Pembuatan Sosis Ikan

Fried Fish SausageSosis ikan adalah salah satu olahan yang dibuat dari pasta ikan yang ditambah dengan bumbu-bumbu, kemudian dibungkus/dikemas dengan usus kambing atau pengemas lainnya yang biasa disebut “Casing”.

Jenis-jenis ikan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat sosis ikan adalah ikan kakap, tenggiri, ekor kuning, taking-talang dan ikan remang. Di samping itu ada beberapa jenis ikan dasar yang merupakan hasil samping tangkapan udang (golongan trasfish) seperti bloso, selanget, kuniran, mata besar, tigawaja, dll.

Jenis-jenis ikan tersebut termasuk ikan yang harganya relatif murah, berkulit keras tetapi dagingnya mengandung protein yang sama dengan jenis ikan lain. Ikan yang berwarna putih/krem, bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sosis ikan. Daging ikan dari golongan trasfish biasanya diolah menjadi surimi yang dapat digunakan sebagai bahan baku sosis ikan.

Bumbu-bumbu dan Bahan Penyerta

Bumbu-bumbu yang diperlukan untuk pembuatan sosis ikan adalah

  1. garam : 2,5 % – 3 %
  2. gula halus : 1,5 %
  3. merica/lada : 0,5 %
  4. minyak goreng : 2,5 % – 3 %
  5. bumbu masak : 0,7 %
  6. condiment : 2 %
    ( dibuat dari campuran bawang merah, bawang putih dan jahe dengan perbandingan 15 : 3 : 1 ).

Selain bumbu, digunakan juga bahan-bahan penyerta antara lain :

  1. tepung tapioca 10 %
  2. putih telur ( untuk 1 kg daging ikan digunakan 2 putih telur )
  3. usus kambing atau bahan casing lainnya sesuai kebutuhan
  4. es batu secukupnya

Persentase bumbu-bumbu dan bahan pembantu dihitung berdasarkan berat
daging ikan.

Cara Pembuatan Sosis Ikan

  • Pembuatan Adonan

Pertama-tama ikan difillet kemudian diambil dagingnya dan giling hingga lumat / halus. Kamudian tambahkan garam sedikit demi sedikit pada daging yang telah halus dan diaduk hingga merata.

Masukkan minyak goreng, aduk terus sampai tercampur rata. Tambahkan tepung tapioca sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kemudian berturut-turut masukkan gula halus, merica halus, condiment, bumbu masak, dan putih telur dan diaduk sampai homogen. Masukkan bongkahan-bongkahan es batu pada saat pencampuran/pengadukan, sehingga diperoleh sosis ikan dengan elastisitas yang baik .

  • Pengisian Adonan Ke dalam Casing

Adonan yang telah siap dimasukkan ke dalam “stufler” lalu isikan ke dalam casing (usus kambing) dengan cara menekan/menyemprotkan. Usahakan tidak terdapat rongga-rongga udara di dalam casing tersebut. Tentukan ukuran panjang sosis yaitu kira-kira 4 – 6 cm, kemudian ikat dengan tali, biarkan sampai beberapa ikatan.

  • Perebusan

Perebusan sosis ikan dilakukan dengan cara merebus sosis ke dalam air panas dengan suhu + 60 C selama 20 menit. Kemudian rebus kembali dalam air panas dengan suhu 90 C hingga matang. Setelah matang angkat dan tiriskan.

Penyimpanan dan Penyajian

Untuk memperpanjang daya awet, sosis ikan dapat disimpan pada suhu rendah di lemari es. Sebelum disimpan, sosis ikan sebaiknya diasap terlebih dahulu.

Apabila akan disajikan,terlebih dahulu Sosis ikan digoreng dengan margarine/mentega ( 3 – 5 menit ). Sebagai pelengkapnya dapat pula diberi sambal dan saus tomat.

31 Komentar

  1. Terima kasih atas infonya, kami ingin membuat sosis ikan lele, kira kira bisa ga ikan lele untuk sosis? Tlg dong kirimi resepnya secara detail soalnya kami butuh untuk pelatihan. Terima kasih

  2. Terima kasih info nya sangat bermanfaat ya
    Saya ingin tahu lebih lanjut mengenai membuat sosis dari ikan bandeng kira2 pengolahannya sama atau tidak ya? Daging ikan bandeng cenderung kasar dan sulit menyatu, apa ya tips nya? Lalu apakah sosis di kukus atau di rebus? Apa fungsi di rebus 2x dengan suhu berbeda?

  3. Makasih resepnya klo bs kasih lihat alat untuk masukin k casing ususnya/ alatnya namanya apa? Klo sempet emailin ya

  4. Artikel anda sangat bagus dan insya Allah bermanfaat… boleh saya minta cara pembuatannya secara detail dan bahan2 yang diperlukan secara detail? mohon dikirimkan ke email saya… terima kasih sebelumnya

  5. terimaksih banyak infonya ! aku perlu penjelasan sedetail detailnya. terung terang aku mo coba buka usaha pembuatan sosis ikan ini. mohon dibantu sepenehnya. termasuk alternatip bahanj pengganti bila tidak ada. mohon dibalas ke email saya . makasih.

  6. saya ingin buka usaha kecil2an tapi saat ini saya belum mendapat kan modal nya…..” dan saya juga bingung usaha apa yang modal nya tidak terlalu besar……..!!!????
    Gimana yaa biar bisa jadi orang yang sukses d bidang usaha’ dari yang kecil sampai menjadi usaha yang besar…..!!??

  7. sosis menggunakan pengawet yang di sebut natrium nitrit, sudah saya cari d toko-toko kimia di medan tapi saya tidak mendapatkan pengawet tersebut, pertanyaan saya…
    di mana saya bisa mendapatkan natrium nitrit tsb, dan brapa harga perkilonya?
    atas jawabanya saya ucapkan terimakasih

  8. aq mau nanya apa bisa dalam membuat sosis ikan ini pakai bahan ikan tongkol,karena didaerahku ikan tengiri sulit di dapatkan,padahal dekat ama teluk rumahku,tapi hanya ikan jenis tongkol,atau semar yang dijual di pasar tradisional.yang ikan bagus-bagus dijual ke kota.tolonk kiriem ke email q yach.thanks banget resepp nya.

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  9. Bgs sekali resep yang anda berikan, bisakah saya dikirim resep lengkap dengan pengolahan pasca produksinya ?Trmksh.
    No. Hp. Saya 08135 4567 250

  10. Di Daerah saya banyak sumberdaya perikanan yang over produksi antara lain patin, saya tertarik ingin mencari alternatif pasca panen dengan membuat sosis ikan, apakah ikan patin cukup bagus untuk dibuat sosis? Kalau bagus mohon info detil bagimana cara pembuatannya. terimakasih

  11. apa bisa dikirimkan lewat email saya mengenai cara pembuatan detail+jumlahnya, juga alternatif untuk casing yg dipakai (disesuaikan dgn yang mudah diperoleh)..apa bisa pakai plastik biasa?
    karena cara ini mau saya berikan kepada masyarakat pesisir dikota saya,jadi saya perlu detail langkah dan bahan yg sesuai
    terima kasih

  12. Trima ksh atas ulasan info resep sosis ikanx, stlh sy baca resepx trlihat mudah n gampan d dpt bhn”x..
    Mdh”n nanti sy brhasil mmpraktekanx resepx..
    Mudah”n jg bermanfaat bg pembaca yg lain n dpt d praktekan.
    Trima kasih.

  13. saya sudh memulai usaha otak-otak bandeng, tp trkendala olh harga bandeng yg tinggi shg harga jal otak2 jg tinggi. mungkin sosis ikan ini bs jadi alternatif

  14. sebenarnya cukup menguntungkan untuk dilakukan namun banyak masalah yang kemungkinan akan dihadapi terutama dari segi tersedianya bahan baku dan pengetahuan untuk melakukan proses produksi karena masyarakat umumnya lebih senang mengkonsumsi sosis dari daging hewan.

  15. Bolehkah saya meminta cara membuat sosis ikan secara detail?
    Mulai dari bahan-bahannya sekaligus supaya sosis tersebut awet.
    Mengingat ingin sekali saya berbisnis ini.
    Mohon petunjuknya.
    Terimakasih kami ucapkan.

Comments are closed.