Pembuatan Nugget Ikan Kakap

nugget-ikan-kakapI. Pendahuluan

Nugget merupakan salah satu produk olahan daging beku. Produk ini mempunyai daya simpan yang cukup lama, dengan penyimpanan dalam freezer bisa mencapai 2 minggu. Daging yang digunakan sebelumnya harus digiling, sehingga memudahkan untuk dibentuk pada tahapan berikutnya. Bahan utama yang digunakan adalah ikan, yang akan memberikan tekstur produk yang diinginkan, karena mempunyai kandungan protein miofibril.

Bahan pendukung lain, yaitu garam, air, bahan pengisi (filler), emulsifier, dan bumbu-bumbu. Garam berfungsi meningkatkan kelarutan, karena protein miofibril yang ada pada daging hanya larut pada larutan garam. Air berguna untuk memberikan sifat berair dan juga meningkatkan rendemen.

Bahan pengisi dan emulsifier yang digunakan pada produk ini adalah tepung tapioka dan kuning telur yang berfungsi untuk mengikat air maupun lemak. Bumbu-bumbu berupa merica dan bawang putih selain memberikan bau dan rasa yang khas, juga mampu memperpanjang umur simpan.

II. Bahan dan Alat

Bahan-bahan : Ikan kakap giling 500 g Tepung tapioka 75 g Tepung bumbu 25 g Bawang putih (halus) 5 – 7,5 g Merica halus 4 – 5 g Garam 5 – 7,5 g Telur 3 butir Air (susu cair) 100g Tepung panir

Alat-alat : pisau – penggorengan-waring blender – wadah plastik loyang – sendok kompor – plastik III.

III. Proses Pembuatan Nugget Ikan Kakap

1. Pengolahan ikan
Ikan dicuci dengan air bersih kemudian disiangi dengan cara membuang sisik, isi perut dan insangnya. Ikan dicuci bersih dengan air dingin Ambil bagian daging ikan dengan cara memfilet ikan. Letakkan ikan pada posisi miring, dengan pisau tajam potonglah daging ikan dari pangkal insang sampai ke tulang.

Kemudian daging ikan disayat sampai ke ekor hingga daging terlepas dari tulang (agar tidak banyak daging yang terbuang, pisau agak ditekan) . Balikkan ikan dan kemudian sayat dagingnya dari pangkal ekor ke arah kepala. Sisa daging pada pangkal tulang belakang dapat dikerok dengan pisau atau sendok. Pisahkan kulit dan bagian daging yang berwarna hitam dari daging ikan.

Filet ikan yang diperoleh dicuci dari kotoran dan darah yang melekat dengan mencucinya dengan air yang ditambahkan es batu. Memotong filet ikan kecil-kecil untuk memudahkan pelumatan Mencuci kembali potongan-potongan filet cuci kembali untuk membersihkan darah atau kotoran yang masih menempel dan ditiriskan. Melumatkan filet dengan alat meat separator (dapat diulang 2-3 kali sampai serat daging ikan dan duri terpisah semua)

2. Pembuatan nugget
Gilingan ikan yang telah halus dicampur dengan bumbu-bumbu yang juga telah dihaluskan. Adonan yang telah tercampur rata ditempatkan pada loyang setebal 1 cm, yang telah dialasi plastik, adonan diratakan dan ditutup dengan plastik kemudian dikukus 30 – 45 menit, untuk memungkinkan terjadinya gelatinisasi dan mematangkan adonan. Adonan yang telah dikukus didinginkan kemudian dipotong-potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Adonan yang telah dipotong-potong dimasukkan pada putih telur kemudian digulirkan pada tepung panir, hal ini untuk membentuk suatu permukaan adonan yang lebih baik. Nugget yang telah dihasilkan dapat disimpan pada freezer apabila tidak segera digoreng supaya lebih awet dan teksturnya menjadi lebih renyah. Penggorengan dilakukan untuk mematangkan adonan.

IV. Pengemasan

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengemasan yang menarik sehingga menarik minat konsumen. Kemasan yang bagus adalah dengan memakai plastik dan dengan hampa udara sehingga dapat bertahan lama. Kemasan dirancang harus bisa mewakili produk kita. Penting untuk menunjukkan nugget di dalam kemasan sehingga orang sudah tertarik produk kita ketika baru melihatnya. Di dalam kemasan hendaknya kita mencantumkan bahan-bahan bakunya dan juga masa kadaluwarsa.

Tips pengolahan bersumber dari tulisan Prof Dr Ir Soemarno, M.S.
sumber gambar : resepbunda.files.wordpress.com

27 Komentar

  1. saya sedang bikin skripsi ..saya ingin tahu daya tahan nuggets biasanya sampai berapa hari?
    dan suhu yang di gunakan bisanya kisaran berapa drjat ? mhon bantuanya yach om

  2. Berapa lama nuget ikan itu bisa disimpan didalam lemari pendingin?
    Yang mana lebih baik setelah dikukus lalu dikemas dalam plastik kedap udara atau digoreng dahulu kemudian di paking/dikemas dalam plastik kedap udara untuk jangka panjang penyimpanan nya?

  3. Kami mencari AGEN Produk-produk frozen yang berbasis IKAN , enak, murah dan bergizi tinggi dengan bahan-bahan yang berkualitas tanpa pengawet, pengembang dan pewarna : Tempura ikan Rp 13.000/0,5kg; Kaki Naga Rp 15.000/0,5kg; Money Bag Rp 11.000/0,25kg; Kekian Rp 11.000/0,25kg; Siomay Rp 11.000/0,25kg; Pastel Rp 11.000/0,25kg; Nuget Kepiting Rp 13.500/0,25kg; Springroll Rp 20.000/0,25kg; Tempura Udang (Udang Balut) Rp 14.000/0,25kg; Martabak Basah Rp 10.000/0,25kg; Pastel Rp 11.000/0,25kg. Jika minat jadi Agen hub. 085815279165, email ayongislan@yahoo.com,kami siap mengirim produk-produk frozen itu ke rumah sdr

  4. Dear BU

    Terimakasih atas sajian resepnya pak. Yang menjadi pertanyaan saya adalah :
    1. Bagaimana cara menentukan tanggal kadaluarsanya.
    2. Kalau di kemas pake plastik dan hampa udara bisa berapa lama?
    Terima kasih atas jawabanya.
    Salam Sukses untuk BU

    Indra G

  5. Maaf sebelumnya,

    sebenarnya untuk nugget ini bisa diganti oleh ikan apa saja?
    sedangkan untuk lebih ekonomis atau rasa yang lebih enak bisa diganti dengan ikan apa?
    Terima kasih atas bantuannya

    Terimakasih atas respon Bapak Anggara pada artikel kami.
    Untuk pembuatan nugget ikan, ikan kakap bisa diganti dengan jenis ikan lainnya, dengan ciri-ciri mirip kakap(daging tebal, rasa enak, dan duri sedikit). Demikian penjelasan dari kami.

    Terimakasih

    Salam Sukses

  6. Kami merupakan suppliyer nuget ikan kakap merah dengan Brand Ocean king,Ikanoke dan Volker,untuk anda yang minat membuka usaha,
    kami sediakan :

    1. Frezeer 300 L
    2. Spanduk
    3. Brosur
    4. Merek dagang
    5. Support penjualan selama menjadi agen kami.

    Kami tawarkan keuntungan hingga 30 %.

    Hub : Yudha 021-94990198 / 081510429529

  7. Bapak Ibu sekalian jika butuh bahan baku ikan kakap dan kerapu saya ada bentuk segar, frozen ataupun fillet.
    Kulit, kepala ikan serta , tetelan daging sisa fillet juga ada.
    Bisa hubungi email saya di : imelda_lin@hotmail.com

    Terima Kasih.

  8. Dengan hormat,

    saya ingin sekali memasarkan produk saya yaitu bakso ikan dan rencananya juga nugget ikan memiliki kualitas super, karena menggunakan bahan baku ikan Nila yang kualitas ekspor ke Amerika, Eropa dan Asia.

    Mohon bantuan temen2, terutama kalo bisa eksportir, karena saya baca peluang ekspor cukup bagus, bahkan china penghasil nila terbesar di dunia masih kekurangan pasokan ikan olahan seperti baso ini.

    sekaligus mohon pencerahannya.

  9. 1.bagaimana cara kita menentukan tanggal kadaluwarsanya? alat mesin apa saja yang dibutuhkan?
    tepung panir itu apa?

  10. kalo mau cari bahan yang lebih murah…kebetulan saya dibidang jual beli ikan…memang jika pake ikan kakap segar(red snaper) yang dijual pada umumnya kan terliihat tidak ekonomis kecuali untuk keperluan pribadi….ada alternatif…tetelan kakap…tetelan tuna…yang harga maupun bentuknya lebih ekonomis karena sudah berupa potongan kecil-kecil tanpa kulit (skinless)…jadi tdk perlu di fillet lagi…bahan ini sdh dipakai oleh industri rumahan di bandung (siomay) no hp saya081288718716

  11. 1.sy mau tanya kalau bahan nuged dari jamur tiram bisa tdk?ini sy lakukan karna jamur mudah busuk,dibikin nuged biar awet dan punya nilai jual,karna rencana mau saya jual ke swalayan,supermarket dll. 2.klo bisa dibuat nuged ada resep tambahan apa. 3.sy jg ingin tanya kapan menentukan waktu kadaluwarsa.tks hp.081364269845

  12. penampakan yg terbaik dari nugget ikan menurut pengalaman anda ikan jenis apa yg terbaik? oh ya ini no hp sy 081344979887, sy di Papua, thanks

  13. 1. klo diganti ikan lain spt tongkol apakah komposisi/takarannya sama?
    2.cara menentukan tgl kadaluarsanya gmn?
    3.perijinannya gmn?
    klo bisa balas lewat email ya…
    terima kasih infonya.
    031-33035042.

  14. 1. bagaimana menentukan tanggal kadaluarsanya?
    2. ikan kakap kan sulit ditemukan di daerah saya (jauh dari laut).ikan air tawar apa saja yang bisa digunakan ?
    terimakasih sebelumnya

  15. @ bpk Henry, pak bisninya dimana, harga perbungkus berapa? beratnya berapa? ada no telp yang bisa dihubungi?

  16. Met siang.

    Saya hanya pengin tahu jawaban mengenai peraturan tanggal kadaluarsa produk nugget dan ijin halal / tidaknya produk dapat dipasarkan.

    Terima kasih.

  17. bagaimana cara kita menentukan tanggal kadaluwarsanya? alat mesin apa saja yang dibutuhkan?

  18. aq mau tanya tepung panir itu apa ya??? terus bahan bakunya dari apa?? kalo nuget ikn yang di gunakan dari ikan tongkol yang memiliki daging tebal baik gak? terus ketahanan sipanya berapa lama? timakasih..

    NO HP q 085 292 074 242

    Jawaban:

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email

    Salam sukses
    Terimaksih

  19. saya sudah ada usaha pembuatan nuget ikan, kendala pada pemasarannya..Ijin dinkes dan PIRT sudah ada..apa ada yang bisa mmberi solusi …?

  20. Ikan kakap yang dimaksud apakah benar itu jenis Red Snapper? Apabila memang jenis itu yang digunakan untuk bahan baku nugget, apakah tidak terlalu mahal?

Comments are closed.