Peluang Bisnis Jasa Pijat Kebugaran Khusus Wanita dan Anak-Anak

bisnis-pijat-wanita-anakBeberapa waktu yang lalu kami meliput usaha jasa pijat yang dilakoni oleh kaum laki-laki. Untuk kali ini, kami meliput usaha jasa pijat kebugaran khusus  wanita dan anak-anak. Kami berhasil menemui mbak Susan, wanita yang sudah menggeluti usaha pijat ini sejak tahun 2006.

Usaha jasa pijat ini sebenarnya merupakan usaha yang diturunkan dari keluarganya. Sang nenek yang pintar memijat mengajarkan pada mbak Susan teknik-teknik memijat yang baik.

Setelah cukup mahir dalam memijat, mbak Susan tidak langsung membuka jasa pijat kebugaran ini. Jasa pijat ini baru dibuka pada bulan Agustus 2006 dibantu oleh kakaknya. Tak lama kemudian usaha ini dilakoninya sendiri dan diberi nama pijat Susana.

Konsumen

Pijat Susana hanya menerima pasien wanita dan anak-anak. Batasan umur anak-anak dimulai dari umur 3 bulan. Khusus untuk anak laki-laki, umur maksimal yang diperbolehkan adalah 10 tahun.

Kebanyakan pasien dari pijat Susana adalah mahasiswi dan dosen-dosen dari kaum hawa. Keluhan mereka kebanyakan berkisar badan yang capek, lelah di muka dan masuk angin. Banyak pasien dari Pijat Susana merasa dapat tidur dengan nyaman setelah dipijat.

Info bisnis

Ia bekerjasama dengan seorang pemilik rumah untuk dijadikan tempat prakteknya. Pembagian hasilnya adalah 80% untuk mbak Susana, 20% untuk pemilik tempat, diambil dari laba bersih usaha.

Awal membuka usaha ini, pasien yang datang hanyalah 1 sampai 2 orang saja. Lama kelamaan pasien pijat Susana semakin bertambah. Pijat Susana hanya melayani 3-5 orang pasien setiap harinya. Jam bukanya adalah jam 8 pagi sampai sebelum maghrib, kecuali ada perjanjian terlebih dahulu.

Pijat yang ditawarkan oleh Pijat Susana ini adalah pijat untuk kebugaran. Jasa pijat Susana meliputi pijat terkilir ringan, totok wajah dengan masker ataupun tanpa masker, pijat leher, lulur setengah badan, lulur kaki dan spa (mandi rendam rempah).

Ruangan yang dipakainya berukuran 3 x 3m persegi, berisi 2 buah tempat tidur dan sebuah meja dengan yang berisi peralatan untuk memijat. Usaha ini merupakan usaha bagi hasil antara mbak Susan dengan pemilik tempat dimana ia tinggal.

Harga dari masing-masing jasa pijat berkisar antara 30 ribu – 70 ribu. Perincian harganya jasa pijat Susana adalah 30 ribu untuk pijat kegugaran, 10-25 ribu untuk totok wajah dan pijat leher, dan 70ribu untuk mandi spa.

Lamanya waktu memijat tergantung dari kebutuhan pasien tersebut. Jika ada butuh penambahan waktu, harga akan disesuaikan. Peralatan yang digunakan hanyalah minyak khusus memijat dan alat refleksi.

Alat ini berfungsi untuk memijat orang yang tergolong gemuk karena uratnya agak dalam untuk dijangkau, namun alat ini jarang sekali digunakan. Banyak pasien yang merasa lebih enak jika tekanan pijat ini langsung dari tangan mbak Susan.

Kelebihan bisnis

Bisnis jasa pijat kebugaran ini tidak membutuhkan peralatan khusus dengan harga mahal, sehingga tidak membutuhkan modal usaha besar. Disamping itu pelaku usaha pijat kebugaran khusus wanita dan anak juga masih belum banyak, karena sebagian besar pemijat menerima semua jenis pasien. Dengan adanya penetapan target pasar yang dilakukan pijat Susana, pelayanan yang diberikan bisa lebih fokus disesuaikan dengan kebutuhan wanita dan anak.

Kekurangan bisnis

Selain kelebihan, pijat Susana juga memiliki kekurangan bisnis yang menjadi hambatan dalam menjalankan usaha ini. Salah satu kekurangannya yaitu, bisnis ini membutuhkan keahlian khusus untuk memijat. Karena bisnis jasa pijat, mementingkan pelayanan prima bagi konsumen. Jadi sebisa mungkin tingkatkan keahlian pijat Anda agar konsumen merasa nyaman dan memperoleh kesegaran baru setelah pijit.

Pemasaran

Sarana promosi yang digunakan adalah memasang spanduk dan membuat reklame untuk di pasang di tiang-tiang listrik. Namun yang paling banyak memberi efek besar adalah kesaksian dari pasien-pasiennya yang telah merasakan pijatan Susana. Sehingga akan membantu pemasaran dari mulut ke mulut, oleh konsumennya kepada para rekan dan kerabatnya.

Selain itu pijit Susana juga mempromosikan bisnisnya dengan membagikan brosur kecil – kecil, di sekitar lokasi usaha. Sehingga masyarakat sekitar mengetahui keberadaan bisnis pijat Susana.

Kunci sukses

Untuk menjaga loyalitas pelanggannya, Mbak Susan selalu melayani pasiennya dengan ramah. Sehingga konsumen yang datang juga senang dengan pelayanan yang ada. Selain itu pijit Susana juga mengusahakan untuk menyediakan tempat pijit yang nyaman, sehingga pasien yang datang mendapatkan kenyamanan saat dipijit. Konsumen pun tidak ragu lagi untuk memakai jasa pijit Susana.

Analisa Ekonomi

Pemasukan
Rata-rata 3 orang pasien per hari
Omset per bulan : 3 x Rp 30.000,00 x 30           = Rp 2.700.000,00

Pengeluaran
Minyak urut                                       = Rp    30.000,00
Minyak zaitun                                     = Rp    20.000,00
Masker                                            = Rp    25.000,00
Rempah                                            = Rp    36.000,00+
Total pengeluaran                                 = Rp   111.000,00

Laba kotor per bulan

Rp 2.700.000,00 – Rp 111.000,00                   = Rp 2.589.000,00

Laba bersih per bulan setelah dikurangi sewa tempat 20%

Rp 2.589.000 – (Rp 2.589.000,00 x 20 %)           = Rp 2.071.200,00

3 thoughts on “Peluang Bisnis Jasa Pijat Kebugaran Khusus Wanita dan Anak-Anak”

  1. wahhhh… mbak susan canggih nih.. sudah mulai online
    sy pelanggan (yang merasa) setia mbSusan selama tinggal di jogja 3 bulan
    insya-4JJI mampir lagi akhir juli dan akhir tahun ini krn NYAMANNNN banget di-therapy ma mbSusan

    @Ronny, mbSusan juga terima pelatihan mijit pada mereka yg berminat. g jarang muridnya pelajar/pekerja asing d jogja

    Nani, Bogor

  2. Untuk membuka praktek ini, setidaknya harus mempunyai keahlian….
    Dimanakah kita bisa mendapatkan keahlian tersebut ?
    087884282323

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba