Potensi Batik di Kalangan Pasar Anak Muda

batikUdara segar Indonesia akan semakin terasa segar bagi para pengrajin batik Indonesia, sebab kemarin tgl 1 Oktober 2009, Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membawahi masalah kebudayaan, UNESCO, telah menyetujui batik sebagai warisan budaya tak benda yang dihasilkan oleh Indonesia.

Pada hari tersebut, secara serempak diseluruh Indonesia banyak orang beramai-ramai ikut berpartisipasi dengan memakai baju batik sebagai wujud rasa apresiasi. Sungguh pemandangan yang apik. Namun janganlah kita terlena dengan kehormatan yang baru saja diberikan UNESCO akan pengakuan batik sebagai warisan budaya Indonesia tersebut. Perjuangan untuk melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa yang memiliki potensi culture dan ekonomis yang amat besar harus terus kita jaga dan kembangkan.

Untuk menjawab tantangan zaman itulah, kain tradisional khas Nusantara itu hadir dalam model yang semakin modis dan bisa dikenakan di segala suasana. Batik saat ini tidak hanya dikenakan pada sejumlah acara resmi, tetapi bisa dikenakan dalam acara apa pun, seperti ketika pergi ke kantor, jalan-jalan, ke acara pesta atau sekadar bersantai di rumah.

Keberadaan batik yang semakin membooming dewasa ini ternyata berdampak pula pada perilaku anak muda Indonesia. Dibeberapa tempat nongkrong atau tempat gaul seperti mall, sering kita melihat sekumpulan anak muda yang sudah akrab dengan pakaian batik, tapi tentu saja batik dengan sentuhan modern. Hal ini merupakan hasil dari kreativitas para desainer saat ini yang mampu membaca keinginan orang-orang muda dan memadukannya dengan peninggalan budaya batik.

Inovasi dalam hal motif, warna, hingga model baju batik merupakan salah satu trik jitu untuk menyelaraskan batik terhadap perkembangan zaman. Berkat ide dan sentuhan seni para desainer maupun pengrajin batik, batik lahir menjadi karya etnik modern dengan tampilan yang lebih cantik, eksklusif, elegan, dan dinamis.

Dari segi warna, selain penggunaan warna cokelat dan warna-warna gelap, aneka warna yang lebih beranipun ikut mewarnai batik kreasi modern. Begitupula dengan penciptaan motif, motif tabrak, model modern, dan gaul pun berani diusung untuk menciptakan sebuah karya yang indah dan tidak ketinggalan zaman. Bahkan ada model batik harazuku ala jepang yang diciptakan untuk memperluas pasar dengan membidik pangsa pasar ekspor. Memang batik Indonesia banyak disukai oleh para wisatawan asing. Potensi ekonomi yang besar ini harus terus kita kelola agar batik Indonesia semakin baik di mata dunia.

Beberapa produk batik modern yang sedang digandrungi oleh kalangan anak muda Indonesia saati ini ada jaket batik, kaos batik, tas batik, bahkan sepatu batik, yang mungkin bisa menjadi inspirasi baru usaha anda.

Taskaos-batik-01sepatu batiktopi batik okkataloggambar01458besargaun-muslim-batik-150x150

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar:

http://www.rumahbatiksolo.com/gambar/kataloggambar01458besar.jpg

http://senimandjakarta.blog.friendster.com/files/adidasbatik2_2.jpg

http://grosirgrosir.files.wordpress.com/2009/05/kaos-batik-01.jpg

http://wb3.indo-work.com/pdimage/40/807840_kembenrokbatik2rp.75.000.jpg

Tren Busana Baru: Batik Indonesia?

http://iklanlover.com/wp-content/uploads/470/baikbatik100.JPG

http://gogirlmagz.com/beta/uploads/images/batik4.jpg

6 Komentar

  1. Pengen Kaos Batik?? datang k daerah sentral batik cirebon,tempatnya di desa trusmi.
    6285224345366

Comments are closed.