Peluang Usaha Video Shooting Sederhana

VideoShootingMembuka usaha video shooting memang tidak ada matinya. Sebuah usaha yang biasa berawal dari hobi ini kini makin banyak dicari orang. Setiap hari di lingkungan sekitar kita secara rutin berlangsung berbagai acara semacam seremonial pernikahan, sunatan, pengajian, kelulusan, dll. Kebanyakan orang ingin memiliki kenangan yang bisa dijadikan media sebagai pengingat momen-momen tersebut seperti cinderamata, foto, dan film dokumenter/ video. Sehingga saat ini peluang usaha video shooting makin terbuka lebar. Terlebih ketika membuka usaha video shooting bisa sekalian juga membuka bisnis yang lain edit video, transfer video ke VCD atau DVD, dll.

Seperti halnya foto digital, videografi atau video shooting juga membutuhkan sedikit ketrampilan agar menghasilkan gambar yang baik. Jadi shooting dalam videografi tidak sekedar menekan tombol record dan tercipta sebuah video. Untuk menghasilkan video yang baik diperlukan teknik dan trik. Dan yang paling utama adalah persiapan yang matang agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Untuk tahapan persiapan sebelum melakukan shooting antara lain:

  1. Mempersiapkan batu baterai beserta cadangannya minimal 1 buah
  2. Sekurang-kurangnya 2 kaset video untuk merekam
  3. Pembersih lensa
  4. Tripod
  5. Kabel power
  6. Pelindung kabel, bisa lakban atau sejenisnya untuk melindungi kabel anda dari injakan manusia atau barang
  7. Lampu oncam, filter lensa, mikrofon, dan aksesoris lain yang anda miliki

Sebagai langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai atau membuka usaha ini adalah melakukan survey. Survey disini lebih melihat kepada ada atau tidaknya kompetitor di lingkungan/ di wilayah sekitar Anda. Jika memang hal tersebut sudah terdeteksi, maka yang harus Anda lakukan mempersiapkan teknik dan fasilitas pendukung, antara lain buku-buku tentang video editing, teknik editing video dan seputar dunia tersebut. Begitu juga dengan perangkat praktik berupa komputer kerja yang support lengkap dengan fasilitas video editing/ transfer. Kemudian perangkat utama yang Anda butuhkan adalah camcorder untuk shooting, camera digital ataupun analog dan peralatan pendukungnya.

Langkah berikutnya adalah mencari konsumen, yang paling baik adalah dengan mencari di sekitar Anda. Misalnya saja saudara, teman, tetangga dan sebagainya. Tidak ada salahnya untuk promosi, kita shooting dengan gratis atau harga yang murah. Apabila Video yang dihasilkan bagus dan memuaskan konsumen, tentunya mereka akan kembali menghubungi jika ada acara lain. Sedikit demi sedikit pasti akan banyak orang yang menggunakan jasa Video Shooting Anda. Dan jangan lupa menyertakan iklan usaha video shooting Anda di dalam video yang dibuat. Sehingga jika ada orang lain yang menonton dan tertarik bisa menghubungi Anda.

Membuka usaha ini juga bisa dikatakan sederhana, karena selain dasar utamanya adalah hobi, pengerjaan ini bisa dilakukan di rumah, kemudian di shooting sendiri dan diedit juga sendiri. Dan satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam mempertahankan usaha ini adalah selalu menjaga kualitas video yang dihasilkan serta harga yang ditawarkan juga terjangkau (murah tapi tidak murahan).

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://www.imemf.org/Image/VideoShooting.jpg

57 Komentar

  1. Kak numpang nanya… Kalo ngedit pake hp ah bisa gak..??
    Dan gimana cara pemasaran x???
    Terima kasih😊

  2. ass..mau tanya tentng pemasaran usaha ini. soalnya di tempatku sdah banyak video shooting yg kerjasama dgn salon kecantikan, jadi setiap ada nikahan lgsung pake videonya..solusinya gimana ya? mohon pencerahannya..

    • solusinya !
      1. TRUST ATAU KEPERCAYAAN…..dari temen/kita bisa berkecimpung dalam hal sosial
      2. SEGMENTASI PASAR…….membagi kebutuhan konSumen (WEDDING/VIDEO KLIP/DOKUMENTAsi)
      3. AMATI TIRU DAN MODIFIKASI( LIHAT ORANG YANG BERHAsiL)
      4. KREATIF DAN INOVATIF( BUAT PRODUK BARU YANG MENARIK )
      5. PROMOSI ( IKLAN,PUBLIC RELATIONS)

  3. asslm / selamat siang..
    nama saya hendri..
    saya sangat berminat untuk menekuni bisnis video shooting ini..
    dengan bermodalkan sedikit pengetahuan editing dengan program video sederhana dan editing gambar adobe photoshop.. saya minta tlg pencerahannya..
    kendala saya adalah

    01. spec standard untuk pc yang nantinya digunakan untuk editing video adalah seperti apa, baik itu ram, vga dll.. mengingat ketika sy mencoba editing video biasa.. buffernya sangat sangat lambat padahal itu durasinya cuma 3 menitan..
    02. program apa yang biasa dipergunakan oleh para editor2 video saat ini.. ( ketika belajar editing, saya biasa pakai moviemaker dan proshowGold.. )
    03. mohon bantuannya peralatan2 yg nantinya digunakan plus harga untuk penghitungan modal awal dan mencarinya dimana..
    04. perhitungan keuntungan dan manajemen pengeluaran untuk usaha ini..
    05. adakah tempat kursus atau training untuk usaha ini..

    terimakasih binisUKM.. maaf y jika terlalu banyak ^^
    semoga semakin jaya Website nya..

  4. handycam yg cocok untuk bisnis video shooting tp gak mahal amat tp kwlaitasx lmayan. klo dlue sya pakek sony (hdd) kaset hi8. klo skrng merk apa ya yg kemampuanx alias hasilx menyerupai camcorder tsb? dan apakah type panasonic md 10000 sdh sangat memuaskan hasilx tp hargax mahal klo ada yg lbh murah. thanks saranx

  5. ASS,pak saya berminat buka usaha vidio shoting,tlg krm di emeil saya peralatanyo dan tempat belinyo sekian trmksh

  6. salam kenall
    saya mau nnya.
    dimana tempat yang jual perlatan handycam mas,
    kabel penyambung handycam ke laptop saya hilang,
    yang sambung ke chargernya itu
    jaadi saya mw editing video
    ada yang bisa bantu gak?

    • untuk memasukkan data video ke laptop dinamkaan capture bisa pakai video capture berupa tv tuner easycap atau card bawaan software editing seperti pinnacle,snazy dll.info lengkap bisa googling sendiri ke mbah google semoga bermanfaat

  7. mas slm kenal, mas mw tnya sofwear apa aja buat editing video shotting, klo boleh dn pnya uploud sofwearny ke email sy tq…

    • modal tergantung spesifikasi alat yang dipakai modal awal saya pertama kali hanya komputer pentium 4,kamera bisa ngrental dulu,tapi kalau mau beli baru,budgetnya sbb:
      kamera panasonic antara 9juta sampai 11juta perbuah
      kamera sony antara 10 sampai 15 juta perbuah tinggal pilih
      harga sesuai perkembangan dollar maklum produk builtup
      perkabelan 1 sampai 2 juta
      tv atau layar tampilan tergantung selera kalau pakai lcd proyektor tentu lebih mahal
      recorder bisa pakai casset,dvd recorder,dv recorder,vhs recorder atau komputer
      anggaran termahal saya rasa hanya pada skill masing2,yang jelas bisnis ini perlu keahlian editing dan pengalaman menggunakan kamera beserta pengetahuan trik2 pencarian momment di lapangan

  8. saya riri, sudah 2 tahun ini membuka usha foto n video, tapi buat saya memahami n mencari pasar, n menghadapi persaingan yg tidak sehat lebih sulit daripada belajar teknik shooting & editing yang saya pelajari secara otodidak dari nol… buat temen2 yang mau bisnis ini harus benar2 direncanakan dengan matang… promosi2 yang biasa2 sudah saya lakukan, ada strategi2 marketing yang bagus ato ide bagus gak pak biar bisa menghadapi kompetitor yang bermunculan, karena mereka main banting harga, kalo diladenin… smua akan bangkrut pak… tapi kalo gak diladenin, kita yang kehilangan konsumen.. terima kasih.

  9. Dear..mohon pencerahannya,
    1.Alat apa saja yang diperlukan untuk bisnis ini video shooting dan editing?
    2.Aplikasi apa yang paling bagus untuk mengedit video? 3.Berapa perkiraan analisis Rugi/Laba untuk mencapai BEP?

    terima kasih.

  10. Mohon di informasikan kepada saya mengenai detail modal, peralatan, software beserta harga.terima kasih

  11. mas salam kenal…
    mas mau tanya peralatan apa saja yang diperlukan utk usaha video shooting selain dari kamera record?
    mnt pertimbangannya tentang pralatan&accessoriesnya yang harus dipunyai…..
    mhn pencerahannya

  12. Sy tertarik utk membuka bisnis Video Shooting, tp sy tidak tahu peralatan apa saja yg dibutuhkan utk membuka usaha tsb (Merk, Spec nya dll) terima kasih atas bantuannya.

  13. Salam kenal…
    Mas/Pak,
    Sekarang saya sedang menjalani usaha penyewaan projector dan layar. Saya berencana memperluas usaha ini ke usaha layanan video shooting dan dokumentasi foto. Maksudnya agar video bisa disalurkan secara live ke projector pada acara tertentu. Namun butuh pembelajaran termasuk peralatan yang sesuai mengingat saya tidak tahu-menahu tentang usaha video shooting.. Sebagai gambaran usaha nantinya untuk melayani resepsi pernikahan baik kota/desa, panggung musik, reuni, seminar, dll. Mohon bantuanya terkait camera video dan camera foto ( specs, merek, harga) , peralatan accesoris, dll yang perlu saya siapkan.
    Terimakasih.

  14. salam bos, kira2 kalo mau bisnis video shooting sederhana berapa modal ya bos?
    kira2 alatnya apa saja?
    terus kota mana yang jual alat2 tersebut? pastinya yg paling murah?

    mohon infonya..nuwun

  15. mas,sofwer apa saja yang di butuhkan untuk mendirikan usaha vidio soting,dan fungsinya untuk apa,saya bermaksut merintis usaha vidio shoting,mohon bantuanya

  16. berapa modal minimal untuk memulai usaha video shooting dan apa saja alat yg di persiapkan baik dari alat yang dibutuhkan sampai software untuk transfer ke cd ataupun untuk editing video.
    tolong diberi pencerahannya.
    thank’s!

  17. berapa modal minimal untuk memulai usaha video shooting dan apa saja yg di persiapkan dari softwer sampai alatnya

  18. apa aja klasifikasi peralatan serta harganya lengkap,untuk bisa menjual produk kita?minta penjelasannya dan detailnya..soale ditempat kami masih sangat potensial mohon jawaba dikirim via email…makasih

  19. Selamat sore,
    Saya tertarik dg bisnis Video shooting khususnya dokumentasi. Tapi saya masih belum bisa membuat Proposal nya. Bisa gak saya dikasih contoh proposal yang bagus? Terimakasih

Comments are closed.