, jamu kunyit asam menjadi penghilang dahaga yang menyegarkan. Dibanding varian jamu lain, kunyit asem memang memiliki daya tarik sendiri.

Bandrek

Bandrek merupakan minuman yang menghangatkan dan biasa dijajakan di daerah dingin. Minuman satu ini berasal dari tanah Sunda yang dulu sempat dihargai mahal di era kolonial. Bahan pembuatannya terdiri dari jahe merah, gula jawa, sirih, kayu manis, cengkeh, sereh dan tambahan daun pandan. Bahkan komposisi rempah di atas mudah ditemukan di warung-warung dekat rumah.

Biasanya minuman ini ada tambahan daging kelapa muda dan susu sebagai bahan pelengkap atau topping didalamnya. Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu tingga mencampurkan jahe, gula jawa, kayu manis, cengkeh, sereh dan daun pandan yang kemudian di rebus secara bersamaan. Untuk rasa manis tentu bisa disesuaikan dengan selera.

Minuman satu ini masih kurang familiar di kalangan anak muda. Akan tetapi, bandrek punya potensi untuk berkembang di pasar modern dengan kemasan dan visual yang baru.

Wedang Akar Alang-alang

Masih banyak yang belum familiar nih dengan minuman satu ini. Banayak orang mengira tanaman akar alang-alang termasuk dalam rumpun tanaman gulma. Padahal sudah sejak lama akar alang-alang dimanfaatkan sebagai obat dan bahan baku minuman herbal.

Cara pembuatan minuman alang-alang sangat sederhana, kamu tinggal merebus alang-alang bersama air dan gula aren yang bisa disesuaikan sesukamu. Akan tetapi jangan lupa untuk mencuci akar alang-alang hingga bersih, kalau tidak bisa menimbulkan rasa gatal.

Meskipun cara pembuatannya mudah, manfaat wedang alang-alang tidak kalah dengan minuman herbal lainnya. Akar alang-alang memiliki khasiat menjaga stamina serta mencegah penyakit flu. Selain itu disinyalir bisa mengatasi panas dalam hingga jadi obat mimisan.

Akar alang-alang cocok untuk kamu konsumsi ketika tidak enak badan atau ketika cuaca sedang dingin, karena minuman satu ini bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Bir Pletok

Meskipun ada kata ‘bir’ tapi minuman satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol kok. Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang berkhasiat menghangatkan tubuh di tengah cuaca dingin. Bir pletok memiliki rasa manis, pedas sekaligus hangat. Kandungan bahan di dalamnya terdiri dari jahe, pala, lada, kapulaga, sereh, kayu manis. Bir pletok adalah minuman dengan kombinasi rempah yang komplit dan enak! Agar aromanya tambah harum, bisa jiga ditambahkan daun pandan.

Lalu, apa saja sih manfaat bir pletok untuk tubuh?

Minuman satu ini tidak hanya menghangatkan tubuh, tetapi juga dapat menyegarkan tenggorokan yang sedang serak. Eits, masih banyak nih gudang khasiat dari bir pletok yang perlu diketahui: mulai dari memperlancar peredaran darah, meredakan nyeri lambung, radang sendi, melancarkan sistem pencernaan, dan meredakan migran hingga kram.

Jika kamu ingin rasanya lebih segar, bisa tambahkan topping ice cream, soda, dan es batu. Wah, tampilannya jadi cantik sekali kan? Dengan pengemasan yang cantik dan ciamik, bir pletok bisa jadi salah satu produk yang bersaing di pasar modern.

Bir pletok
Sumber gambar: okemom.com

Susu Jahe

Susu jahe merupakan salah satu minuman favorit di Indonesia. Saking populernya, minuman satu ini mudah ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Bahkan sekarang ini susu jahe sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan sachet. Hal ini menunjukan bahwa minuman suje memang banyak dicari.

Susu jahe memang terkenal nikmat sekaligus mampu memberikan sensasi hangat di tubuh. Minuman ini biasanya jadi bekal wajib bagi para pendaki gunung karena sifatnya yang menghangatkan. Akan tetapi, tidak hanya berhenti disitu khasiat susu jahe, beberapa manfaat lain diantaranya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler, hingga mengurangi rasa sakit saat menstruasi.

Cara pembuatan susu jahe pun tergolong mudah. Bahan dasarnya adalah jahe yang digeprek (lalu bisa juga setelah itu bakar), kemudian ditambahkan susu dan selanjutnya direbus dengan air. Bisa juga ditambahkan dengan madu untuk menambah sensasi manis yang segar. Minuman satu ini biasanya juga di sediakan di angkringan-angkringan karena penikmatnya luas.

Jamu temulawak

Sekilas, jamu ini memiliki warna yang nyaris sama dengan kunyit asam. Namun jangan salah, kunyit asam dan temulawak adalah dua tanaman obat yang berbeda. Pada daun misalnya, kunyit memiliki daun tunggal dengan bentuk seperti tulang menyirip bewarna hijau pucat. Sedangkan temulawak memiliki daun yang lebar dan tangkai daun yang agak panjang. Selain itu, kunyit memiliki batang semu dengan tinggi 40-100 cm, sedangkan temulawak memiliki batang semu dengan tinggi 2,5 meter.

Manfaat temulawak dan kunyit asam juga nyaris sama. Temulawak bisa digunakan mengatasi masalah sistem pencernaan, mengatasi osteoarthritis (penyakit sendi kaku), mencegah dan membantu pengobatan kanker, obat antiradang, antibakteti dan antijamur, beberapa bahan aktifnya juga dijadikan sebagai bahan obat jerawat, dan terakhir menjaga kesehatan liver.

Ingin menekuni bisnis minuman herbal secara serius? Kamu bisa donwload panduan bisnisnya di bawah!

Bisnis minuman unik jamu menjadi salah satu usaha dengan modal kecil namun sanggup memberikan keuntungan yang besar. Mengapa begitu? Sekarang ini jamu tidak hanya identik dengan minuman ‘kuno’, tapi minuman kesehatan yang mampu menambah imun. Tren kesehatan telah membuat jamu banyak dicari. Bahkan pengemasan minuman herbal sudah sangat modern dengan berbagai macam: mulai dari plastik hingga botol kaca. Memberikan hampers isi minuman herbal juga sudah jadi hal umum di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, tidak heran minuman unik yang satu ini tidak pernah sepi peminat dari tahun ke tahun.

Download “Ebook Bisnis Plan Minuman Herbal”

ebook-bisnis-plan-minuman-herbal.pdf – Downloaded 219 times – 5.91 MB