usaha-pakaian-anak-banner

Peluang Usaha Pakaian Anak

Pakaian adalah bagian dari kebutuhan pokok manusia yang pertama-tama harus dipenuhi. Ada banyak jenis pakaian yang saat ini dijual, salah satunya adalah pakaian anak. Bahkan beberapa merek pakaian pria dan wanita terkenal di luar negeri seperti Gucci, Versace hingga Fendi,  juga merambah bisnis pakaian anak. Menurut koran The Guardian, total penjualan baju anak-anak di seluruh dunia mencapai US$135,6 miliar.

Sepanjang pandemi angka kelahiran di Indonesia naik hingga 10%. Itu artinya, menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), ada sekitar 420.000 bayi yang lahir di di awal tahun 2021. Melalui data tersebut maka dapat dipastikan kebutuhan akan pakaian anak juga meningkat. Peluang usaha pakaian anak diprediksi akan tetap menjanjikan beberapa tahun ke depan. Artikel ini akan mengupas jenis pakaian anak yang banyak diminati, serta analisis usahanya.

Memulai Usaha Pakaian Anak

a. Baju Muslim Anak (Putra dan Putri)

Omzet Meledak dari Bisnis Baju Muslim Anak

Baju muslim anak tidak pernah sepi peminat. Pada tahun-tahun yang sebelumnya, tren pembelian baju muslim hanya menjelang hari raya, tapi saat ini pakaian jenis ini juga memiliki penjualan stabil di hari biasa. Seiring dengan perkembangan zaman, ragam baju muslim bertambah banyak. Sejak 2019 misalnya, tunik dan gamis banyak digemari sebagai pilihan baju muslim untuk anak. Di Indonesia, perkembangan lini baju ini sangat pesat dan mendapat respon positiv dari berbagai kalangan, karena itu bisnis pakaian muslim anak akan jadi peluang besar.

Salah satu poin dari baju muslim anak adalah tidak menghalangi gerak fisik mereka. Karena itu, baju muslim anak tidak hanya didesain untuk acara-acara penting, tapi bisa juga dipakai sehari-hari. Bahan yang dipilih pun bisa beraneka ragam, tapi yang banyak diincar adalah kain yang mampu menyerap keringat, adem, dan nyaman dipakai. Yang paling umum adalah kain wolfis, yang biasa dipakai juga di Arab karena bahannya yang dingin. Untuk baju yang fleksibel ketika dipakai, kamu bisa memilih kain crepe karena sifat kainnya yang lentur dan tidak kaku, ditambah bahannya tebal sehingga tidak akan menerawang.

Selain kenyamanan, ada beberapa hal yang perlu kamu penuhi ketika membuat pakaian muslim anak. Pertama, pastikan warna kain yang kamu pakai bewarna cerah karena anak-anak memiliki kecenderungan menyukai warna-warna terang. Kedua, model yang sederhana supaya anak tidak kesulitan ketika berjalan menggunakan pakaian muslim. Ketiga adalah kualitas baju, mengingat aktivitas anak yang tinggi pastikan kamu menggunakan bahan yang tidak mudah robek. Keempat, harga wajar untuk pakaian anak muslim yang bisa dipakai sehari-hari.

Panduan Bisnis Pakaian Muslim Anak

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ide baju muslim anak, kamu juga bisa mendownload bisnis plan di bawah ini ya. Ebook ini akan membantumu memulai bisnis, download sekarang!

Download “Peluang Bisnis Baju Muslim Anak”

Peluang-Bisnis-Baju-Muslim-Anak.pdf – Downloaded 88 times – 4 MB

Datangnya hari lebaran ternyata diiringi dengan munculnya beragam peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan cukup besar. Jika Anda jeli melihat peluang tersebut, tidak menutup kemungkinan bila Anda pun bisa meraup untung jutaan rupiah dari momen spesial ini. Misalnya saja seperti menekuni bisnis baju muslim anak yang selalu diburu menjelang perayaan hari lebaran.

Download “Bisnis Plan Baju Muslim Anak”

Bisnis-Plan-Baju-Muslim-Anak.pdf – Downloaded 30 times – 96 KB

b. Kaos Anak

Kaos tidak pernah kehilangan popularitasnya sebagai pilihan baju anak. Jenis pakaian yang longgar dan nyaman ini memudahkan aktivitas anak-anakbergerak sepanjang hari. Keunggulan kaos adalah sifatnya yang mudah menyerap keringat. Selain itu, kaos memiliki banyak desain dan warna yang bisa dipilih, harganya pun relatif tidak terlalu mahal.

Ada banyak model baju dari bahan kaos yang bisa kamu buat, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuat baju:

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan anak, lebih baik tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang beresiko menimbulkan alergi. Salah-salah konsumen bisa protes
  2. Pembuatan kaos harus longgar supaya kulit anak bisa bernafas lega. Ukuran yang longgar akan memudahkan ketika anak melepas baju. Alangkah baiknya jika kamu memproduksi baju anak dalam berbagai ukuran.
  3. Tidak perlu membuat pakaian yang terlalu ribet. Tujuan kaos adalah agar mudah dipakai dan fleksibel, jadi tidak perlu hiasan yang berlebihan, atau membuat model yang sekiranya sulit dipakai ketika bermain maupun tidur.

c. Baju Tidur Anak

Memastikan tidur anak nyenyak bisa dimulai dari pemilihan pakaian yang dikenakan. Baju tidur anak didesain agar tidak mengahalangi gerak anak dan nyaman dipakai. Modelnya longgar dengan bahan yang tidak panas. Baju tidur anak banyak diminati karena ragam motifnya yang banyak. Selain memenuhi kebutuhan anak, tren baju tidur anak akan terus mengalami perkembangan.

Jika kamu ingin memproduksi atau menjadi reseller baju tidur anak, perhatikan sebelum memilih:

  1. Bahan harus lembut di kulit supaya tidak menimbulkan iritasi. Karena di Indonesia kecenderungan untuk hawa panas, ada baiknya memilih kain yang tipis tapi tidak mudah rusak ketika dicuci. Kamu bisa memilih antara bahan kaus atau satin yang lembut.
  2. Tidak perlu membuat atau menjual baju tidur anak yang dipenuhi aksesoris, karena tujuan utamanya adalah agar anak nyaman.
  3. Tambahkan tali elastis di bagian celana agar anak tidak merasa sempit, kerah baju atas tidak perlu diberi kancing agar anak bisa bernafas lebih lega.
  4. Pilih warna yang cerah kain yang cerah dengan motif yang sesuai dengan umur anak-anak, seperti hewan ataupun bunga.
Ragam baju tidur anak
Tokopedia.com