Pembuatan Abon Ikan

abonLangkah Kerja

A. Prinsip Pembuatan Abon Ikan
Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu. Produk yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lembut, rasa dan aroma yang khas. Abon ikan bisa digunakan untuk teman makan nasi, teman makan roti, dll

B. Bahan Baku

Biasanya abon dibuat dari daging sapi atau daging kerbau, akan tetapi di beberapa daerah Sulawesi, banyak dijumpai abon ikan. Pada umumnya abon ikan dapat dibuat dari daging ikan cakalang/ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cucut. Bila menggunakan ikan cucut, setelah ikan disiangi kemudian dipotong-potong, sebaiknya direndam dalam air bersih (kalau bisa air yang mengalir) untuk menghilangkan bau amoniak (NH3)

C. Membuat Abon Ikan

1.Bahan dan Bumbu

– daging ikan yang sudah disuwiri 500 gram
– garam 3% 15 gram
– gula merah 150 gram
– ketumbar 10 gram
– bawang merah 75 gram
– laos 5 gram
– jahe 10 gram
– sereh 3 tangkai
– bawang putih 10 gram

2. Cara membuat abon ikan

a. Penyiangan
Ikan disiangi yaitu pada bagian isi perut dan kepala, bila perlu dipotong-potong untuk memudahkan pengukusan kemudian dicuci sampai bersih.

b.Pengukusan
Ikan dikukus sampai matang untuk memudahkan pengambilan daging dan memisahkan dari tulang dan duri, kemudian ditumbuk / dimemarkan hingga menjadi suwiran-suwiran / serpihan daging ikan.

c. Pemberian Bumbu
Bumbu-bumbu yang dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan yang telah disuwir-suwir hingga merata.

d. Penggorengan
Daging ikan yang telah dicampur dengan bumbu kemudian digoreng dengan minyak, bisa juga menggunakan santan kelapa yang kental. Aduk-aduk sampai kering (terasa ringan bila daging diaduk-aduk) dan berwarna kuning kecokelatan.

e. Pengepresan
Abon yang sudah matang dimasukkan ke alat pengepres abon sampai minyaknya tuntas, kemudian diambil dengan menggunakan garpu.
sumber gambar: http://tidakmenarik.files.wordpress.com/2009/03/abon.jpg

https://bisnisukm.com/peluang-usaha-bandeng-sebagai-hasil-komoditi-perikanan-terbesar-di-kabupaten-sidoarjo.html

73 Komentar

  1. Saya mau tanya selaun ikan yg di sebutkan di atas tadi.ikan nila bisa apa gak sebagi gantinya. Karna d daerah saya bayk yg. Membudidayakan ikan nila..? Trimakasai..mohon di jawab ya…

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Pada dasarnya bahan ikan yang digunakan pada proses pembuatan abon bisa diganti, termasuk menggunakan bahan ikan nila. Selamat mencoba dan salam sukses!

  2. nohon bantuan alat pembuat abon dan berapa harganya serta alamat pembuat abon dimedan

  3. Apakah selain daging ikan tuna, lele kita dapat mengunakan daging ikan yang lainnya?
    Terima kasih atas jawabannya.

  4. makan faforit saya adalah ikan. karena banyak sekali mengandung protein tinggi. oleh karena itu saya pengen sakli membuat abon ikan. oleh karena itu, mohon informasinya alat pengepres abon ikan. terimakasih

  5. Senang rasanya bs menemukan blog ini, kebetulan sy suka abon ikan. Tetapi sy jg tertarik u/ menjadikan resep ini jd bisnis, karena sy tinggal di wilayah perairan dan bahan-bahannya jg simpel. Namun sy kesulitan u/ menemukan alat pressnya. Mohon infonya, sy tinggal di balikpapan, KALTIM.
    Terima kasih…..’

  6. ini artikel yg sdh lama sy cari tp sy bingung beli mesin pres’y d mn???
    klo yg pnya info harga dan alamat pembelian’y hub sy d 02141580981

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk mendapatkan informasi harga mesin pembuatan abon ikan. Ibu Viacicaza bisa menghubungi langsung Aneka Mesin dengan alamat sebagai berikut :
      PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA
      Jl. Magelang KM. 13
      Triharjo Sleman Sleman – Yogyakarta
      Telepon : Telp:(0274) 6945 660
      Fax :(0274) 869 720
      Email : support@anekamesin.com

      Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  7. TOLONG BERIKAN KAMI INFORMASI TTG,,PERALATAN YANG DIGUNAKAN DLM PEMBUATAN PROSES ABON IKAN- SERTA MEDIA BACAAN PENDUKUNG

Comments are closed.