Inspirasi Bisnis

Potensi Kombucha Tea Sebagai Salah Satu Usaha Fungsional Food Minuman Teh Berkhasiat

putu-kombuchaKeberadaan kombucha dikenal hampir di seluruh dunia . Hanya panggilannya saja yang berbeda – beda. Ada yang menyebutnya manchurian tea mmushrom, fungus japonicum, olinka, kargasok tea, tea kwas, heldenpise, olga tea, atau mogu tea. Sedangkan di jawa orang biasa menyebutnya jamur dipo atau jamur super. Kata kombucha diambil dari sebuah peristiwa dimana pada waktu itu Kaisar Inkyo dari jepang menderita sembelit berat. Betapa tersiksanya sang kaisar harus memerintah kerajaan dalam keadaan menderita bertahun-tahun. Pada tahun 414 M, seorang tabib Korea bernama Kombu menemukan ramuan ajaib yang berhasil menyembuhkan penyakitnya. Sang kaisar lalu menamai ramuan ajaib tadi kombucha yang diambil dari nama si tabib.

Beberapa sumber lain meyakini, teh kombu telah dikenal lebih dari 2.000 tahun lalu. Ramuan ini diperkirakan berasal dari daerah Siberia bagian  selatan, tepatnya daerah bernama Kargasok yang berbatasan dengan Cina. Penduduk kargasok berumur panjang (rata-rata lebih dari 100 tahun), tetap aktif dan selalu tampak sehat. Para peneliti juga mendapati, hampir tidak ditemukan penyakit kanker diantara penduduk Kargasok yang rajin mengkonsumsi kombucha sebagai minuman sehari – hari. Dari sini kombucha kemudian menyebar ke Cina erutama Manchuria, sehingga dikenal dengan nama manchurian tea mushrom. Melalui perdagangan jalur sutera, ia dibawa ke Asia Tengah, Asia Barat, dan Eropa.

Pengertian kombucha tea adalah air seduhan teh dan gula yang mengalami proses fermentasi selama 8-12 hari yang tersusun dari senyawa kompleks yang diubah oleh bakteri Acetobacter xylinum dan khamir pada jenis Saccharomyces cereviseae, biasanya tumbuh dilapisan glukosa yang dibentuk oleh bakteri tersebut dan khamir.

Minuman kesehatan kombucha itu sebenarnya teh juga, tapi mendapat pengolahan tambahan berupa proses peragian atau fermentasi menggunakan jamur kombucha. Proses peragiannya mirip dengan proses penciptaan yoghurt yang dihasilkan dari fermentasi susu dengan bibit ragi yoghurt. Berbeda dengan kebanyakan obat dan ramuan herbal yang berbau tidak sedap dan rasanya yang tidak enak, kombucha justru bercitarasa istimewa. Bentangan rasa dari minuman ini berkisar dari jus apel yang manis sampai rasa cuka apel. Semakin rasanya asam seperti cuka maka semakin asam kondisinya. Variabel keasaman dikendalikan oleh lamanya pengasamaan atau waktu, jumlah teh dan gula yang digunakan serta starter (jamur kombucha) yang ditambahakan ke dalam media seduhan teh. Proses fermentasi  akan terus berlangsung walaupun sudah dibotolkan atau dimasukkan ke dalam lemari es.

Jamur kombucha memiliki bentuk yang fleksibel, bahan aslinya kasar yang dikenal sebagai xylinum bakteri. Ia merupakan koloni dari hasil simbiosis antara ragi dan berbagai bakteri, yang dikenal dengan singkatan ”scoby” (Symbiotic colony of bacteries and yeast). Jamur ini akan mengolah air teh gula , sehingga menghasilkan zat – zat atau senyawa yang berguna bagi kesehatan tubuh. Larutan kombucha juga mengandung beragam bakteri dan ragi hidup yang juga memiliki banyak manfaat.

Cara membuat teh kombuca cukup mudah. Kita bisa menggunakan teh hijau, teh hitam, maupun teh celup sesuai selera.

  • Pertama – tama masukan teh ke dalam air yang baru mendidih
  • Saring teh atau pisahkan teh dari cairan
  • Tambahkan gula sesuai dengan selera
  • Biarkan cairan teh tersebut dingin menyamai suhu ruang
  • Masukkan ke dalam wadah.( sebaiknya wadah jangan terbuat dari metal/besi karena asam yang dihasilkan akan bereaksi dengan metal)
  • Masukkan starter jamur kombu
  • Tutup dengan kain yang rapat agar tidak kemasukkan kotoran atau terkontaminasi
  • Fermentasi kira – kira 8-12 hari
  • Pisahkan lapisan selulosa yang terbentuk / kombucha kultur dari cairan teh.