Peternak Cerdik Jadi Kunci Tingkatkan Produktivitas Usaha!

Kreativitas peternak ternyata jadi faktor penting untuk meningkatkan produktivitas telur bebek. Hal ini sudah dibuktikan oleh Muhammad Rosul, owner dari Amar Farm, peternakan bebek yang berlokasi di daerah Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Kali ini bersama TvBisnis.com, Rosul mengungkapkan rahasia dari bisnis ternak bebeknya yang semakin besar. Beberapa tips dan trik jitu akan dikupas tuntas dalam artikel ini. Yuk ikuti cerita Rosul kali ini!

Berbisnis Ala Peternak Cerdik: Ubah Cara Jualan

Saat ini, amar farm memiliki kurang lebih 30.000 ribu bebek. Bahkan jumlah tersebut belum memenuhi target yang ingin dicapai. Saat ini amar farm telah menjalin kontrak dengan perusahaan, dengan perjanjian pasokan 55.000 butir telur. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, amar farm perlu menjalin mitra dengan peternak-peternak di daerah istimewa Yogyakarta.

Namun, tidak berhenti di situ saja. Sebagai peternak cerdik, Rosul juga melakukan penjualan daging bebek secara online. Ide untuk merambah pasar ia temui justru ketika masa sulit. “Iya dulu ketika korona mewabah di awal-awal, harga bebek telur cenderung terjun bebas. Kita coba berkreasi, mencari solusi bagaimana bebek yang sudah tidak bertelur nilai ekonominya menjadi lebih tinggi, sehingga mendapatkan income lebih,” jelasnya.

Dari situ Rosul bersama istri melihat ada peluang untuk menjajal produk lain, tapi masih berbahan dasar telur bebek. Ia sendiri bercerita, “Sehingga waktu itu bagi kita, munculah rencana dipotong sendiri. Lalu setelah itu kita packing dengan vacuum, kita jual online. Kalau amar farm itu yang fokus memproduksi, kita ada amar food. Jadi amar food bersinergi itu dikelola oleh istri. Di situ ada pempek telur bebek, ada frozen bebek karkas, ada donat telur bebek. Semua makanan yang ada bahan utamanya telur bebek.

Peternak Cerdik Awas Dengan Tren

Ternyata, tidak selamanya bebek berada di harga yang stabil. Seringkali pasarannya sangat fluktuatif. Dengan menggebu-gebu, Rosul bercerita, “di perbebekan, setiap tahunnya pasti ada tren. Misalnya ketika sudah memasuki idul adha, itu trennya harga [telur bebek] sudah mulai turun. Tapi serendah-rendahnya harga telur bebek, pasti masih di atas harga pokok produksi. Saya sampaikan sekali lagi: serendah-rendahnya harga jual bebek, pasti masih di atas harga pokok produksi.”

Oleh karena itu, bisnis bebek bisa termasuk menguntungkan. Serendah-rendahnya harga telur bebek di pasaran, produsen tetap mendapat keuntungan. Satu tips dari Rosul agar bisnis berjalan lancar: menjadi peternak cerdas. “Kita harus mengonversikan hal-hal yang membuang tenaga banyak, harus dikonversi lebih efisien. Jadi pasti setiap tahun itu 3 bulan mengalami penurunan penjualan. terus biasanya telur membeludak,” jelasnya lebih lanjut.

Dengan cara tersebut, amar farm berhasil melewati beberapa kesulitan. Hingga artikel ini ditulis, amar farm sudah tidak merasakan penurunan harga meskipun pada bulan-bulan tertentu.

Kualitas Bebek Bukan Persoalan Sepele

“Bebek itu biasanya mulai bertelur dari umur tiga bulan, jadi kalau saya belinya rata-rat asudah siap bertelur umur 5 sampai 5 bulan setengah. Ketika masuk kandang, katakanlah seminggu dua minggu, dia sudah mulai bertelur.  Nah biasanya menurut pengalaman saya, produktivitas itu sekitar satu tahun,” jelas Rosul.

Ia menyadari bahwa bebek-bebek yang ia miliki tidak bisa selamanya produktif. Apalagi ia masih perlu dikejar target untuk memenuhi kebutuhan beberapa perusahaan. Agar ritme produksinya tidak terganggu, bebek yang sudah setahun terpaksa harus digantikan dengan bebek yang muda dan siap produktif.

Rosul menjelaskan, “Di situlah kejelian kita sebagai peternak untuk menyortir. Kalau tidak disortir itu makan tapi tidak menghasilkan telur. Karena ada fasenya moulting, bulu-bulunya rontok. Nah itu fasenya sekitar tiga minggu sampai satu bulan. Dipelihara ya tetep bertelur, tapi harus nunggu tiga minggu sampai satu bulan. Dari seratus populasi yang kita pelihara ketika moulting, hanya  sekitar maksimal 50% yang bisa bertelur lagi. Yang 50% lainnya nya belum tentu.” Dengan mengganti bebek yang lama dengan yang baru, Rosul selaku peternak cerdak memastikan panjang produksi bertambah.

Bebek Nyaman Membuat Produktivitas Tinggi

Selaku peternak, kamu tidak bisa berlaku seenaknya kepada bebek-bebek peliharaanmu. Karena ternyata kenyamanan jadi faktor utama bagi bebek untuk bisa produktif. Oleh karena itu, bagi Rosul, bebek harus di buat nyaman terlebih dahulu. “bebek itu makhluk hidup, bukan robot. Dia juga punya sense kebahagiaan, seperti itu. Jadi bebek juga harus dibuat nyaman. ketika bebek nyaman di kandang, dia akan memberi sesuatu pada kita.”

Tidak main-main, Rosul membuktikan ucapannya dengan memberikan fasilitas yang luar biasa bagi ternak bebeknya. Ia, misalnya, menyiapkan musik yang menyala dari jam delapan pagi hingga jam 4 sore di kandang bebek. Musik yang disajikan pun beragam, mulai dari dangdut, jazz, sholawatan, terus macem-macem.

“Tujuannya agar bebek nyaman dan santai, jadi membiasakan dengan suara-suara yang aneh karena bebek itu kagetan. Jadi kalau mendengarkan musik dengan suara-suara berbagai macam jenis musik. Misal ada petir, ada petasan, bebek sudah tidak kaget, sudah terbiasa dengan suara-suara aneh. Bahkan kalau hujan deras, ini kan atapnya pakai gavalium, jadi pas hujan deres bebek sudah terbiasa. Jadi kalau malamnya ada suara keras, keesokannya tidak ada penurunan produksi,” jelasnya.

Peternak Cerdik Jaga Kualitas Telur Bebek

“Jadi, ada beberapa faktor terkait warna kuning telur, telur bebek memang beda dengan telur ayam. Selain menjual great yang besar, di bebek kuning telur juga diperhatikan karena terkait kecantikan ketika diproduksi menjadi telur asin. Di amar farm sudah jelas untuk produksi telur asin yang bermitra dengan kita adalah perusahaan yang mensupplay toko-toko modern di Yogyakarta,” kata Rosul.

Berkat pengetahuan Rosul, telur bebeknya yang dikirim ke laboratorium dinyatakan ‘bersih’. Kandang yang bersih dan kering, pakan bernutrisi ternyata berpengaruh pada kualitas telur bebek. Telur bebek amar farm dinyatakan bagus. Jika kandang yang digunakan becek maupun berlumpur, maka dalam telur bebek akan terdapat beberapa kandungan yang tidak biak dikonsumsi oleh manusia. Selain itu kuning telur yang cantik dan sehat akan memiliki nilai jual tersendiri. Nah ini bisa jadi nilai tambah secara ekonomi.

Efisiensi Jadi Kunci

Sebagai peternak cerdik, Rosul telah mendesain kandang bebeknya sedemikian rupa. “Di amar farm kami menjual telur fresh. Selain itu kami juga menyiapkan produk pakan yang khusus bebek petelur dan ini sudah sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bebek. Sehingga kami memberi pakan itu tidak perlu sehari dua kali. Kami di sini memberi pakan itu dua hari sekali. Jadi sangat efisien waktu dan tenaga kerja,” jelasnya.

Dengan cara ini, ia mampu mengurusi dua ribu bebek dengan dua kandang berbeda hanya dalam waktu satu jam saya dalam sehari. Dengan begitu peternak bisa beraktivitas yang lain. Poin lainnya: jangan tergiur pakan bebek yang murah. Ingat, ada harga ada rupa.

Ternak Bebek Bisa Jadi Alternatif Ketahanan Pangan

“Jadi indonesia targetnya ke depan menjadi pusat ketahanan pangan dunia. Dari segi pertanian, peternakan, dan macam macam [bisa]. Kenapa saya mengajak anak-anak muda untuk kembali ke alam? Karena alam menyajikan semuanya. kalau kita memanfaatkan alam. alam yang sudah subur diciptakan oleh yang Maha Kuasa, apapun akan tumbuh,” wejang Rosul untuk anak muda.

Tentu saja banyak sekali nada-nda meremehkan jika melihat anak muda terjun ke bisnis peternakan, tapi itu tidak bisa jadi penghalang. Bagi Rosul, ternak bebeknya telah punya nilai ekonomi yang luar biasa. Tapi peternak cerdik tentu bisa melihat peluang, bukan hanya sekadar gengsi.

Untuk mendorong upaya anak milineal, Rosul tidak sungkan-sungkan berbagi ilmu. “Kalau dari segi konsep kandang saya tidak menjual. monggo yang ingin belajar, ingin meniru, kita persilahkan tentang uykuran tentang desain saya persilakan,” tambahnya.

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha UMKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment