Pembuatan Nata De pina

nanas segarNata merupakan selulosa yang dibentuk oleh bakteri Acetobacter xylinum, berkalori rendah, kadar serat 2,5 %, dan memiliki kadar air 98 %. Serat yang ada dalam nata tersebut sangat penting dalam proses fisiologis, bahkan dapat membantu para penderita diabetes dan memperlancar pencernaan makanan atau dalam saluran pencernaan. Oleh karena itu dapat dipakai sebagai sumber makanan

Nata de pina

kalori rendah dan untuk keperluan diet Bahan baku yang sudah umum digunakan sebagai media untuk membuat nata adalah air kelapa, yang produknya dikenal dengan nama nata de coco. Nata juga dapat dibuat dengan bahan-bahan media lainnya yang cukup mengandung gula. Gula yang terkandung dalam bahan tersebut dapat dimanfaatkan oleh A. Xylinum untuk membentuk nata.

Bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai media tersebut antara lain adalah kedelai (nata de soya), tomat (nata de tomato) dan nanas (nata de pina) . Pada prinsipnya medium nata adalah cairan yang mengandung gula, oleh karena itu limbah buah-buahan , termasuk limbah nenas juga bisa digunakan sebagai medium nata depina. Selain buahnya, limbah nanas juga dapat dipakai sebagai bahan baku nata de pina

Resep Pembuatan Nata De Pina

a. Bahan

  • Gula pasir
  • Asam cuka
  • Cairan bibit atau kultur murni nata (dapat diperoleh dari kultur ampas nanas)
  • Sebagai alternatif bisa ditambahkan Amonium Phospat, (sumber nitrogen).

b. Alat

  • Pisau
  • Telenan
  • Panci
  • Blender/pemarut
  • Kompor
  • Kain saring
  • Pengaduk
  • Nampan

c. Cara Pembuatan nata de pina :

  • Bahan yang digunakan adalah buah atau limbah nanas yang berupa kulit, empulur dan mata nanas serta buah nanas masak optimum. Buah nanas dikupas dan dibersihkan mata serta empulurnya kemudian dicuci.
  • Bahan dihancurkan dengan blender dan dimasak sampai mendidih kemudian disaring
  • Hasil saringan ditambah gula 10 gram per liter dan sebagai alternatif bisa ditambahkan Ammonium Phospat 10 gram per 5 liter untuk memperkaya kandungan nitrogen dalam media, kemudian dididihkan lagi.
  • Setelah mendidih biarkan 10 menit dan ditambah asam cuka sebanyak 30 ml per liter atau sampai pH 4,5 kemudian dimasukkan ke dalam nampan plastik yang sudah distrilkan dengan cara dijemur atau dicuci dengan alkohol dan ditutup dengan kertas koran yang sudah disterilkan dengan cara diseterika atau dioven dan diikat sampai rapat. Untuk starter / bibit nata dimasukkan ke dalam botol yang sudah disterilkan.
  • Setelah dingin atau 7 – 8 jam, cairan stater dimasukkan ke dalam nampan atau botol sebanyak 20 % dan ditutup kembali.
  • Biarkan selama 7 – 10 hari (fermentasi), setelah terjadi penggumpalan dinamakan pelikel dipotong-potong kecil, ditiriskan dan direndam dalam selama 2 – 3 hari untuk menghilangkan asamnya. Selama perendaman air sering diganti.
  • Potongan pelikel (nata) direbus selama 30 menit lalu ditiriskan.

Sumber gambar : dombagarut.blogspot.com

14 Komentar

  1. kalau boleh usul coba sekalian ada traningnya agar kami bisa extion dan melangkah lebih pasti di tunggu yach infonya,wasalam

  2. saya sdkit mengerti dlm pembuata nata. untuk itu, saya akan memberi info mengenai pembuatan bibit acetobacter xylinumnya..
    1. ambil air kelapa sejumlah 1 liter..
    2. lalu tambahkan gula sejumlah 100 gram ( optimalnya gula 10 % dari air kelapa..
    3. tambahkan pupuk posfat ( amonium posfat ) 3 gram
    4. lalu tambahkan air cuka hingga pH larutan menjadi 4,5 ( dicek menggunakan kertas pH )
    5. lalu panaskan hingga mendidih ( tujuannya untuk membuat steril )
    6. lalu tempatkan dalam wadah yang agak luas ( bisa juga ditempatkan dalam botol yang telah direbus untuk mencegah kontaminasi bakteri lain)
    7. tutup rapat wadah yang digunakan, dan simpan selama 7-14 hari
    8. pembuatan bibit dikatakan berhasil apabila kita telah melihat massa nata di bagian atas wadah.

    sekian info dari saya, semoga bermanfaat. untuk info lebih lanjut 081281873512 atau facebook ultra8oy_akbar@yahoo.co.id

  3. bagaimana cara pembuatan cairan starternya ya? tolong dijelaskan.
    terima kasih
    zhumy_sha@yahoo.co.id

  4. bagaimana jika nanas diaganti dengan santan kelapa? bagai mana membuat nata dari santan kelapa?

  5. Ini dia baru beda nih, saya ingin mencobanya. Perlu penjelasan yang lebih detail dan bagaimana cara pemasarannya. Ditunggu infonya
    Terima Kasih

    Abi Dani
    085659041467
    abi.dani20@Yahoo.co.id

  6. saya tertarik dengan usaha ini, perlu penjelasan yang lebih detail. Saya tinggal di Sukabumi

  7. mohon penjelasan lebih detil lagi ttg pembuatan nata de pina serta workshop yang sudah ada, kebetulan sy di jambi (desa tangkit baru) sedang membutuhkan ragam olahan dari buah nanas, karena sebagai desa sentra buah nanas produksi nanas petani sering terjadi over stock yang membuat harga betul betul anjlok. dan tentu saja merugikan bagi petani. terima kasih atas bantuan informasinya. – 085921318746

  8. Nah ini baru aku suka, sepertinya bisa di buat usaha secara terpadu. Kebetulan sekali bila berbahan nanas karena tempat saya adalah penghasil nanas yang sangat besar. Bisa dibantu saya untuk resep terenci berikut biayanya|? kemudian terutama bagaimana membuat starternya?

    Terimakasih

    Petrus
    0819687487
    pratamacitra_palm@yahoo.com

  9. Nah ini baru aku suka, sepertinya bisa di buat usaha secara terpadu. Kebetulan sekali bila berbahan nanas karena tempat saya adalah penghasil nanas yang sangat besar. Bisa dibantu saya untuk resep terenci berikut biayanya|? kemudian terutama bagaimana membuat starternya?

    Terimakasih

  10. mohon diadakan traning atau pelatihannya untuk orang yang ingin membuka usaha na de pina tersebut
    untuk itu konfirmasikan by email saya iin_log99@yahoo.com atau 08111200100 jika memang ada pelatihan cara pembutan nata de pina yang baik
    thanks

  11. bagaimana cara pembuatan starter atau bibit nata de pina.dan kalau beli kira kira dimana ya? hp 085 645 808080

Comments are closed.