Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Bisnis Pertanian

Dalam rangka menghadapi kemajuan teknologi dan komunikasi yang semakin pesat, Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta beberapa waktu yang lalu mengadakan seminar bisnis bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Bisnis Pertanian”.

Diselenggarakan pada tanggal 10 Oktober 2015, Seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Bisnis Pertanian ini menghadirkan Bapak Sri Jabat Kaban selaku Owner BisnisUKM.com sebagai narasumber utama.

Baca Juga Artikel Ini :

Seminar Kewirausahaan “Jurus Jitu Bikin Usaha”

Gathering Peacock Biru Surakarta Bersama BisnisUKM.com

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Program Studi Agribisnis UMY ini sengaja diselenggarakan untuk membekali para mahasiswa akan pentingnya peran TIK dan kini sudah saatnya pertanian masuk ke era teknologi informasi.

“Tujuan diselenggarakannya acara seminar ini untuk memberikan pandangan awal bahwa teknologi informasi itu tidak bisa dihindari. Dan kita saat ini masuk era informasi yang sangat global dan mahasiswa jangan sampai menjadi penonton. Setelah selesai kuliah harusnya mereka menjadi pelaku bukan menjadi penonton,” ungkap Dr. Aris Slamet Widodo SP. M.Sc. selaku staff pengajar di Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Selama kurang lebih 2 jam menyampaikan materi seputar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bapak Sri Jabat Kaban sebagai pemateri tidak hanya memberikan motivasi dan gambaran teori kepada para mahasiswa namun Ia juga berbagi pengalaman langsung bahwa di dunia IT ini beliau bisa mengembangkan usahanya hingga berlipat-lipat dengan penghasilan yang cukup besar setiap bulannya.

“Apalagi Indonesia itu kalau kita lihat ada sekitar 250 juta penduduk, dan itu pasar yang bagus bagi kita semua. Bukan orang asing saja yang harusnya bisa pegang pasar lokal, namun kita juga harus bisa menguasai pasar Indonesia,” tambah Dr. Aris Slamet Widodo SP. M.Sc.

Setelah mengikuti seminar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Bisnis Pertanian, kerjasama UMY dan BisnisUKM.com, segenap staff pengajar dan akademik Prodi Agribisnis UMY merasa tidak hanya mahasiswa saja yang perlu memahami pentingnya TIK namun mereka juga merasa harus mulai memahami TIK dari sekarang.

“Tidak ada waktu lagi untuk menunggu untuk masuk ke dunia teknologi informasi di bidang agribisnis. Melihat apa yang telah diceritakan oleh Bapak Sri Jabat Kaban dan beliau sudah bertahun-tahun menjalankannya, ternyata efek TIK memang sangat luar biasa,” katanya.

Hari itu tak hanya program studi agribisnis UMY saja yang merasa terbantu dengan materi seminar yang disampaikan, Rohandi Aziz mahasiswa program studi agribisnis UMY angkatan 2011 ini juga mendapatkan banyak manfaat dari seminar bisnis tersebut. “Banyak sekali yang saya dapat dari seminar ini, bahwasannya agribisnis tidak melulu urusannya dengan bisnis konvensional. Kita bisa memanfaatkan teknologi informatika untuk mengembangkan usaha kita di bidang agrobisnis,” tuturnya.

Para mahasiswa juga berharap kedepannya semoga ilmu yang mereka dapatkan dari seminar ini nantinya bisa diaplikasikan di lapangan. “Harapannya ada kelanjutan atau follow up dari kegiatan ini, sehingga kami tidak hanya belajar TIK dari materi di kelas namun juga bisa mengaplikasikannya ketika sudah lulus nanti,” harap Rohandi.

Tim Liputan BisnisUKM