Peluang Usaha Peternakan

Memulai Usaha Peternakan

Kisah Sukses Bisnis Ternak Domba Nggak Pake Modal!

Peluang usaha peternakan masih terbuka lebar di Indonesia. Pada 2020 misalnya, kebutuhan pangan daging masyarakat mencapai 700.000 ton, sedangkan produksi dalam negeri hanya memenuhi 400.000 ton. Untuk mencukupi permintaan dalam negeri, pemerintah perlu melakukan impor daging-terutama daging sapi- dengan dipenuhi paling besar berasal dari Australia.

Diperkirakan, konsumsi daging di tahun-tahun selanjutnya juga akan meningkat, mengingat jumlah penduduk juga semakin bertambah. Dari data tersebut terlihat jelas prospek bisnis peternakan masih bagus. Meskipun perlu mengeluarkan modal yang sedikit mahal, kamu bisa memangkasnya dengan beternak dalam jumlah kecil-kecilan lho. Usaha satu ini cocok untuk dikembangkan oleh para pensiunan dan mereka yang ingin mencoba berwiraswasta.

Kalau kamu masih bingung dengan peternakan seperti apa yang ingin kamu lakukan, artikel ini akan membantumu menjabarkan jenis ternak sekaligus potensinya masing-masing. Simak terus ya!

a. Usaha Ternak Ayam Broiler

news.unair.ac.id

Pada 2019, kementerian pertahanan menganjurkan masyarakat untuk menambah konsumsi ayam masyarakat nih. Ada dua jenis ayam yang bisa kamu kembangkan: pertama ayam potong, dan kedua ayam kampung. Untuk ayam potong, biasanya menggunakan ras broiler. Kelebihan dari broiler adalah waktu panen hanya sekitar 5 sampai 6 minggu. Ketika memulai usaha ayam broiler, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, scroll ke bawah untuk lengkapnya.

b. Usaha Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung menjadi pilihan konsumsi banyak masyarakat. Di restoran-restoran, pamor jenis ayam satu ini sebagai salah satu menu tidak pernah surut. Di beberapa hari besar seperti lebaran, ayam kampung adalah bahan wajib dalam daftar makanan yang disajikan. Tidak heran ayam ini memiliki harga jual lebih tinggi dibanding ayam broiler, selain daya tahannya yang juga lebih tinggi. Nah, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui nih sebelum memulai usaha ternak ayam kampung:

  1. Lakukan pemeliharaan ayam kampung secara intensif. Pastikan bahwa kebutuhan pakan dan juga minuman ayam selalu terpenuhi dengan baik.
  2. Racik pakan ayam sendiri dengan menggunakan limbah pertanian jika pelaku usaha atau peternak ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  3. Pasarkan ayam kampung dalam bentuk karkas atau dalam kondisi bersih sudah dikeluarkan jeroannya sehingga harga ayam kampung lebih tinggi.

c. Usaha Ternak Kambing

arenahewan.com

Daging kambing sepertinya tidak pernah absen dalam pilihan konsumsi masyarakat Indonesia. Dalam Hari Raya Idul Adha misalnya, harga jual kambing sangat tinggi. Begitu juga dengan beberapa usaha dengan basis daging, kambing menjadi salah satu menu andalan. Jadi kamu tidak perlu takut pasaran kambing akan surut ya. Nah selanjutnya, apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika memulai usaha ternak kambing?

d. Usaha Ternak Domba

Ternak domba memiliki tingkat produktivitas yang tinggi, dagingnya bisa dikonsumsi, susu dan bulunya juga bisa dijual. Kelebihan dari domba adalah baunya yang cenderung tidak menyengat dibanding dengan kambing. Kamu bisa menjadikan bisnis ternak domba lebih luas lagi. Jika biasanya domba menjadi pilihan untuk aqiqah dan Idul Adha, kamu bisa menyasar konsumsi harian masyarakat dan penjualan kotoran kambing.

e. Usaha Ternak Burung Hias

Ide usaha burung kicau meningkat pesat sepanjang pandemi. Memelihara jenis burung satu ini dianggap sebagai aktivitas yang menyehatkan, baik secara fisik maupun mental. Bebrapa jenis burung hias yang banyak diminati adalah lovebird dan jalak suren. Biasanya, membutuhkan waktu hingga dua bulan untuk satu telur burung menetas. Loverbird biasanya bisa menetaskan tiga sampai empat ekor, sedangkan jalak hanya dua. Agar bisa bertelur dengan baik, burung hias butuh suhu yang hangat. Jadi kamu perlu perhatikan, terutama jika musim penghujan datang.

