Peluang Usaha Minyak Atsiri

Minyak atsiriBerbicara masalah komoditi ekspor nonmigas, minyak atsiri dari nilam merupakan salah satu andalan. Bahkan negeri kita tercatat sebagai pengekspor minyak nilam terbesar di dunia. Meski populer di pasar internasional, anehnya minyak atsiri nilam kurang akrab di telinga kita. Apalagi masih sedikit yang mengenal sosok tanaman nilam dengan baik. Padahal ini peluang bisnis di masa depan. Nilam merupakan salah satu dari 150 – 200 spesies tanaman penghasil minyak atsiri. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 40 – 50 jenis, tetapi baru sekitar 15 spesies yang diusahakan secara komersial.

Tanaman nilam mempunyai julukan keren Pogostemon patchouli atau Pogostemon cablin Benth, alias Pogostemon mentha. Aslinya dari Filipina, tapi sudah dikembangkan juga di Malaysia, Madagaskar, Paraguay, Brasil, dan Indonesia. Gara-gara banyak ditanam di Aceh, lantas juga dijuluki nilam aceh. Varietas ini banyak dibudidayakan secara komersial.

Sampai saat ini Daerah Istimewa Aceh, terutama Aceh Selatan dan Tenggara, masih menjadi sentra tanaman nilam terluas di Indonesia (Ditjen Perkebunan, 1997). Disusul Sumatra Utara (Nias, Tapanuli Selatan), Sumatra Barat, Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah (Banyumas, Banjarnegara), dan Jawa Timur (Tulungagung). Umumnya, masih didominasi perkebunan rakyat berskala kecil. Potensi daerah inilah yang nantinya dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Karena permintaan minyak atsiri diberbagai pasar luar negeri cukup banyak. Kontribusi ekspor minyak atsiri relatif kecil terhadap nilai devisa total Indonesia. Namun, ternyata terjadi kenaikan permintaan setiap tahun. Bahkan peningkatannya cukup tajam. Sehingga peluang usaha minyak atsiri dalam hal pengembangan industrinya  sangatlah terbuka lebar.

Varietas lainnya, Pogostemon heyneanus, berasal dari India. Juga disebut nilam jawa atau nilam hutan karena banyak tumbuh di hutan di Pulau Jawa. Ada lagi Pogostemon hortensis, atau nilam sabun (minyak atsirinya bisa untuk mencuci pakaian). Banyak terdapat di daerah Banten, Jawa Barat, sosok tanamannya menyerupai nilam jawa, tapi tidak berbunga.

Minyak atsiri (atau asiri) juga disebut minyak eteris atau minyak terbang (essensial oil atau volatile). Dinamai demikian karena mudah terbang (menguap) pada suhu kamar (250C) tanpa mengalami dekomposisi. Aroma minyak atsiri umumnya khas, sesuai jenis tanamannya. Bersifat mudah larut dalam pelarut organik, tapi tidak larut air.

Sumber gambar :
http://birohumas.jatengprov.go.id/sites/default/files/kk.jpg

408 Komentar

  1. Salam sejahtera dan sukses selalu, mau nanya sya pengumul minyak nilam, ada yang tahu ngga tempat/ perusahaan Minyak Nilam di makassar, no sya :+6282-194-280-791. terima kasih

    • Maaf, Bpk. Alfurkan ini pengepul yang mencari pembeli minyak nilam atau Bpk mencari minyak nilam untuk di jual kembali. mohon info..

  2. saya di kota medan,bisa membantu bagi yg punya minyak nilam ke ekportir besar di kota medan,harap hub 085297472898,thanks

  3. saya tertarik untuk coba denganminyak bung amawar…ada yang bisa bantu saran langkah awalnya ? mulai dari budget, proses hingga pemasarannya ? saya di 082 143 339 007

  4. Mengapa hanya nilam yg berpotensi penghasil minyak atsiri potensial. Apakah ada tanaman lain yg lbh mudah didapat bibit dan pertumbuhany. Trmksh

  5. saya mau tanya harga minyak nilam sekarang…..? sata ada mesinnya petaninya juga udah bnyk yang nanam.

    • saudara nur..
      klw saya bleh tau saudara begerak sebagai pengumpul atw petani nilam??
      no saya 081263771788

    • anda didaerah mana?saya mau beli daunnya dari petani kalau memungkinkan .saya tinggal daerah tangerang

  6. saya ingin memulai usaha penyulingan minyak nilam,ada yg bisa suuplu daun nilam ke saya?mhn infonya di medan 085297472898

    • Ass.. Wr… Wb…,

      Kami dari penghasil nilam yang berdomisili diKota Baubau, Sulawesi Tenggara. Dalam hal ini kami melihat bahwa perusahaan Bapak bergerak dalam produksi minyak nilam. Sehingga untuk itu kami ingin menawarkan atau menjual hasil nilam kami kepada perusahaan Bapak. Selanjutnya jika Bapak berminat tolong dibalas pesan kami, sekaligus mencantumkan nilai harga beli perkilonya daun nilam menurut penawaran CV Bapak, sehingga kami bisa mempertimbangkan untuk proses kerjasama selanjutnya. Dalam hal ini kami menjual tanaman nilam bukan minyak nilam yang sudah di olah.

      Demikian pesan ini, atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.

      Wss.. Wr… Wb…

      Alamat yang bisa di hubungi : No. Hp (085241626503)

    • maaf pak xii alamat dimedan dimana? saya ada produk daun kering dari aceh singkil boleh tau hrga n kapasitas brapa boleh masuk

  7. saya mau memulai usaha penyulingan minyak atsiri, boleh tau studi kelayakan utk usaha ini dalam skala kecilnya? (Modal minimal)

  8. saya baru dengar tentang nilam mohon petunjuk bercocok tanam sampai penyulingan minyak, dan dimana akan dijual minyaknya ?

Comments are closed.