Pentingnya Memahami USP Produk Dalam Mengembangkan Bisnis

Apa itu USP produk? USP atau Unique Selling Point sering juga disebut Unique Selling Proposition adalah poin unik dari sebuah brand yang menonjol dibandingkan dengan para kompetitornya. USP produk merupakan hal penting yang harus dimiliki sebuah brand. Tanpa USP, brand tidak akan memiliki konsumen loyal dan bisnis tidak akan berkembang.

Dari sisi konsumen, USP produk itu nantinya yang akan menentukan apakah produk dan layanan dari sebuah bisnis merupakan pilihan yang tepat bagi mereka. Sebab pada dasarnya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan konsumen sebelum memilih suatu produk. Konsumen bisa dengan mudah melihat apakah produk dan layanan yang ditawarkan akan sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Inilah kenapa USP produk itu sangat penting yang nantinya akan membedakan suatu brand dengan kompetitornya.

Apakah kamu sudah menemukan dan membangun USP produk dari brand kamu sendiri? Neil Patel, seorang ahli Digital Marketer asal Inggris menyatakan ketika sudah menentukan USP produk atau tujuan yang spesifik dari bisnis kamu, artinya brand kamu bisa lebih dikenal dan punya kekuatan dalam persaingan industri.

Pentingnya Memahami USP Produk Dalam Mengembangkan Bisnis
Sumber Gambar : germanystartupjobs.com

Apa Itu USP Produk?

Coba amati produk-produk yang sering kamu beli, pasti ada keunikan atau hal khusus yang kamu suka kan? Misalnya kamu suka ke kedai kopi A karena walau harga kopinya lebih tinggi dari kedai kopi lainnya, tapi tempatnya bersih, suasananya cocok untuk bersantai, koneksi internet cepat, dan hal lain yang membuat kamu lebih sering datang ke kedai kopi tersebut. Contoh lain misalnya kamu lebih suka beli jus buah di warung A karena segar dan manisnya pas, kemasannya bagus, dan harganya pas.

Semua hal-hal unik dan khas suatu produk atau layanan itulah yang dimaksud dengan USP produk. USP produk membedakan kita dengan produk atau layanan sejenis yang ada di pasaran dan sangat dibutuhkan kalau kita ingin membangun basis pelanggan, bukan pembeli biasa. Basis pelanggan berbeda dengan pembeli biasa karena pembeli biasanya hanya coba-coba, sementara pelanggan itu beli dan beli lagi karena sudah jatuh hati dengan produk atau layanan yang kita tawarkan.

Manfaat USP Prouduk Dalam Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti perlu yang namanya strategi. Salah satunya adalah dengan membangun USP produk. Manfaat dari menentukan USP produk untuk bisnis kamu beberapa di antaranya adalah mendapatkan repeat business dan loyalitas pelanggan. Kemudian memudahkan kamu untuk menyampaikan value dari brand dan produk kamu. Mendapatkan peningkatan pendapatan dan pastinya membedakan brand kamu dari kompetitor lainnya.

Tips Mengembangkan USP Produk

Untuk mengidentifikasi USP suatu produk itu bukan sesuatu yang dengan mudah didapatkan. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan USP dari produk kamu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba :

1. Memposisikan Diri sebagai Konsumen

Pikirkan baik-baik apa yang konsumen inginkan dan butuhkan dari layanan atau produk yang kamu tawarkan. Buat juga buyer persona atau karakter yang muncul dalam pikiran kamu ketika membayangkan pembeli ideal produk kamu, lebih singkatnya adalah representasi dari pelanggan ideal kamu. Hal ini

yang akan memudahkan kamu untuk melihat banyak hal dari sisi konsumen. Buyer persona ini nanti juga akan memudahkan kamu untuk mempelajari perilaku konsumen secara lebih lanjut.

Contohnya, kalau bisnis kamu di bidang jasa, pastinya konsumen punya ekspektasi untuk mendapatan bantuan dalam mengerjakan suatu hal. Tapi, apakah hanya bantuan yang mereka inginkan? Bantuan seperti apa yang sebenarnya mereka inginkan dan hal apa yang membuat mereka memilih jasa kamu daripada yang lain? Bisa saja dari jenis jasa yang ditawarkan, pelayanan, harga, dan lain-lain. Untuk mengetahui apa yang konsumen inginkan, kamu bisa melakukan riset konsumen menggunakan angket.

2. Pahami Perilaku dan Motivasi Konsumen

Setelah kamu tahu apa yang konsumen inginkan, selanjutnya kamu harus mempelajari perilaku dan motivasi konsumen saat membeli sebuah produk. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buyer persona akan membantu kamu dalam melakukan hal ini. Buyer persona adalah deskripsi yang rinci tentang siapa pembelinya, apa yang mereka inginkan, dan bagaimana cara mereka menerima informasi tentang sebuah produk. Secara sederhana, buyer persona akan memberikan banyak wawasan tentang konsumen.

3. Beri Kepuasan pada Konsumen

Salah satu USP produk yang paling sering digunakan oleh banyak brand adalah kepuasan batin. Ketika brand kamu menawarkan kepuasan batin, konsumen secara tidak sadar akan lebih memilih produk kamu dibanding yang lain. Apalagi kalau bisnis kamu bergerak pada niche yang populer, karena hanya menawarkan barang yang unik itu tidak akan cukup. 

Kamu juga harus bisa menawarkan nilai lain yang bisa menjadi unique selling point produk, seperti halnya kepuasan batin ini. Contohnya adalah kegiatan charity atau kegiatan amal. Kamu bisa menawarkan donasi secara tidak langsung dari produk yang mereka beli atau menonjolkan sisi kegiatan amal yang dilakukan oleh brand kamu. Bisa juga dengan pendekatan kelestarian lingkungan. Brand yang menunjukan kepedulian pada kelestarian lingkungan akan menarik konsumen yang ingin melakukan hal yang sama. Hal ini juga bisa membuat konsumen bahagia karena mereka juga bisa melindungi lingkungan dengan membeli produk kamu.

4. Analisa USP Produk Kompetitor

Kompetitor juga merupakan faktor yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dari kompetitor kamu bisa melihat perkembangan industri dan apa yang konsumen inginkan. Mempelajari unique selling point dari kompetitor juga akan sangat membantu dalam menentukan USP produk yang kamu butuhkan.

Perhatikan bahan baku yang mereka gunakan, proses pembuatan, cara penjualan dan lain-lain. Setelah mempelajari hal-hal tersebut, cari kekurangan dari produk mereka dan coba untuk membuat produk yang lebih baik lagi. Melalui analisa kompetitor ini kamu bisa mendapatkan USP produk yang berbeda dan lebih baik dari kompetitor kamu.

Bagaimana dengan produk kamu? Apa aja nih unique selling point dari brand kamu supaya konsumen kepincut dan secara sukarela menjadi pelanggan setia? Teruslah bertumbuh dan berkembang ya karena pada pelaksanaannya, dalam membangun USP produk ini tidak satu kali jalan. Tapi perlu proses dan riset pasar secara mendalam.

Itulah ulasan seputar strategi dalam membangun USP produk yang bisa kamu persiapkan. Semoga tulisan ini bermanfaat supaya usaha makanan yang kamu jalankan makin berkembang. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terinspirasi untuk mulai berbisnis.

Simak terus artikel menarik tentang strategi pemasaran lainnya hanya di BisnisUKM.com

Apakah kamu sudah menemukan USP produk dari brand kamu?

Leave a Comment