Harga jual untuk satu indukan lovebird dikisaran 500 ribu hingga 7 juta rupiah sepsang. Tergantung gradasi warna dan suara kicaunya. Sedangkan untuk jalak suren biasanya dihargai hingga 7,5 juta sepasang. Agar harga tinggi, kamu harus memberikan pakan khusus, sejumlah vitamin, latihan kicau minimal satu minggu sekali, serta kandang mandiri yang nyaman.

Selain jenis jalak dan lovebird ada juga jenis murai batu dengan harga jual 3 sampai 6 juta sepasang. Ayam hias pheasant yang paling murah mulai dari 1,5 juta sampai 1,7 sepasang. Golden Pheasant 5 juta sepasang, Yellow Pheasant 6,5 juta epasang, Reeves’s Pheasant 6 juta sampai 7 juta sepasang, dan Lady Amherst Pheasant 11 juta sepasang. Kalau untuk Merak Hijau Jawa 25 juta per pasang.

f. Usaha Ternak Bebek

hot.liputan6.com

Jika kamu memulai usaha ternak ada banyak keuntungan yang bisa kamu ambil. Daging dan telur bebek bisa dijual ke rumah makan. Permintaan terhadap dua bahan tersebut masih tinggi, mulai dari lesehan kaki lima hingga restoran mewah. Bahkan pada beberapa kesempatan, permintaan tidak sebanding dengan ketersediaan kapasitas daging. Untuk kotoran bisa diolah menjadi pupuk dan dijual.

g. Usaha Ternak Sapi Potong

Kebutuhan daging sapi di Indonesia masih bergantung pada suplai luar negeri. Asosiasi para produsen daging di Indonesia mengatakan bahwa kurang lebih 200.000 ekor sapi bakalan diimpor dari masyarakat. Kekurangan produksi sapi di dalam negeri memang belum mendapatkan jalan keluar, sehingga ada peluang buat kamu. Ternak sapi potong ini memang membutuhkan waktu lama karena sapi perlu melewati proses penggemukan selama 3 hingga 4 bulan. Jadi, kalau kamu ingin memulai bisnis sapi potong, pastikan kamu sudah membikin rencana panjang.

Model Usaha Peternakan

keuntungan usaha susu sapi
kedaimilimilk.com

Usaha Kotoran Ternak

Kotoran ternak bisa kamu kamu jual dengan harga tinggi denga mengolahnya terlebih dahulu atau menjualnya begitu saja. Kotoran sapi bisa jadi bahan biogas (energi alternatif) dan juga pupuk. Pemanfaatan kotoran ternak belum maksimal, padahal kotoran ini ramah lingkungan, mudah terurai, bisa menjaga kesuburan tanah, hingga mengurangi limbah peternakan. Simak alternatif pembuatan di bawah ini!

Pembuatan Pupuk Kotoran Kambing

Alat dan Bahan:

  1. Ember
  2. Cangkul
  3. Terpal
  4. 1/2-1 ton kotoran kambing
  5. 200 kg abu/sekam/bekas gergajain
  6. 200 kg kapur pertanian atau dolomit
  7. 4 botol EM4

Proses Pembuatan

  1. Hancurkan kotoran kambing menggunakan mesin atau campurkan bersama pupuk area.
  2. Siapkan lahan untuk mengolah pupuk yang bebas dari genangan air dan terpaan hujan.
  3. Buat lapisan bahan pembuatan pupuk padat dengan mencampur kotoran kambing bersama kapur pertanian, sekam, atau bekas gergaji. Kamu bisa buat tebal lapisan kurang lebih 20-30 cm.
  4. Siapkan ember yang sudah diisi dengan bakteri EM4 sesuai dosis dan beri air secukupnya. EM4 adalah cairan yang berisi campuran dari beberapa mikroorganisme yang bermanfaat dan berguna bagi proses penguraian dan persediaan unsur hara tanah.
  5. Siram larutan EM4 tersebut pada campuran kotoran kambing yang sudah dibuat dengan kadar kurang lebih 40%. Sebagai tips: jika kamu meremas segenggam kotoran dan tidak ada air yang menete, artinya komposisi air sudah pas, jadi masukkan siraman larutan secara perlahan-lahan saja.
  6. Lakukan pada arah sebaliknya, buat gunungan selebar terpal penutup yang telah disiapkan.
  7. Tutup timbunan dengan terpal dan berikan beban di setiap sisinya agar tidak terhempas oleh angin.
  8. Diamkan gunungan calon pupuk kandang tersebut selama 1 minggu dan buka terpalnya agar bakal pupuk melalui proses airasi pada pengomposannya.
  9. Jika hawa panas keluar dari timbunan, hal tersebut menandakan bahwa proses pengomposan sukses.
  10. Untuk menghilangkan aroma amoniak agar segera bisa digunakan, diamkan selama 3 minggu agar kotoran kambing terkena angin.
Panduan pengolahan limbah kotoran ternak

Download “PENGOLAHAN LIMBAH KOTORAN TERNAK” pengolahan-limbah-kotoran-ternak.pdf – Downloaded 0 times – 68 KB


Usaha Ternak Sapi: Bisa Diambil Daging dan Susu

Ada dua keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika memutuskan ternak sapi, pertama kamu bisa melakukan penjualan daging sapi, dan kedua kamu bisa fokus pada penjualan susu sapi. Kamu bisa memutuskan untuk fokus pada salah satu skema bisnis di atas, atau kedua-duanya langsung. Mari simak kelebihan masing-masing:

Usaha Daging Sapi

Usaha Daging Sapi

Bisnis ternak sapi bisa mendatangkan laba bersih hingga puluhan juta rupiah dari usaha ini. Laba ini merupakan akibat dari itngginya tingkat konsumsi daging di Indonesia, yang sayangnya belum bisa dipenuhi oleh produsen daging dalam negeri. Kelebihan lain dari bisnis ini adalah kamu bisa juga menjual kulit, tulang, hingga kotoran sapi. Artinya tidak ada bagian sapi yang terbuang percuma.

Kalau kamu ingin memulai usaha ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Lokasi usaha harus jauh dari warga, sehingga tidak menganggu. Jangan lupa kandang juga perlu sinar matahari yang intens.
  2. Siapkan dana untuk membuat kandang yang luas, sehingga sapi tidka mudah jatuh.
  3. Pastikan masalah makan dan minum sudah selesai, mulai dari kebersihan hingga jumlah konsentrat.
  4. Kotoran sapi ditimbun di tempat lain, dengan begitu akan lebih mudah terfermentasi untuk menjadi pupuk. Kalau kotoran mengendap di dalam kandang, kemungkinan akan timbul gas yang membuat sirkulasi udara di dalam kandang tidak berjalan lancar.

Model bisnis yang paling memungkinkan dari ternak daging sapi adalah:

  1. Kembangkan bisnismu dan jadilah supplier daging untuk beberapa pasar-pasar utama. Untuk ini perlu ada tender ke pedagang-pedagang.
  2. Kamu bisa membuka toko daging sendiri
  3. Jalin kerjasama dengan restoran dan warung makan untuk mengambil dgaing sapimu sebagai bahan olahan di tempat mereka.

Usaha Susu Sapi

Jumlah kebutuhan susu nasional tahun 2019 mencapai 4,33 juta ton, sedangkan susu segar dalam negeri hanya mampu memenuhi 22 persen dari kebutuhan di atas, 78 persen sisanya pemerintah Indonesia perlu melakukan impor. Beberapa pengusaha susu sapi segar memang mengakui bahwa mereka tidak mampu memenuhi seluruh permintaan. Jadi bisa dibilang peluang usaha susu sapi masih sangat terbuka dan menjanjikan.

Harga pasaran sapi perah dara bunting biasanya dipatok harga 23 hingga 25 juta rupiah untuk satu ekor. Rata-rata pengusaha mendapatkan keuntungan 15% dari modal. Peternak sapi biasanya tidak hanya mendapatkan keuntungan dari susu, karena penjualan dan pengolahan pupuk sapi bisa dijual, begitu pula dengan anakan sapi.
Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika membuka usaha sapi adalah:

  1. Kandang perlu dibersihkan tiap hari, tidak boleh ada kotoran yang menumpuk atau sisa makanan yang menumpuk, dengan begitu industri susu sapi akan melirik.
  2. Pembuatan kandang untuk sapi perah minimal panjanganya dua meter, pastikan ada ruang bagi sapi untuk bergerak .
  3. Masukkan sapi perah ke dalam asuransi karena usaha peternakan secara umum memiliki berbagai resiko yang belum bisa diatasi, seperti kematian, kecelakaan, kecurian, wabah, hingga bencana alam. Kerusakan sistem peternakan akan berakibat pada menurunnya jumlah produksi. Kamu bisa mendaftar langsung ke dinas pertanian, denan begitu jika terjadi apa-apa kamu tidak terlalu rugi. Pemerintah telah menjamin perlindungan dan pemberdayaan petani dalam Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013.
  4. Sediakan kandang luas untuk melepas sapi, terutama yang sedang dalam posisi bunting. Sapi dalam keadaan bunting harus dimandikan dua kali sehari, dengan ketersediaan air 24 jam, pakan konsentrat harus mengandung protein minimal 16%.
  5. Buat jaringan pembeli, jadi ketika peroduksi kamu tidak perlu-repot-repot mencari.

Download “Peluang Bisnis Kedai Susu Murni” peluang-bisnis-kedai-susu-murni.pdf – Downloaded 0 times – 134 KB


Usaha Kambing:


Usaha Telur Ayam


Usaha Daging Ayam

Produksi Hewan Ternak

bisnis.tempo.co

Apa saja yang perlu kamu lakukan ketika memulai usaha peternakan? Simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkah awalnya.

