Pesona Alam dan Mitos Puncak Suroloyo

puncak suroloyoPuncak Suroloyo merupakan bukit tertinggi di kawasan pegunungan Menoreh yang terletak di Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata alam yang memiliki pemandangan indah nan mempesona. Hal lain yang membuat tempat ini istimewa adalah jika cuaca cerah, biasanya pada pagi hari orang bisa memandang empat gunung besar di Jawa, yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro. Dari tempat ini juga kemegahan Candi Borobudur yang berada di Magelang juga bisa dilihat dengan jelas. Pesona alam dan mitos Puncak Suroloyo terletak di dusun Keceme, Gerbosari, kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Ada dua jalur untuk bisa mencapai tempat ini yakni jalan Godean – Sentolo – Kalibawang dan dari jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Jalur menuju tempat ini cukup sulit karena penuh tanjakan dan berbelok-belok. Namun, udara pegunungan yang sejuk dan pemandangan alam yang luar biasa indahnya akan mengobati.

Menikmati Puncak Suroloyo  sebaiknya dilakukan pada saat matahari terbit hingga di bawah pukul 10.00. Pada waktu-waktu tersebut keindahan akan lebih terlihat maksimal terlihat, terlebih jika langit dalam keadaan cerah. Untuk menikmati keindahan Puncak Suroloyo, pengunjung harus berjalan menanjak lebih dari 160 meter, dan melalui undakan anak tangga 286 buah dengan sudut kemiringan antara 30 -60 derajat. Dengan ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan air laut, orang akan termanjakan dengan fasilitas dan tiga buah gardu pandang yang mempunyai nama sendiri-sendiri, yaitu Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran.

Hal lain yang menjadi keunikan dari tempat ini adalah mitos yang berkembang di masyarakat. Banyak orang mempercayai mitos bahwa Puncak Suroloyo tersebut merupakan titik tengah Pulau Jawa. Sebagian masyarakat Jawa percaya, jika ditarik lurus dari utara ke selatan, kemudian dari barat ke timur di atas pulau jawa, maka akan bertemu di Puncak Suroloyo. Orang Jawa menyebutnya dengan kiblat pancering bumi (pusat dari empat penjuru) tanah jawa. Dengan mitos, sejarah beserta pemandangan alamnya, tentu tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi sebagai wisata alam yang penuh dengan misteri.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar : http://tukangsapu.web.id/news/puncak-suroloyo-berbenah.html

7 Komentar

  1. Info penginapan di puncak suroloyo …medan nya apakah bisa dilewati mobil dan klo kesana malam naik mobil berbahaya atau tidak

  2. Saya mau tanya apakah di sekitar pncak suroloyo sudah ada penginapanya? Soalnya saYa dari solo, kalo mau lihat sunrise nya kejauhan, kalo ada penginapannya mngkin bs bermalam dlu di sekitar situ. Mhon pencerahannya. Thanks

  3. Saya sarankan pubblikasikan sepanjang bukit Menoreh dari selatan sampai Puncak Suroloyo, karena sangat kaya obyek wisata yang bersifat sejarah dan alam tks.

  4. Mau tanya,apakah di Puncak Suroloyo atau sekitarnya sdh ada penginapan dan org penjual makanan? Jadi bisa untuk menginap disana? Terima kasih utk jwbannya.

    sukses slalu buat TIM Bisnis UKM,
    angelia

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  5. Apakah suroloyo yg skrg udh,ada sarana outbondnya? Truz apakah prmosinya udh bgs?

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.

    Salam sukses
    Terima kasih

Comments are closed.