Ide Bisnis: Mengenal Sajian Ala Jepang, “Ajifurai”

ajifurai-tomatoApakah Anda salah satu penggemar makanan Jepang?? Jika iya tentu Anda kenal dengan makanan satu ini, yaitu Ajifurai. Rasanya yummy, gurih dan renyah, nikmat disajikan dengan sambal saos. Bagi Anda yang belum pernah mencicipinya, atau penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri, silahkan  mengenal sajian ala Jepang, Ajifurai dengan menyimak uraian singkat berikut ini.

A. Memilih Bahan Baku (Ikan)
Bahan baku yang dipakai untuk pembuatan ajifurai umumnya ikan kembung, karena mempunyai daging yang padat dan cukup tebal. Untuk jenis-jenis ikan  lain yang dapat digunakan adalah ikan nila, mujair, kakap, tenggiri dan lain-lain. Bagian yang diambil adalah fillet dagingnya saja tanpa ekor. Persyaratan bahan baku yang terpenting untuk mendapatkan hasil Ajifurai yang baik adalah kesegaran ikan tersebut. Bahan tambahan yang digunakan adalah tepung tapioka, tepung bumbu (tempura mix) dan tepung panir kasar  (bread crumble).

B. Prinsip Pembuatan Ajifurai
Ajifurai adalah salah satu produk olahan hasil perikanan yang berbentuk fillet dengan pembumbuhan tepung bumbu dan tepung panir kasar (bread crumble), kemudian dibekukan. Ajifurai mempunyai tekstur yang empuk dan renyah setelah digoreng.

C. Membuat Ajifurai
1.Bahan yang diperlukan :
– Ikan kembung 1 kg
– larutan garam dingin 1% 1 – 2 liter
(perbandingan es : air : ikan = 1 : 1 : 1)
– tepung bumbu ( butter mix)
* tepung terigu 12%
* tepung beras 8,0%
* tepung maizena 7,5%
* baking powder 1.5%
* lada 1,9%
* garam 1,0%
– tepung panir (roti) kasar ( bread crumble)

2. Prosedur pembuatan :
a. Pembuatan Fillet
Untuk produk ajifurai, ikan di fillet berbentuk kupu-kupu (butterfly) yang terpisah bagian tengahnya. Duri tengah dan duri-duri yang terdapat dalam daging di buang, sehingga daging bebas dari duri-duri, sedangkan ekornya dibiarkan utuh.

b. Perendaman dalam air es dan garam
Perbandingan ikan : air : es untuk perendaman adalah 1 : 1 : 1 dan dibubuhi garam 1%. Perendaman dilakukan selama 2 kali 15 menit.

Tujuan perendaman adalah :
– mengurangi bau amis
– menurunkan jumlah bakteri dan
– menghilangkan sisa darah dan kotoran

c. Pembubuhan tepung dilakukan secara bertahap yaitu :
– celupkan fillet ikan kembung ke dalam adonan tepung bumbu kental   (butter mix)
– kemudian gulirkan ke tepung panir kasar (bread crumble) kering
Tujuan pemberian tepung tersebut adalah melapisi daging ikan sehingga diperoleh tekstur yang empuk dari produk Ajifurai

d. Pembekuan
Setelah ikan dilapisi dengan tepung tersebut, kemudian dibekukan. Pembekuan dapat dilakukan dengan cara disusun dalam wadah atau secara IQF

D. Penyajian
Ajifurai disajikan setelah digoreng terlabih dahulu. Ajifurai ini digoreng dalam keadaan beku dan di hidangkan dengan sambal tomat.

Dengan proses pembuatan yang tidak terlalu sulit, dan bahannya pun sangat mudah didapatkan. Maka sajian kuliner ini dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis Anda. Selamat mencoba.

Sumber gambar: http://abura-ya.up.seesaa.net/dishes/ajifurai-tomato.jpg

3 thoughts on “Ide Bisnis: Mengenal Sajian Ala Jepang, “Ajifurai””

  1. Kami mencari AGEN Produk-produk frozen yang berbasis IKAN , enak, murah dan bergizi tinggi dengan bahan-bahan yang berkualitas tanpa pengawet, pengembang dan pewarna : Tempura ikan Rp 13.000/0,5kg; Kaki Naga Rp 15.000/0, Kami 5kg; Money Bag Rp 11.000/0,25kg; Kekian Rp 11.000/0,25kg; Siomay Rp 11.000/0,25kg; Pastel Rp 11.000/0,25kg; Nuget Kepiting Rp 13.500/0,25kg; Springroll Rp 20.000/0,25kg; Tempura Udang (Udang Balut) Rp 14.000/0,25kg; Martabak Basah Rp 10.000/0,25kg; Pastel Rp 11.000/0,25kg. Jika minat jadi Agen hub. 085815279165, email ayongislan@yahoo.com,kami siap mengirim produk-produk frozen itu ke rumah sdr

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba