Potensi Pengembangan Itik di Tegal

telur itik bahan baku telur asinKota Tegal merupakan salah satu kota di pantura Jawa Tengah yang ditetapkan sebagai wilayah sub pusat pertumbuhan Jawa Tengah bagian barat dan menjadi medan magnet bagi daerah sekitarnya. Dengan Luas wilayah 38.50 km2, terdiri dari lahan kering seluas 2.768,27 ha,  lahan sawah 1.081 m 73 ha serta memiliki luas wilayah pantai 839,15 ha. Salah satu usaha peternakan yang sangat berkembang disana adalah usaha peternakan itik.

Saat ini usaha peternakan telah diupayakan untuk dikelola secara terpadu dengan sistem kandang dalam satu kawasan. Jumlah peternak itik mencapai 66 orang dengan populasi itik sekitar 66.000 ekor. Untuk mendukung perkembangan usaha peternakan dan pembibitan itik ras branjangan asli kota tegal, pemerintah telah menetapkan lahan seluas 6 ha namun yang  dimanfaatkan baru seluas 2 ha. Kota tegal merupakan salah satu pemasok utama telor itik ke brebes sebagai bahan baku pembuatan telur asin, namun seringkali permintaan pasar tidak dapat terpenuhi karena keterbatasan kapasitas produksi. Besarnya pasar telur itik yang belum tergarap ini membuktikan masih sangat diperlukannya pemgembangan ternak itik, terlebih lagi jumlah permintaan yang ada jauh lebih besar dari jumlah produksi.

Keunggulan dari usaha ternak itik oleh petani pedesaan, yakni sebagai berikut :

  1. Potensi sumber daya alam pedesaan cukup kondusif bagi pengembangan ternak itik. Status fisiologis itik sebagai unggas air, memungkinkan itik dapat dipelihara mulai dari daerah rawa sampai pasang surut. Bagi daerah kering, ternak dapat pula dipelihara dengan sistem pemeliharaan.
  2. Ternak itik merupakan unggas lokal yang telah lama dipelihara masyarakat pedesaan dan telah beradaptasi dengan kondisi iklim pedesaan dan masyarakat desa.
  3. Walaupun secara fisiologis itik merupakan unggas air tetapi tidak menutup kemungkinan, itik dapat dipelihara secara intensif pada lahan terkurung tanpa memberikan pengaruh buruk terhadap produksinya.
  4. Tahan terhadap serangan penyakit.
  5. Dapat dipelihara sederhana dengan pakan seadanya. Itik sanggup mencari sendiri pakan yang dibutuhkannya berupa butiran gabah yang tercecer selepas panen, ikan-ikan kecil, siput, cacing dan sisa dapur. Ketersediaan sumber pakan itik yang beragam di pedesaan diperkirakan dapat mendukung pengembangan ternak itik sebagai komponen usahatani terpadu.
  6. Sebagai komponen usahatani terpadu di pedesaan, ternak itik sangat potensial dikembangkan dan diintegrasikan dengan usaha tanaman pangan dan kolam ikan.
  7. SDM penyuluh yang cukup tersedia di daerah pedesaan.

Prospek peluang usaha peternakan itik cukup menjanjikan berdasarkan alasan bahwa:

  1. Produksi ternak itik  200-240 butir telur per ekor per tahun. Dengan asumsi harga jual Rp. 800 per butir, telur itik sangat potensial sebagai sumber pendapatan dan merupakan usaha baru yang prospektif, disamping sebagai sumber protein hewani keluarga petani.
  2. Permintaan pasar terhadap produk itik (telur dan daging) secara nasional masih besar. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan tersebut, pemeliharaan itik secara semi maupun intensif layak dikembangkan.
  3. Telur itik cukup disukai oleh konsumen, baik untuk dimakan sehari-hari maupun sebagai bahan baku pembuatan makanan ringan lainnya seperti kue.
  4. Preferensi konsumen yang cukup tinggi pada produk peternakan itik.
  5. Semakin naiknya kebutuhan masyarakat akan bahan pangan kaya protein hewani, sebagai akibat membaiknya pendapatan dan pengetahuan gizi. Kandungan protein telur itik cukup tinggi, yakni sekitar 13,3%. Itik merupakan ternak penghasil daging yang cukup gurih dan banyak diminati oleh masyarakat. Kandungan protein daging itik sebesar 21,4%, lebih tinggi dari kandungan protein daging ayam, sapi dan domba.
  6. Adanya dukungan potensi sumber daya kelembagaan yang ada di pedesaan berupa kelompok tani, kelembagaan penyuluhan dan kelembagaan keuangan dalam bentuk Usaha Simpan Pinjam.
  7. Dukungan dari kemajuan teknologi peternakan dan bioteknologi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan produksi telur itik.

Sumber gambar : bi.go.id

34 Komentar

  1. saya sudah brulang kali mencoba menetaskan telur itik.tapi sama sekali ga pernah brhasil.hasilnya hanya setengah jadi trus embrio mati sebelum menetas.

    • Kelembaban dan suhu panas arus dijaga biar setabil..info lbh lanjut bisa cari di blog yg lain tentang cara menetaskan telor.

  2. bagaimana untuk mendapatkan bibit (DOD) untuk wilayah bogor? bila tidak ada apakah bisa dikrimkan ke alamat di bogor? berapa harga per ekor dan berapa minimum order?, terima kasih.

  3. Assalamu’alaikum, saat ini saya sedang berusaha telur itik didaerah Ds. Batu Jaya, namun masih belum mendapatkan itik petelur yang bagus, mungkin ada yang dapat memberikan informasi Itik petelur mojosari/tegal. tks

  4. saya tertarik untuk beternak itik ini,.. selanjutnya apa ada peluang untuk ikut beternak itik di tegal? kemana saya harus menghubungi nya?? tks

  5. salam ta’dhim…
    saya tertarik untuk usaha ternak itik, cuman modal saya dikit… oleh sebab itu saya minta ,masukanny
    untuk muali usaha itik biayanya berapa dan dimana saya bisa mendapatkan bibit2 itik tsb?
    terimakasih..

  6. saya butuh suplier bebek sangkep (bebek tua) yang bisa menyiapkan 500 ekor/hari,sistem kontrak.(ada perjajian kontrak dengan saya nantinya.serius.hubungi 081584884304

  7. saya bermasalah dengan bau bebek. saat ini jumlah bebek yang saya punya adalah 2000 ekoe bebek. bagaimana kiat mengatasinya? apakah dengan penyemprotan biotama / yang lainnya? karana saya sudah berusaha mengurangi bau bebek, tetapi bebek bertambah kurus…….
    tolong informasi agar bau bebek bisa dikurangi dan tidak mengganggu produktivitas bebek. Trima Kasih

  8. saya mau menawarkan telur bebek langsung diambil dari peternakan dari surabaya. Hub : 03177262642

  9. bapak yang terhormat,,saya berminat untuk berternak bebek hanya tinggal tunggu modal saja. kira – kira bisa bantu saya ga? 1. bagaimana saya bisa mendapatkan DOD dan Bebek tegal yang siap telur? dan berapa harganya. kemudian bagaimana cara kami melakukan pembayaran? 2. berapa kira – kira modal yang harus saya sediakan untuk permulaan berternak bebek? trims..

  10. saya mempunyai itik sebanyak 55 ekor, sudah 1 bulan mulai bertelur, tapi produksi telurnya tidak juga menaik, hanya 20 butir saja yang paling banyak, sedangkan biaya pakan tinggi, makanan untuk itik sudah cukup, apa masalahnya pak?tolong bantu ya pak…….saya ingin mengembangkan usaha ini, tapi ragu karena produksi telur rendah pak….jenis itik saya hibirda…

    mai joni elfiadi
    085274805434

    • Berati ada yg masih kurang itu..mungkin dri jatah makan atau dari makanan yg kurang protein,klo protein bisa didapat dari keong mas/sawah atau ikan sebaiknya bli ikan sisa di tmpt ikan yg sdh tdk layak di konsumsi manusia. Tpi jgn yg sudah mnjdi bangkai ikanya.

  11. Baru usaha telur bebek mentah dan telur asin tapi belum bisa memasarkan dalam jumlah besar, ada yang bisa membantu ? hub.085883003330.

  12. Kami Distributor/Agen Konsentrat bermerk pabrikan untuk Sapi (sapi perah prot. min. 16% & sapi potong prot. min. 13.5%) & Bebek (bebek petelur prot. min. 38%, bebek potong prot. min. 38% & prot. min. 25%) & bahan pakan campurannya (bekatul + jagung + singkong) harga murah, negosiable, suply rutin, bisa kontrak, barang indent -+ 4 hari dari pemesanan, dijamin anda akan tertarik. Hub. 022-76123379 (khusus area Jabar, Jabodetabek & Banten)

  13. jual konsentrat khusus itik petelor & konsentrat pakan siap saji itik pedaging, harga Murah Kualitas tinggi, khusus daerah Jabar, Jabodetabek & Banten, sudah di uji lab, merk pabrikan, dijamin anda pasti tertarik, bila sudah melihat barangnya, sample bisa dikirim dulu. Tks. hub. 022-76123379

  14. sy tertarik untuk ternak itik.
    kemana saya harus membeli bibit DOD yang unggul, apakah di jakarta ada?
    atau bs saya dapatkan no. telp tempat pembelian bibit DOD yg baik.
    besar harapan sy utk mendapatkan informasi tentang ternak DOD, terimakasih

  15. mw tanya terkait bisnis peternakan ayam
    modal awal dg perinciannya?
    hal2 yg perlu dipersiapkan untuk langkah awal?
    pasarnya kmn j?
    intinya semua yg dibutuhkan u bisnis ini

  16. saya mau usaha itik,kara2 berapa modal yang harus d keluarkan??????????
    dan kandang yang cocok untuk usaha itik???? terimakasih

  17. saya sangat tertarik terhadap bisnis ini, mungkin bapak nara sumber bisa bantu saya untuk perkiraan perhitungan modal keseluruhan, ROI dan dimana bisa saya dapatkan DOD/C nya, terakhir apakah sudah ada sistem kerjasama sistem kemitraan

  18. saya mau mulai usaha ini, dimana saya dapat bibit yang bagus dan bagaimana membuat kandang yang cocok? saya di daerah bandung selatan

  19. saya tertarik dengan usaha ini, kira2 modal awal untuk pemula berapa ya? dan lahan yang diperlukan?
    hp. 08112712952

Komentar ditutup.