Pembuatan Ikan Asin

pembuatan-ikan-asinLangkah Kerja Pembuatan Ikan Asin

A. Bahan Baku (Ikan) yang Segar
1. Ikan

Pilihlah ikan yang masih segar karena keseragaman ikan sangat menentukan mutu produk hasil yang dihasilkan. Bahan baku untuk pembuatan ikan asin dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian ikan yang berukuran :

– Besar, seperti tenggiri, tongkol, kakap, manyung, dll
– Sedang, seperti kembung, laying, tiga waja, dll
– Kecil ,seperti petek dan teri

Ikan yang berukuran besar perlu disiangi yakni pembersihan dari sisik, insang, isi perut dan dibelah sepanjang garis punggung kearah perut (tetapi tidak sampai terbelah dua). Bagian yang masih tebal disayat miring bagian sampingnya, jika digunakan ikan yang berukuran sedang, dapat dilakukan pembelahan atau tanpa dibelah, sedangkan ikan yang berukuran kecil cukup dicuci dengan air bersih tanpa perlu disiangi

2.Garam

Ikan yang mengalami proses penggaraman menjadi awet karena garam dapat menghambat atau membunuh bakteri penyebab pembusukan pada ikan, oleh karena itu , kemurnian garam sangat menentukan. Garam yang dipakai adalah garam dapur (NaCl) murni, artinya garam yang sebanyak mungkin mengandung NaCl dan sekecil mungkin unsur-unsur lainnya.

B. Metode Penggaraman

Penggaraman dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu penggaraman kering   (dry salting), penggaraman basah (wet salting), kench salting

1. Penggaraman kering (dry salting)
Pada penggaraman kering dapat digunakan baik untuk ikan ukuran besar maupun kecil. Penggaraman ini menggunakan garam berbentuk Kristal. Ikan yang akan diolah ditaburi garam lalu disusun secara berlapis-lapis.Setiap lapisan ikan diselingi lapisan garam
2. Penggaraman basah (wet salting)
Proses penggaraman dengan metode ini menggunakan larutan garam sebagai media untuk merendam ikan
3.Penggaraman kench salting
Penggaraman ini hampir serupa dengan penggaraman kering. Bedanya, cara ini menggunakan kedap air. Ikan hanya ditumpuk dilantai atau menggunakan keranjang

C. Membuat Ikan Asin dengan Cara Penggaraman Kering

1.Lakukan penyiangan ikan yang akan diolah kemudian dicuci agar bersih hingga bebas dari sisa-sisa kotoran
2.Sediakan sejumlah garam kristal sesuai berat ikan, untuk ikan berukuran besar jumlah garam yang harus disediakan berkisar 20 – 30% dari berat ikan, untuk ikan berukuran sedang 15 – 20%, sedangkan ikan yang berukuran kecil 5%.
3. Taburkan garam ke dalam wadah / bak setebal 1 – 5 cm, tergantung jumlah garam dan ikan yang akan diolah. Lapisan garam ini berfungsi sebagai alas pada saat proses penggaraman
4. Susunlah ikan di atas lapisan garam tersebut dengan cara bagian
perut ikan menghadap ke dasar bak. Selanjutnya taburkan kembali garam pada lapisan ikan tersebut, lakukkan penyusunan ikan dan garam secara berlapis-lapis hingga lapisan teratas adalah susunan dengan lapisan lebih banyak/tebal
5.Tutuplah tumpukan ikan dan garam tersebut dengan keranjang /anyaman bamboo dan beri pemberat di atasnya.
6.Biarkan selama beberapa hari untuk terjadinya proses penggaraman.
Untuk ikan berukuran besar selama 2-3 hari, ikan yang berukuran sedang dan ikan yang berukuran kecil selama 12-24 jam
7.Selanjutnya cucilah dengan air bersih dan tiriskan, susun ikan di atas para-para penjemuran
8.Pada saat penjemuran / pengering, ikan sekali-kali dibalik agar ikan cepat mengering

D. Membuat Ikan Asin dengan Cara Penggaraman Basah

1.Siapkan larutan garam jenuh dengan konsentrasi larutan 30 – 50%
2.Ikan yang telah disiangi disusun di dalam wadah / bak kedap air,
kemudian tambahkan larutan garam secukupnya hingga seluruh ikan tenggelam dan beri pemberat agar tidak terapung
3.Lama perendaman 1 – 2 hari, tergantung dari ukuran / tebal ikan dan derajat keasinan yang diinginkan
4.Setelah penggaraman, bongkar ikan dan cuci dengan air bersih. Susun ikan di atas para-para untul proses pengeringan / penjemuran

sumber gambar: https://www.inabay.com/papannama/tokoikanasin_ikanasin.jpg

28 Komentar

  1. Selamat malam admin
    Mohon infonya krn sy mendapat order ikan tenggiri asin perbulan minimal 1 ton. Kira kira kalo ada yg tahu tlng hub saya.

  2. ikan asin kalau ngga pke obat mcam2..cuma disimpandi plastik”biza tahan brapa lama y”(ikan sreteng,kakaknya ikan teri;)

  3. eh…… gw minta tolong kalau ada yang sedang mencari cara pembuatan ikan asin besok kasih tau gw minta tolong, entar kalau udah siap gw minta tolong entar minta nomor teleponnya

  4. Ada yang tau ngk proses detail pembuatan ikan asin rebus. ikan asin rebus ini diproses dengan direbus lalu dikeringkan.dan rasanya tidak asin.

    • cr proses ikan asin rebus, ikan segar direndam di air garam kira” 4jam, kl pengin lebih asin waktu rendaman perlama kira” 7jam, trs dibilas, direbus, dijemur

  5. Site Bisnis Ukm sangat membantu bagi penduduk Indonesia yang ingin berbisnis rumahan.

    Terimakasih banyak pada Bisnis UKM

  6. Saya pernah coba bikin ikan asin dari ikan layang cuma astaqfirullah asinnya, hingga gak bisa dimakan….. Syukur nih ada site dengan cara membuat ikan asin, terimakasih!

  7. bagaimana agar ikan asin yang dibuat berkualitas dan tidak terallu asin untuk dikonsumsi.
    Dimanakah kami dapat mengetahui lokasi pembuatan ikan asin yang berkualitas?
    Moho tanggapan Saudara, terima kasih

    • cara y jgn terlelu byk garam dan air jgn terlalu byk hrs seimbang dgn byk y ikan. itu cara mengolah ikan yg di belah.

  8. ikan asin memang salah satu bahan makanan pokok yg murah dan mengenyangkan perut disaat genting.

  9. ass.wr.wb dengan kata sehat yang setiap apa-apa yang saya akan ketik sebagai kata awal seyogjanya kalian tidak bosan membacanya walaupun hanya 5 huruf berjajar sehat bila dibaca itu hanya sebagai rasa sayang kepada kalian semuanya agar tetap terjaga kesehatan yang kalian miliki agar terhindar dari sakit apapun itu dan bila berbisnis sekiranya bisa rusak atau busuk kalian harus pintar mengantipasi jangan kerugian yang kalian unduh karena berbisnis di bidang makanan yang bisa rusak kalian harus pintar mengatur atau memasarkan bila tersimpan terlalu lama juga bisa rusak untuk mengantipasi supaya tidak rugi seharusnya kalian pendingin besar dan mengingat listrik juga mahal dan memakai disel juga bahan bakar juga mahal tapi sekiranya tidak rugi ya tidak apa-apa tapi tidak mengapa ikan asin ini juga memang awet bila mengetahui presedur pengawetan dan memang kalau dikomsumsi sendiri bila digantung selama tidak terkena air memang awet banyak garam yang membungkus ikan tersebut dan untuk ikan tipis kalau di makan seperti keripik ini tergolong mahal bila kalian jual dalam kemasan plastik bila kalian pasar di super market kalian harus mempunyai alat agar dalam kemasan plastik tersebut hampa udara tentunya akan awet walau waktu agak lama kalau di pasar tradisional tidak mengapa di biarkan terkena angin memang berbisnis apa saja kalian harus mengetahui situasi dan harus punya rekan bisnis untuk memasarkan yang lebih jauh tapi kalian memilih rekan bisnis juga harus mengetahui seluk beluk rekan bisnis kalian apa-apa harus mengetahui sebelum terjadi hal yang tidak kalian inginkan memang namanya manusia terkadang ada sifat serakah semoga saja kalian tidak begitu dan juga teman saya pernah tertipu dengan cek kosong alias blonk dan juga orang tua saya dulu pernah tertipu berbisnis sayur mayur ludes semuanya akhir modal hilang sewaktu saya kecil dan otomatis membiayai saya sudah tidak bisa dan meninggal sewaktu saya masih kelas 5 SD semoga saja kalian bisa mengantipasi jangan mau bila di iming-iming keuntungan yang besar kalau kalian tidak mengetahui dengan kepala kalian sendiri jangan percaya dan kalau kalian memulai bisnis apa saja harus mengetahui ilmunya kalau ikut-ikutan sebaiknya jangan sebelum menuai rugi itu saja sampai di sini saja kok ngoceh gak karuh-karuan dan saya minta maaf bila ada kekeliruan dalam pengucapan saya sekali lagi maaf yang dapat saya sampaikan terima kasih saja sebagi kata akhir sekian. wassallam

  10. Saya berdomisili di Tarakan Kalimantan timur membuka bisnis Ikan asin tipis….
    asli produk lokal kota tarakan Di tetapkan sebagai makanan khas daerah. Bagi yang berminat bisa pesan
    di 0551-5554545

  11. Saya berdomisili di maumere, flores,ntt. Berniat memulai usaha jual beli dan produksi ikan asin. Tapi saya belum tahu cara pembuatan ikan asin yang baik dan berstandar ekspor. Saya pernah baca di satu artikel bhw sebelum ikan diasinkan harus dikukus dulu agar ikan asin yg di haslkan bisa lebih awet. Yang menjadi pertanyaan saya :
    1. Berapa lama proses pengukusan untuk ikan besar spt kakap.
    2. Bgm caranya untuk mengetahui adanya kandungan zat berbahaya dalam ikan asin yang kita beli (Formalin/ Boraks) Apakah ada cr sederhana spt cukup meneteskan suatu jenis cairan.
    3. Apa ciri ikan asin yang mengandung zat berbahaya tsb?
    4. Bgm cara menghitung tanggal kadaluwarsa dari ikan asin yg sy hasilkan.
    5. Cara pengemasan dalam kantung plastik bgm yang baik (apakah hrs vakum atau cukup dalam plstik tertutup rapat sj)
    6. No. Kontak Saya 085755438041 dan 081237997892

  12. Saya mau jadi agen ikan asin, anda punya info engga grosir terbesar saya rencana mau beli system partai

    contact 0818740666 / 0818967818

  13. Saya pedagang grosir dan eceran ikan asin di pasar Cimanggis Ciputat Tangerang. Bila anda membutuhkan, saya siap mensuplai berapa pun banyaknya. Anda berminat hubungi saya di nomor 08129626010

  14. Ternyata simpel cara buatnya, bagi yang suka makan ikan asin sebaiknya mulai sekarang buat sendiri, karena yang ada di pasar sekarang tidak dirubung lalat, salah satu tanda sebelum dipasarkan direndam formalin, begitu pula ikan pindang.

  15. saya mau bertanya,,bagaimana tanggapan anda dengan penambahan/penyemprotan baygon pada penyalah gunaan pembuatan ikan asin yang dilakukan oleh sejumlah pedagang belakangan ini,apa anda tau cara pembuatannya??mohon bantuan nya untuk penelitian saya ini.terima kasih

  16. saya DAMANHURI alamat kp.gaga ds. jenggot kec.mekar baru kab. tangerang-banten membuka usaha ikan asin. bagi anda yang membutuhkan kami siap mensuplai. untuk pemesanan silahkan hubungi:
    1. damanhuri : 087883139906
    2. dupin : 085888369129
    3. joni : 085697770120

    • ok mungkin hkapan2 sy contact,ada rencana bisnis ikan asin tp sekarang lg di rantau cari modal dulu,Amin

Comments are closed.