Usaha Kambing

Pemilihan bibit kambing

  • Calon induk, Umur berkisar antara > 12 bulan, (2 buah gigi seri tetap), tingkat kesuburan reproduksi sedang, sifat keindukan baik, tubuh tidak cacat, berasal dari keturunan kembar (kembar dua), jumlah puting dua buah dan berat badan > 20 kg.
  • Calon pejantan, Pejantan mempunyai penampilan bagus dan besar, umur > 1,5 tahun, (gigi seri tetap), keturunan kembar, mempunyai nafsu kawin besar, sehat dan tidak cacat.

Pakan

Ternak kambing menyukai macam-macam daun-daunan sebagai pakan dasar dan pakan tambahan (konsentrat). Pakan tambahan dapat disusun dari (bungkil kalapa, bungkil kedelai), dedak, tepung ikan ditambah mineral dan vitamin. Pakan dasar umumnya adalah rumput kayangan, daun lamtoro, gamal, daun nangka, dsb. Pemberian hijauan sebaiknya mencapai 3 % berat badan (dasar bahan kering) atau 10 – 15 % berat badan (dasar bahan segar).

Pemberian pakan induk

Selain campuran dedaunan, pakan tambahan perlu diberikan saat bunting tua dan baru melahirkan, sekitar 1 1/2 % berat badan dengan kandungan protein 16 %.

Kandang

Pada prinsipnya bentuk, bahan dan konstruksi kandang kambing berukuran 1 1/2 m2 untuk induk secara individu. Pejantan dipisahkan dengan ukuran kandang 2 m2, sedang anak lepas sapih disatukan (umur 3 bulan) dengan ukuran 1 m/ekor. tinggi penyekat 1 1/2 – 2 X tinggi ternak.

Pencegahan penyakit

sebelum ternak dikandangkan, kambing harus dibebaskan dari parasit internal dengan pemberian obat cacing, dan parasit eksternal dengan dimandikan.

Usaha Ayam Broiler

Kandang

  • Temperatur berkisar antara 32,2-35 derajat celcius.
  • Kelembaban berkisar antara 60-70%.
  • Penerangan untuk menghangatkan ayam harus pas.

Peralatan

  • Litter (alas lantai), usahakan dalam keadaan selalu kering. Tebal litter kurang lebih 10 cm, isiannya bisa campuran sekam dengan sedikit kapur atau pasir.
  • Brooder, digunakan untuk induk ayam menghangatkan anak ayam yang baru menetas.
  • Tempat makan dan minum yang memadai dan cukup kuat.

Kebutuhan Minum

alatternakayam.com
  • Fase Starter (umur 1-29 hari), kebutuhan air minum terbagi lagi pada masing-masing minggu, yaitu minggu ke-1 (1-7 hari) 1,8 lliter/hari/100 ekor; minggu ke-2 (8-14 hari) 3,1 liter/hari/100 ekor, minggu ke-3 (15-21 hari) 4,5 liter/hari/100 ekor dan minggu ke-4 (22-29 hari) 7,7 liter/hari/ekor. Jadi jumlah air minum yang dibutuhkan sampai umur 4 minggu adalah sebanyak 122,6 liter/100 ekor. Pemberian air minum pada hari pertama hendaknya diberi tambahan gula dan obat anti stress kedalam air minumnya. Banyaknya gula yang diberikan adalah 50 gram/liter air.
  • Fase Finisher (umur 30-57), terkelompok dalam masing-masing minggu yaitu minggu ke-5 (30-36 hari) 9,5 liter/hari/100 ekor, minggu ke-6 (37-43 hari) 10,9 liter/hari/100 ekor, minggu ke-7 (44-50 hari) 12,7 liter/hari/100 ekor dan minggu ke-8 (51-57 hari) 14,1 liter/hari/ekor. Jadi total air minum 30-57 hari sebanyak 333,4 liter/hari/ekor.

Usaha Sapi Potong

Teknis Budidaya Saat Memulai Ternak Sapi Potong

Persyaratan Lokasi

Ada baiknya kamu membuat kandang di daerah yang letaknya cukup jauh dari pemukiman, dengan sinar matahari yang cukup. Ukuran kandang yang dibuat untuk seekor sapi jantan dewasa adalah 1,5×2 m atau 2,5×2 m, sedangkan untuk sapi betina dewasa adalah 1,8×2 m dan untuk anak sapi cukup 1,5×1 m per ekor, dengan tinggi atas + 2-2,5 m dari tanah. Temperatur di sekitar kandang 25-40 derajat C (rata-rata 33 derajat C) dan kelembaban 75%. Lokasi pemeliharaan dapat dilakukan pada dataran rendah (100-500 m) hingga dataran tinggi (> 500 m). Kandang untuk pemeliharaan sapi harus bersih dan tidak lembab.

Pembibitan

Syarat ternak yang harus diperhatikan adalah:
1) Mempunyai tanda telinga, artinya pedet tersebut telah terdaftar dan lengkap silsilahnya.
2) Matanya tampak cerah dan bersih.
3) Tidak terdapat tanda-tanda sering butuh, terganggu pernafasannya serta dari hidung tidak keluar lendir.
4) Kukunya tidak terasa panas bila diraba.
5) Tidak terlihat adanya eksternal parasit pada kulit dan bulunya.
6) Tidak terdapat adanya tanda-tanda mencret pada bagian ekor dan dubur.
7) Tidak ada tanda-tanda kerusakan kulit dan kerontokan bulu.

Tantangan Usaha

Modal yang Cukup Besar

Kamu butuh modal yang cukup besar untuk memulai. Minimal kamu harus menyediakan dana untuk membeli 3 pasang hewan ternak. Misal untuk ayam kampung satu pasang anggaran yang kamu keluarkan sekitar Rp.350.000. Itu belum biaya pakan, pembuatan kandang, dan penyediaan vitamin. Padahal untuk membangun usaha ini kamu paling tidak membutuhkan 3 pasang ayam kampung.

Jika kamu tidak memiliki lahan, maka setidaknya kamu harus menyisihkan anggaran untuk menyewa. Tentu setiap wilayah punya harga tanah yang berbeda, tapi mungkin kamu perlu menyiapkan 500 ribu hingga satu juta per-meter.

Penyakit Hewan Bisa Menghambat Bisnismu

Antisipasi penyakit pada hewan ternak sedini mungkin. Lakukan riset terlebih dahulu serta upaya pencegahannya. Misal untuk ternak hewan unggas kamu harus mewaspadai virus flu burung, hingga kandungan salmonella dalam daging.

Untuk hewan herbivora, ada penyakit antraks yang bisa menular lewat kontak langsung, makanan/minuman, bahkan pernafasan. Antraks sempat menghebohkan para peternak hewan herbivora karena menyebabkan kematian ternak yang tidak sedikit.

Ebook

Ebook Peluang Usaha Ayam Kampung

Ebook Ternak Ayam Kampung

Banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi daging ayam kampung. Oleh karena itu, banyak peternak ayam kampung yang tertarik untuk mengembangkannya. Pemeliharaan ayam kampung tujuannya sebagai ayam pedaging. Pemeliharaannya pun tergolong lebih mudah jika dibandingkan dengan ayam broiler dan biasanya ayam kampung relatif lebih tahan terhadap penyakit.

Download “Ternak Ayam Kampung Peluang Bisnis Menguntungkan” Ternak-Ayam-Kampung-Peluang-Bisnis-Menguntungkan.pdf – Downloaded 83 times – 342 KB

Ebook Peluang Usaha Sapi Potong

Kebutuhan daging sapi baik di dalam maupun di luar negeri masih cenderung sangat tinggi. Daging sapi sumber protein hewani yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat dunia dan dijadikan sebagai bagian dari bahan pangan yang mengandung nutrisi cukup tinggi. Kondisi inilah yang membuat kebutuhan daging sapi potong di berbagai belahan dunia masih cenderung cukup tinggi. Sehingga banyak orang memanfaatkan peluang yang ada dan mencoba menekuni bisnis ternak sapi potong sebagai salah satu alternatif usaha baru yang menghasilkan untung besar.

Download “Bisnis Plan Ternak Sapi Potong” Bisnis-Plan-Ternak-Sapi-Potong.pdf – Downloaded 38 times – 101 KB

Peluang Usaha Lovebird

Kecantikan dan kicauan suara lovebird ternyata tidak hanya disukai para pehobi burung saja, namun belakangan mulai menarik minat masyarakat umum sehingga banyak diantara mereka yang tertarik memilih jenis burung ini sebagai salah satu binatang peliharaan yang lucu, serta cukup mudah untuk dipelihara. Tidak ada salahnya bila Anda memilih bisnis budidaya lovebird ini sebagai salah satu alternatif peluang bisnis yang menjanjikan keuntungan besar.

Download “Bisnis Plan Ternak Lovebird” Bisnis-Plan-Ternak-Lovebird.pdf – Downloaded 18 times – 48 KB

Bisnis Plan Energi Biogas Dari Limbah Ternak

Masalah dari kandang ternak adalah baunya menyengat, yang kadang bisa membuat baunya tercium hingga beberapa ratus meter. Karena kotoran ternak adalah masalah tersendiri, ada beberapa pengolahan yang bisa jadi solusi, salah satunya adalah biogas. Prinsip dari biogas adalah keluarnya gas metana dari kotoran sapi digunakan untuk menghidupakn beberapa perlatan rumah tangga yang membutuhkan kekuatan gas, seperti kompor atau lampu gas. Download panduannya di bawah ini:

Download “Bisnis Plan Energi Biogas Dari Limbah Ternak” Bisnis-Plan-Energi-Biogas-Dari-Limbah-Ternak.pdf – Downloaded 786 times – 257 KB

Analisis Usaha

Artikel ini membantumu memberikan sedikit gambaran dana yang perlu kamu keluarkan ketika memulai usaha ternak. Beberapa harga bahan dan alat mungkin terdapat selisih, sesuaikan saja dengan harga di tempatmu.

Analisis Usaha untuk Ayam Broiler

Analisis Ekonomi untuk Usaha Ayam Broiler
 a. Pengeluaran 
 Modal tetap, meliputi: 
 Kandang ayam ukuran 3x3 m @500.000 x 5 buah Rp 2.500.000
 Tempat minum ayam  @ 7.000 x 10 buah        Rp    70.000
 Tempat makan ayam  @ 10.000 x 10 buah       Rp   100.000
 Lampu penerangan  4 buah @ 5.000 x 4        Rp    20.000
 Jumlah                                      Rp 2.690.000
 (Penyusutan alat dan kandang setelah pemakaian 1 tahun = 1/12 x 
 1.690.000 = Rp 140.800) 
 
Biaya operasional, meliputi: 
 Pembelian anak ayam 200 x @ 6.500,00       Rp   1.300.000 
 Pembelian Kosentrat (BR) 5 karung @50 kg   Rp   1.625.000 
 Pembelian obat-obatan                      Rp     100.000
 Gaji pegawai 2 x @ 750.000,00              Rp   1.500.000
 Biaya listrik                              Rp     100.000 
 Jumlah                                     Rp     850.000 
 Modal total                                 Rp  5.475.000 
 Penyusutan modal tetap                      Rp    140.800
 Total pengeluaran                           Rp 5 .615.800
 Hasil yang diharapkan dalam satu kali periode panen usaha ini, 
 Bobot berat ayam sekarang menjadi + 1,5 - 2 kg dari berat 
 sebelumnya. 
 
b. Pemasukan 
 Catatan = Harga 1kg daging ayam             Rp    25.000
 1) Hasil penjualan ayam 
 Pada kandang ukuran 3x3 m @1.5kg            Rp    37.500
 Maka : 50 ayam x Rp 37.500                  Rp 1.875.000 
 2) Karena ada 5 buah kandang ayam, 
 maka 5 x Rp 1.875.000                       Rp 9.375.000
 3) Jadi total pendapatan                  = Rp 9.375.000 
 
c. Keuntungan Keuntungan bersih selama satu periode panen 
 (4-5 minggu)=Rp 9.375.000–Rp 5.615.800    = Rp 3.760.000
 Jadi keuntungan rata-rata setiap bulan      Rp 3.760.000

Analisis Usaha Ayam Kampung

Modal Usaha 
 Kandang                                                   Rp 2.500.000
 Peralatan Ternak (alat makan dan minum, terpal, pemanas)  Rp 2.000.000
 Total                                                     Rp 4.500.000
 
Biaya produksi per 2 bulan
 DOC 1.000 ekor @ Rp  7.000,00                             Rp  7.000.000
 Pakan dan minum                                           Rp 10.000.000
 Obat dan vitamin                                          Rp  1.000.000
 Tenaga kerja 1 orang                                      Rp    800.000
 Penyusutan dan biaya-biaya                                Rp  2.000.000
 
Total biaya produksi                                       Rp 20.800.000
 Pendapatan dan Keuntungan
 Penjualan ayam           950 ekor x Rp 35.000    =        Rp 33.250.000
 
Keuntungan   = Pendapatan – Biaya Produksi 
 Rp 33.250.000 – Rp 20.450.000                    =        Rp 12.450.000 
 

Analisis Usaha Ternak Kambing

Analisa Ekonomi 
 Modal Awal 
 Tempat dan kandang                            Rp 20.000.000
 Bibit kambing 100 ekor @ Rp 350.000           Rp 35.000.000 
 Makanan                                       Rp  5.000.000 
 Total                                         Rp 60.000.000 
 
Biaya operasional 3 bulan 
 Gaji pegawai                                  Rp  3.000.000 
 Makanan, obat dll                             Rp  3.000.000 
 Total                                         Rp  6.000.000 
 
Omzet setelah 3 bulan                          Rp 20.000.000 

Laba dalam 3 bulan                             Rp 14.000.000 

Masa kembali modal (Modal awal : Laba per bulan) = 4,2 bulan

Strategi Marketing

Bergabung di Asosiasi Peternak

Apa manfaatnya bergabung di asosiasi? Kamu akan mendapatkan jaringan pembeli yang luas, terutama kalau kamu fokus menjadi supplier daging potong. Selain itu jika terjadi masalah dengan suplai daging, pertukaran impor dan ekspor hingga aturan bisnis lainnya, ada organisasi yang menaungi. Kamu bisa mendiskusikan pemerataan harga, info distributor, saling sharing kiat-kiat membesarkan usaha ternak. Asosiasi juga bisa menjadi tempat penyaluran daging kepada konsumen, dengan begitu usahamu akan dapat bertahan.

Biasanya masing-masing peternak memiliki organisasinya sendiri. Misal Asosiasi Peternak Ayam, Asosiasi Peternak Sapi, dll. Secara nasional kamu bisa bergabung ke Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN), karena PPRN akan mengubungkan peternak dengan bantuan pemerintah.

Jalin Kerja Sama dengan Hotel dan Tempat Makan

Kamu bisa menjadi supplier bahan baku di hotel dan tempat makan. Agar terjalin kerja sama, kamu harus menyajikan daging dengan kualitas baik. Pastikan perlengkapan usahamu jelas, mulai dari surat izin usaha, stempel halal MUI, dll. Dengan begitu hotel dan tempat makan akan menjadikanmu supplier tetap.

Buka Sendiri Toko Dagingmu

Ada beberapa alternatif yang bisa kamu manfaatkan nih:

  • buku toko online

Market place menjadi tempat kamu bisa menawarkan daging ternakmu. Biasanya penjualan memang tidak dalam partai besar karena pelanggan ecommerce didominasi oleh generasi yang lebih muda.

  • manfaatkan media sosial

Buka akun bisnismu! Tidak ada ruginya menggunakan akun bisnis, karena kamu jadi bisa melihat perkembangan usahamu. Misal dengan melihat jumlah pengunjung akun, berapa kali interaksi, dan juga tagging dari akun yang lain. Untuk melakukan startegi pemasaran melalui media sosial, kamu membutuhkan visualisasi produk yang baik. Tidak ada salahnya belajar desain dan fotografi.   

  • sewa lapak di pasar atau tempat strategis lainnya

Buka tokomu secara offline, kamu bisa membuat mart daging sendiri, atau buka lapak di dalam pasar. Jangan lupa kenalkan produkmu dengan sering-sering melakukan promosi ya!

Pengurusan Izin Usaha Peternakan (IUP)

a. Izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

Usaha peternakanmu bisa berpengaruh terhadap lingkungan hidup. Saat ni belum banyak peternakan yang mengurus izin Amdal, padahal izin ini dibutuhkan untuk memastikan lokasi peternakanmu tidak menganggu masyarakat atau makhluk hidup lain.

Nah, kalau lokasimu tidak ditinjau terlebih dahulu, ada kemungkinan untuk digugat jika mengganggu. Yuk simak poin-poin amdal yang dibutuhkan:

  1. Dokumen Kerangka Acuan-ANDAL sesuai PP LH no 16 Tahun 2012.
  2. Surat pengantar permohonan pembahasan dokumen KA-Andal.
  3. Fotokopi sertifikat tanag
  4. Fotokopi SIPPT (Surat Izin Peruntukkan Tanah), Izain Pemanfaatan Ruang (IPR).
  5. Fotokopi blok plan/ketetapan rencana kota yang sudah ditandatangani pejabat berwenang.
  6. Fotokopi rencana letak bangunan yang sudah ditandatangani pejabar berwenang.
  7. Fotokopi Akta Pendirian Perusahaan/KTP (apabila perorangan).
  8. Peta titik lokasi.
  9. Gambar perspektif rencana bangunan.
  10. Fotokopi MOU (apabila ada kerja sama).
  11. Quisioner
  12. Informasi dewatering (apabila ada kerja sama)
  13. Foto kondisi eksiting lapangan 1 minggu terakhir.
  14. Hasil konsultasi publik; terdiri dari berita acara yang ditandatangani lurah, daftar absen, fotokopi bukti pengumuman di media massa, dan foto pengumuman pada papan pengumuman di lokasi kegiatan.

Download “Ebook Izin Amdal” ebook-izin-amdal.pdf – Downloaded 0 times – 40 KB

b. Izin Usaha Peternakan (IUP)

Setiap usaha harus memiliki izin gangguang, salah-salah nanti usahamu bisa bentrok dengan warga. Masalah dari peternakan adalah kotorannya kemungkinan besar dapat mengganggu masyarakat sekitar, jadi jangn lupa untuk mencari lokasi yang startegis dan jauh dari masyarakat ya. Ini panduan khusus untuk mengurus IUP.

  1. Siapkan fotokopi KTPmu sebagai pemohon.
  2. Surat kuasa bermaterai dan fotokopi KTP Penerima Kuasa (apabila dikuasakan).
  3. Fotokopi NPWP perorangan/badan usaha.
  4. Fotokopi akta pendirian badan usaha beserta akta perubahannya yang telah disahkan oleh pejabat berwenang (apabila berbentuk badan).
  5. Fotokopi akta pembukaan cabang dan/atau surat penunjukan/pengangkatan sebagai penanggung jawab kegiatan usaha apabila kantor pusat badan berada di luar wilayah yang kamu tinggali.
  6. Fotokopi bukti kepemilikan hak atas tanah atau surat peminjaman tanah yang sudah disahkan.
  7. Fotokopi perjanjian sewa-menywa/perjanjian kerja sama/surat kerelaan dari pemilik tanah apabila tanah yang digunakan bukan tanah milik pemohon. Fotokopi KTP pemilik tanah apabila tanah yang digunakan bukan milik pemohon.
  8. Fotokopi dokumen lingkungan dan/atau izin lingkungan.
  9. Fotokopi izin mendirikan bangunan fungsi usaha peternakan.
  10. Rekomendasi teknis budidaya peternakan dari dinas pertanian, pangan, dan pertanian di daerahmu.
  11. Surat pernyataan bermeteri mengenai kebenaran dokumen persyaratan permohonan izin.

Perlu diingat bahwa izin usaha adalah wilayah pemerintahan daerah, jadi ada kemungkinan perbedaan syarat dan ketentuan. Pastikan kamu sudah meminta keterangan secara jelas kepada dinas terkait di daerahmu ya.

Studi Kasus

Butuh inspirasi sebelum memulai usaha ternak? Tenang saja, di bagian studi kasus ini akan ditunjukan kisah-kisah suskses yang bisa memotivasi kamu untuk segera berbisnis!

Sukses Beternak Domba

Usia muda tidak menghalangi Muhammad Lukman Hakim terjun menekuni dunia entrepreneur sejak tahun 2010. Sebagai seorang sarjana peternakan, dirinya nekat mengembangkan bisnis ternak domba meskipun terkendala permodalan ketika itu. Namun berkat tekad & keinginan yang kuat, Lukman berhasil menapaki tahap demi tahap dunia wirausaha sampai sesukses saat ini.

Kandang Ternak Barokah dengan kapasitas mencapai ratusan bahkan ribuan ekor domba kini berhasil dikembangkan Lukman di beberapa titik di Yogyakarta. Tidak heran jika dirinya dikenal sebagai salah seorang miliarder muda yang inspiratif & berdikari. Mau tau kisah selengkapnya perjalanan Lukman hingga sesukses saat ini, bisa disimak dalam video berikut ini.

Sukses Beternak Burung Kicau dan Ayam Pheasant

Beternak burung kicau pada era new normal ini sepertinya adalah keputusan yang menarik. Banyak orang istilahnya “gabut”, daripada nggak ngapa-ngapain mending pelihara burung, ya nggak? Sekarang banyak banget orang yang berburu burung buat mengisi penat selama di rumah aja. Terus caranya gimana ya biar bisa jadi jutawan modal beternak? Simak selengkapnya di video ini ya!

Sukses Ternak Burung Puyuh

Kusmono Owner Elvano Puyuh per-2020 ini sudah mendalami usaha budidaya puyuh selama 16 tahun. Konsumennya berasal dari berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa. Seiring berjalannya waktu, saat ini elvano punya kapasitas indukan 2.000, populasi pembibitan 20.000/ bulan, untuk telur dalam sebulan bisa berton ton. Pemasaran dilakukan melalui media sosial.

Bagi siapa saja yang ingin belajar atau membeli, dipersilakan langsung ke kandang untuk melihat dan mengecek keadaan burung puyuh. Perlu diketahui bahwa tidak semua petani puyuh melakukan langkah demikian karena menganggap puyuh rawan stres jika kandang dimasuki orang asing.

Pelopor Kandang Domba Tanpa Bau

Yang pertama kali terlintas saat bicara kandang pasti bau. Nah, Sinatria Farm berhasil menggebrak pemikiran itu dengan menjadi pelopor kandang tanpa bau. Kok bisa? Dan pasti kamu juga tertarik bisa punya kandang yang nggak bau. Kalau begitu, simak inspirasinya di sini, siapa tahu setelah ini kamu bisa jadi peternak suskes juga.

Sukses Beternak Bebek

Selama ini kita mengenal bebek sebagai hewan yang memiliki banyak sumber daya. Selain telur dan dagingnya yang digemari banyak orang, kotoran bebek juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Kebutuhan akan ketersediaan daging dan telur bebek juga sangat tinggi sehingga cocok sekali untuk dijadikan peluang bisnis. Banyak warung yang masih skala kaki lima maupun restoran ternama berlomba-lomba menyajikan menu olahan daging dan telur bebek. Peluang bisnis itulah yang selama ini ditekuni Bapak Endro Heri Purwanto (39) dengan membangun usaha peternakan bebek.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba