Potensi Komoditi Kabupaten Dairi

kabupaten dairiKabupaten Dairi secara geografis terletak diantara 98 0 00′-98 0 30’3T dan 2 0 -3 0 00′ LU. Kabupaten Dairi secara administratif terdiri dari 13 kecamatandengan 124 desa dan 7 kelurahan.

Luas wilayah Kabupaten Dairi adalah 1.927,8 Km 2 , dengan jumlah penduduk 272.388 jiwa.  Kabupaten Dairi mempunyai sarana dan prasarana antara lain transportasi darat, tenaga listrik, telekomunikasi dan air bersih.

POTENSI SUMBERDAYA KOMODITI

Dari berbagai pengkajian serta searah dengan kebijakan pembangunan daerah, sektor-sektor yang berpotensi untuk dikembangkan dikabupaten Dairi yaitu sektor industri, pertanian, dan pariwisata.

Kopi
Areal produksi kopi robusta dan arabica terbesar di 13 Kecamatan di Kabupaten Dairi. Luas pertanaman kopi robusta adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanaman kopi arabica seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun.

Jagung
Potensi pengembangan tanaman jagung di Kabupaten Dairi adalah pada lahan kering ( tegalan dan huma ) yang seciat ini luas 61.738 Ha. Namun luas pertamanan jagung pada tahun 2000 ini baru mencapai 38.883 Ha atau sekitar 63 % dari lahan kering yang ada.

Kentang
Kabupaten Dairi memiliki daratan tinggi yang potensial untuk pengusaha tanaman kentang. Luas pertanaman kentang dari tahun ketahun terus meningkat, demikian pula produksinya.

Produksi sayuran
Produksi sayuran di Kabupaten Dairi yang cukup menonjol adalah cabai dan kubis. Kedua komoditi tersebut diusahakan cukup luas dengan harga yang berfluktuasi.

Nilam
Nilam merupakan tanaman penghasil minyak atsiri (Pachouli oil) sebagai bahan pembawa parfum. Tanaman ini telah banyak diusahakan di daerah ini oleh rakyat.

D. KOMODITI UNGGULAN

Dari analisis potensi dan memperhatikan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Dairi, maka komoditi unggulan yang akan dijadikan profil komoditi ialah :

  • Perkebunan kopi Robusta
  • Pengolahan Kopi
  • Produksi Kentang
  • Produksi Jagung
  • Wisata alam Silalahi

BIDANG USAHA UNGGULAN LAYAKL DIKEMBANGKAN

1. Perkebunan dan Pengolahan Kopi
Kabupaten Dairi terkenal dengan pengolahan kopi rubosta dan arabica. Potensi produksi kopi dan pengolahan kopi cukup layak untuk dikembangkan mengingat luas tanaman dan produksi kopi cukup tersedia dan kopi merupakan komoditi spesifik lokal dan merupakan komoditi unggulan daerah Dairi. Penyebaran tanaman kopi di Kabupaten Dairi hampir di seluruh Kecamatan.

2. Produksi Jagung
Pertanian tanaman jagung masih daapat dikembangkan dan menjadi usaha unggulan di kabupaten Dairi melihat dengan luas wilayah dan tanah yang tersedia serta didukung oleh iklim dan tanah yang subur serta masyarakat yang suka bertanam jagung. Gambaran sementara bahwa produksi jagung di daerah Kabupaten Dairi hampir setiap tahunnya mengalami peningkatan.

3. Potensi Pariwisata
Kabupaten Dairi memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Salah satu wisata tersebut adalah wisata alam Silalahi. Walaupun hingga saat ini masih kalah populer dengan beberapa objek wisata lain disumatera utara seperti danau tabo dan Wisata Bahari Pulau Nias. Dalam program pembangunan daerah, Perintah kabupaten Dairi memprogramkan peningkatan kunjungan wisata dengan pengembangan objek-objek wisata baru, seperti Taman Wisata Iman meningkatankan sarana prasaranapariwisata, menjadi serif dan budaya sebagai bagian dari kepariwisataan dan mearik investor wisata. Untuk itu pemerintah daerah akan terus melakukan promosi, penyuluhan sadar wisata, perbaikan saran-perasarana dan melaksanakan event wisata. Untuk itu diperlukan inventasi yang cukup besar dalam pengembangan wisata, membangun objek-objek wisata serta sarana prasarana pendukung seperti hotel, restoran dan sarana hiburan.

8 thoughts on “Potensi Komoditi Kabupaten Dairi”

  1. sampai saat ini sidikalang terkenal dengan oleh-oleh khas nya yaitu kopi sidikalang. dan saya sangat bangga dengan itu. namun akhir-akhir ini kualitas kopi bubuk sidikalang sudah mulai turun. saya seorang mahasiswa di universitas Riau (pekanbaru). dan saya mengangkat penelitian saya tentang prospek pengembangan industri bubuk kopi sidikalang. smoga nantinya penelitian saya berhasil dan sangat berharap bantuan dari instansi yang berkaitan untuk membantu saya nantinya. terimakasih :) horas, syalom :)

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga penelitian yang dilakukan Sdr. Meli bisa membantu mengembangkan industri bubuk kopi di Sidikalang dan menghasilkan data riset terbaru yang dibutuhkan para pelaku bisnis kopi di daerah tersebut. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. sidikalang memang dikenal orong penghasil kopi robusta, bahkan kopi yang berasal dari sidikalang ini pernah bersaing dengan brazil karena mutu kopi yang sangat bagus,,,,,

    namun saat ini saya rasa kopi yang dulu yaikopi ROBUSTA sudah sangat jarang telihat dan hampir punah

    saya rasa itu terjadi karena masuknya kopi arabusta dan kopi cokelat ke sidikalang. yang dulu aikon kota sidikalang adalah kopi robusta sakarang sudah menjadi hilang bahkan di sana sudah mulai masuk yang namanya perkebunana nanas.

    saya rasa penyebabya itu kurangya perhatian pemerintah terhadap kopi robusta tersebut.

    Reply
  3. Saya sedang mencari rekanan pemasok bibit Nilam varietas Sidikalang. Untuk saat ini saya membutuhkan sekitar 25.000 bibit, kebutuhan bibit tersebut masih untuk memenuhi lahan 1 ha (uji coba), jika berhasil maka dalam waktu 6 bulan ke depan akan ada kebutuhan bibit untuk lahan seluas 19 ha lagi.
    Mohon bantuan untuk dapat menghubungkan saya dengan calon rekanan potensial.
    Saya berdomisili di Duri, Riau. Hp 081992207957.

    Reply
  4. saya melihat potensi kabupaten dairi sangat bagus. tetapi sumber daya manusia yang ada di DAIRI khususnya yang di desa desa kurang diperhatikan, baik dari segi ekonomi, jalan untuk transfortasi, pendidikan, maupun kesehatan, dan juga kurangnya penyuluhan pemerintah daerah dairi mengenai peningkatan hasil tani terhadap petani, artinya kurangnya pengorganisiran pemerintah terhadap masyarakat petani. tolong dong pak……… saya asli dari sidikalang tinggal saya di desa tanjung saluksuk, katanya pak bupati pernah dari kampung saya, dan masyarakat dikampung saya minta buka akses jalan dari desa tanjung saluksuk langsung lewat borno tapi belum ada di rencanakan,,, padahal klu akses itu dibuka tingkat penghasilan petani disana bisa berhasil.. (no kontak saya : 081273324705)

    Reply
  5. Kami mengikuti Konferensi minyak atsiri seduania tahun 1986 di Washington,
    seorang pemakalah akademisi ahli nilam mengatakan bahwa nilam dari highland Sidikalang adalah nomor satu di dunia.Tetapi saat ini nampaknya
    produkilam Sidikalang mungkin tidak sampai lagi 1% dari produksi nilam Indonesia.
    Padahal kalau nilam Sidikalang itu diproduksi dan diberi merk(brand) pasti paling laku dan dicari dunia.

    Reply
  6. aku bangga dong jadi anak sidikalang, tanah kelahiran aku kan di sidikalang, mungkin yang bikin aku bangga jadi anak sidikalang karena, adanya taman, yaitu taman wisata iman, dan suatu saat aku pasti kembali untuk menginjakkan kaki di TWI, karena sekarang aku ada di kalimantan timur,jauh khannnnn

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba