Peluang Bisnis

Peluang Usaha Rumahan, Bikin Kreasi Bunga Kertas Omsetnya Rp 20 Juta!

Peluang Usaha Rumahan, Bikin Kreasi Bunga Kertas Omsetnya Rp 20 Juta!Meski masih sering dipandang sebelah mata, peluang usaha rumahan ternyata bisa menghasilkan omset besar bagi para pelakunya. Apalagi kalau kamu jeli melihat peluang, bermodalkan selembar kertas saja bisa jadi mendatangkan uang sampai puluhan juta.

Pengalaman ini dialami Yana Ristia, dengan kreativitas yang dimilikinya di usia yang masih sangat muda Ia bisa menghasilkan omset Rp 28 juta per bulan dari peluang usaha rumahan bikin kreasi bunga kertas. Pastinya kamu juga pengen kan dapat untung besar dari usaha rumahan?

Memulai usaha rumahan tak harus bermodal besar. Untuk merintis bisnis kerajinan bunga kertas, Yana hanya butuh modal ratusan ribu rupiah saja. Biar kalian nggak makin penasaran, bagaimana mungkin uang ratusan ribu bisa jadi puluhan juta dalam sebulan?

Ini cara dapat uang dari peluang usaha rumahan bikin kreasi bunga kertas!

Pertama, pastikan kamu tahu siapa pasar yang bakal kamu bidik. Seperti pengalaman Yana di tahun 2016 lalu, Ia membuat kreasi bunga kertas untuk menghias rumahnya yang bakal kedatangan tamu istimewa. Nah, dari situ kamu bisa tahu ternyata sekarang ini kreasi bunga kertas tiga dimensi ini diminati pasar sebagai penghias interior ruangan, maupun untuk dekorasi acara-acara penting.

Kedua, jangan jadikan alasan tak punya kemampuan di bidang kerajinan sebagai penghambat usahamu. Yang terpenting kamu punya tekad kuat karena sebenarnya di internet pun sudah banyak tutorial kreasi bunga kertas yang bisa kamu pelajari secara otodidak.

cara membuat bunga kertas

Sekarang ini di internet pun sudah banyak tutorial kreasi bunga kertas yang bisa kamu pelajari secara otodidak.

Ketiga, usaha rumahan ini tidak butuh modal uang yang besar tapi yang diperlukan adalah kreativitas para pelakunya. Sebab untuk membuat kerajinan bunga kertas ini gampang-gampang susah. Bahan yang dibutuhkan memang cuma kertas beraneka warna, lem, dan doubletip saja, tapi untuk membuat model bunga yang cantik harus punya kreativitas yang tinggi.

Banyak untungnya atau ruginya sih bisnis kerajinan bunga kertas ini?

Selama menjalankan bisnis kerajinan ini, dari seluruh omset yang didapatkan Yana mengaku profit yang didapat sekitar Rp 70% – 75%. Bahan bakunya yang sangat sederhana dengan harga yang sangat terjangkau, membuat biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulan hanya sekitar 25% – 35% saja.

Bisa dibayangkan jika satu paket pesanan bunga kertas dihargai Rp 600.000,- dan sebulan bisa mengerjakan sekitar 30 orderan, sebulan bisa dapat omset sekitar Rp 18 juta. Dari omset tersebut margin yang didapat bisa sekitar Rp 12 juta.

Mengingat produk handmade (kerajinan tangan) memang prosesnya cukup rumit karena dibutuhkan ketelitian yang tinggi, maka setiap kali menerima orderan butuh waktu yang relatif lama untuk mengerjakannya. Maksimal 7-8 orderan dalam seminggu. Namun dengan bantuan tenaga kerja yang mumpuni, lama waktu pengerjaan lambat laun bisa semakin dipersingkat.

Selain itu, bahan kertas juga riskan rusak ketika proses pengiriman berlangsung. Jadi ketika kamu melayani pemesanan online, kamu harus memperhatikan pengemasan produk ketika dikirim ke konsumen. Jangan sampai karena packing yang kurang aman, hasil karya tersebut justru rusak sebelum sampai ke tangan konsumen.

3 Strategi pemasaran bisnis kerajinan bunga kertas

strategi promosi usaha rumahan bunga kertas

Strategi promosi lewat bazar crafter dan pameran UKM juga bisa kamu coba untuk memperkenalkan kerajinan bunga kertas ke kalangan masyarakat luas.

Setelah mengetahui peluang usaha rumahan bikin bunga kertas ini untungnya cukup besar, ada banyak pemain yang sekarang ini mulai bermunculan. Untuk mensiasati persaingan pasar yang semakin pesat, kamu bisa mencoba 3 strategi pemasaran ini!

  1. Cara promosi di instagram sekarang ini paling efektif untuk menggaet calon konsumen. Apalagi tampilan bunga kertas yang sudah ditempel di dinding pastinya sangat cantik. Buatlah foto yang instagramable agar konsumen langsung jatuh cinta setelah melihat foto yang kamu posting di instagram.
  2. Strategi promosi lewat bazar crafter dan pameran UKM juga bisa kamu coba untuk memperkenalkan kerajinan bunga kertas ke kalangan masyarakat luas. Apalagi trend menjadikan bunga kertas sebagai hiasan dinding belum lama berkembang di kalangan masyarakat.
  3. Menggaet para penyedia jasa WO (wedding organizer) bisa jadi alternatif untuk menambah jumlah pelanggan tetap. Pasalnya kebutuhan dekorasi pernikahan nilahnya cukup besar, kamu bisa menggandeng beberapa WO yang ada di kotamu untuk dijadikan partner bisnis yang saling menguntungkan.
bahan membuat bunga kertas

Bahan bakunya yang sangat sederhana dengan harga yang sangat terjangkau, membuat biaya operasional yang dikeluarkan setiap bulan hanya sekitar 25% – 35% saja.

Nah, buat kalian yang tertarik memulai usaha rumahan dari kreasi bunga kertas. Berikut ini kami lampirkan perhitungan modal yang dibutuhkan.

Analisa Ekonomi

Modal Awal :
- Bahan baku (kertas, lem, doubletip)    : Rp 2.000.000,-
- Peralatan : gunting, cutter, penggaris : Rp   500.000,-
Total modal                              : Rp 2.500.000,-

Biaya operasional 
- Gaji pekerja borongan 5 orang          : Rp 3.000.000,-
- Biaya promosi Instagram ads            : Rp   600.000,-

Omset per bulan 
Perkiraan pesanan per minggu 8 pesanan
(8 x Rp 500.000,-) x 4 minggu             : Rp 16.000.000,-

Laba Bersih
Rp 16.000.000 - Rp 5.600.000              : Rp 11.400.000,-