Potensi Tambang Pasir Besi Purworejo

Potensi-Pasir-Besi-PurworejoPotensi tambang pasir besi di kawasan pantai selatan Purworejo dan sekitarnya, yang diperkirakan kandungan deposit konsentrat pasir besi sebanyak 84 juta ton, kini mulai dilirik investor. Purworejo merupakan bagian dari dataran aluvium Jawa Tengah bagian Selatan, yang dibatasi oleh Pegunungan Serayu Selatan dan Gunung Api Sumbing di sebelah utara, Pegunungan Kulon Progo di timur, Samudra Hindia di selatan dan dataran Kebumen-Banyumas di sebelah barat.

Dataran Purworejo ini tersusun oleh endapan aluvium yang terutama berasal dari rombakan batuan gunung api Tersier penyusun Pegunungan Serayu Selatan dan Pegunungan Kulon Progo, serta Gunung Api Kuarter Sum-bing.

Di bagian utara sebelah timur endapan rombakan tua membentuk kipas aluvium Purworejo, sedangkan di sebelah barat membentuk kipas aluvium Kutoarjo. Kedua kipas aluvium itu bersumber dari sebelah timur laut daerah penelitian.

Dataran Purworejo bagian tengah terdiri atas endapan aluvium pantai tua yang kemudian ditutupi oleh endapan aluvium sungai masa kini yang diangkut oleh Kali Wawar di bagian barat, Kali Jali di bagian tengah, dan Kali Bogowonto di bagian timur.

Dataran Purworejo bagian selatan, mulai dari Kali Lereng sampai garis pantai sekarang, dibentuk oleh en-dapan aluvium pantai muda. Diperkirakan sumber daya air tanah di bawah dataran Purworejo ini sangat melimpah, dan khusus endapan aluvium pantai muda mempunyai potensi yang tinggi akan bahan tambang pasir besi serta mineral ikutannya.

Belum Tergarap Optimal

Selama ini, potensi pasir besi di pantai selatan Purworejo yang tergarap baru sebatas on share. Itu pun hanya ditambang kemudian langsung diekspor atau dikirim ke pabrik semen sebagai bahan penunjang produksi semen.

Padahal, industri ini didukung potensi batu bara asal Kalimantan sebagai bahan energi dan reduksi, batu kapur di Purworejo sebagai bahan pembantu proses, serta pelabuhan Cilacap yang berpotensi menjadi pelabuhan ekspor.

Bahkan, kebutuhan besi baja hingga 15 tahun ke depan masih tinggi, khususnya permintaan dari Cina.
Untuk mengembangkan industri itu, ia meminta kepada Pemda untuk mempermudah perizinan. Kapabilitas dan profesionalisme perusahaan tambang juga perlu dipertimbangkan, mengingat sektor ini rentan berdampak pada kerusakan lingkungan.

Sebenarnya sudah ada rencana lokasi eksploitasi sepanjang pantai kulonprogo mulai dari kali progo sampai bogowonto sepanjang 22 km dan lebar 2 km. Perkiraan kedalaman pasir yg akan dikeruk adalah 10 meter dari permukaan.

Target eksploitasi yang dipatok adalah 300 juta metrik ton, berdasar jumlah cadangan diperkirakan umur tambang mencapai 15 tahun. Produksi tahunannya adalah  300.000 ton pasir besi. Jadi, tinggal tunggu saja kelanjutannya.

Sumber gambar : http://www.satudunia.net/?q=system/files/galeri/PSDA/70989_61__pasir_besi_siap_dikirim___lokasi_c.jpg

30 Komentar

  1. Kepada bpk2 yg duduk di kursi pemerintahan se-kabupaten Purworejo, yg saya Hormati.
    Dengan adanya lahan pertambangan di daerah Purworejo kita ini, saya sbgai rakyat kecil biasa, saya meminta agar sekiranya tidak memasukkan perusahaan asing ke wilayah pertambangan itu. Bagikan ke masyarakat secara adil dan se adil2nya..!!!
    Tolong lihat pak, pembangunan gedung sekolah, jalan di pelosok desa2 terpencil, masih bgitu banyak yg blm terlirik dan tertangani. Rakyat kecil juga manusia pak… Trimakasih.

  2. Saya stokis pasir besi berkadar Fe diatas 50%, Kav produksi /hari 160 T hubungi E-mail saya.

    • Pak Yacub
      Numpang Tanya Sulawisi sebelah mana ? kita banyak kontak ke orang Sulawisi, baik di Sulawisi selatan mau pun di Sulawisi Utara (Menado), Kp Bapak berapa Luas? Legalitasnya sudah IUP produksi + amdal + CNC + Apet ngak, kalau legalitas nya lengkap. dan Deposite nya memadai, tentu kita serius mau kerjasama, berapa Fee royalti yang Bapak minta, Jarak dari tambang ke Pelabuhan terdekat berapa KM ? Mother Vessel bisa sandar gak ? atau tongkang berapa Feet bisa sandar ? Tolong kami di informasikan selengkapnya, ini serius>
      terimakasih atas informasinya.
      Hp : 081276323048
      Best regards
      Halim Handoko

  3. Web seperti ini perlu disebar luaskan ke masyarakat pebisnis akan bisa membuka cakrawala bisnis mereka dan mereka tidak ketergantungan pada PNS atau jadi pegawai, mereka di didik jadi Wiraswasta……

  4. Kami berminat investasi dan sedang mencari area berpotensi bijih besi aluvial/laterit untuk ditambang sendiri.

  5. pasir besi sebaiknya ditambang oleh rakyat dalam bentuk pertambangan rakyat. kalau ditambang oleh perusahaan seperti pengalaman purworejo tempo doeloe rakyat setempat hampir tidak menikmati sementara pemerintah daerah hanya memoperoleh royalti yang jumlahnya sangat kecil dibanding nilai pasir besi yang dibawa keluar. pertambangan rakyat perlu investor yang mau membeli dan mengolah pasir besi menjadi bahan setengah jadi seperti iron pellet ataupun pig iron di purworejo dan bukan di pabrik2 di luar purworejo apalagi di luar negri dengan tujuan memperbesar economic multiplier nya. penambangan pasir besi oleh rakyat sangat mungkin secara teknis maupun hukum, seperti diatur dalam undang-undang no No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara…

  6. Bagi pemasok pasir besi,
    saya ada kebutuhan pasir besi rutin 200 ton per bulan, untuk kebutuhan pabrik kami di jakarta. specification requirementnya hanya pada berat jenisnya kurang lebih 4Kg/Liter (g/cm3)

    • bisa minta no tlpnya??
      apakah bpk sudah dpt supplier iron sand??
      klo ada, bisa saya diberi kuota ± 20ribu MTon/shipment

      Hp : 087875504180 Leo

    • Maaf apa sampai sekarang masih membutuhkan suulier ? Kami memilki tamban Pasir besi di daerah Malang Selatan, Jawa Timur dengan kadar Fe 59 % bilamana berminat kami bisa memenuhi kebutuhan anda.

  7. Pak Bupati ato pejabat ybs, usul saya….potensi tsb.jangan
    diserahkan investor asing, bikin aja perusda kelola sendiri
    oleh perusda secara professional, toh operasi tambang pasir besi
    tidak perlu tehnologi tinggi. jangan dibodohin terus sama orang asing, mereka butuh bahan baku. Undang para buyer
    bikin kontrak jual beli, pekrjaan ini apa sulitnya…..
    Deposit ada, ahli tambang banyak, modal di bank/bumn ato \bank daerah cukup, hire/pekerjakan manager professional
    untuk me manage. Wah masyarakat kab.Purworejo bisa makmur
    dan yang penting kita tidak didalin terus sama investor asing.

  8. Saya punya usul, biar rakyat sekitar aja yang nambang pasir besinya, ntar saya modalin, jadi biar rakyat sekitar yang makmur…dan bisa merasakan kemakmurannya.

  9. saya berminat untuk investasi , mohon data data yang akurat. tolong kirim ke email saya . tks

  10. Bagi perusahaan tambang pasir besi dan batu besi, saya ada buyer yang serius membutuhkan pasir & batu besi masing2 50.000 ton perbulan dengan kadar Fe 55 untuk pasir besi dan Fe 60 untuk batu besi. Mohon pemilik tambang langsung dapat menghubungi saya di 0811321426. Bagi brooker2 mohon maaf, kami tidak bisa melayani

  11. apakah tambang tsb sdh broprasi dng normal..?
    Blh tw nama dan alamat pt nya.!?sp tw sy brminat melamar dsana..
    Bls di email sy

  12. Dengan hotmat,

    Pak,tolong kalau ada analysis kimianya dapat diemail ke kami untuk kami pelajari lebih lanjut, lebih baik lagi bp dapat mengirimkan data yang lebih detail misal luas konsesi, kandungan deposit untuk berapa tahun kedepan, izin SIPDnya masih berlaku berapa lama, izin amdal pemerintah setempat dan lain2.

    Demikianlah permohonan kami, atas kerja sama, bantuan dan perhatian dari bp kami tunggu, sebelumnya kami ucapkan banyak terimakasih.

    salam dari,
    Rudy wei.

  13. Yang punya pasir besi silakan hub. 0967911441. Saya punya buyer yg mau beli dlm jmlh besar dan rutin.

  14. Saya punya buyer pasir besi dari China. Beliau sedang mencari pasir besi dg kadar fe minimal 55%, P & S kurang dari 0.08%, Tio2 kurang dari 10%. Permintaan dalam jumlah besar. Mohon hubungi saya 0815-10003132 bila tertarik menjual pasir besinya.
    Elis

  15. mhn informasi lahan pasir besi tsb, saya ada pembelinya, jika sdh ada penambang, siapa, dan dimana, agar bisa saya hubungi.
    untuk investasi, saya juga ada peminat untuk investasi dan bagi hasil, bisa hubungi di email saya. terima kasih

    • saya punya pasir besi yang spek nya seperti yang anda butuhkan silahkan kirimkan loi ke alamat email saya ya. terima kasih

  16. Saya dari Cilacap, dan kita semua tau bahwa Cilacap sudah pernah ekspor pasir besi secara langsung ke cina. Saya bisa bantu untuk ekspor pasir besi tsb. Bahkan untuk carikan Buyer dan investor lokal saya ada. Berapa Total FEnya? Masalah perijinan bagaimana? Hub saya di 081327692277. Terima kasih.

  17. Sudah adakah calon investor untuk tambang Fe ? Kalo sdh, ada brp prshn ? Siapa saja mereka ? Dimana alamat prshnnya & siapa kontak personnya ?

  18. Kira2 untuk usaha kecil di Purworejo yang bagus apa ya ???, kebetulan saya asli purworejo, saat ini lagi ngembangin usaha di daerah bogor.

  19. Sampai saat ini apakah ada investor yang sudah masuk?
    saya sanggup mencarikannya, langsung dr RRC
    sehuingga dapat digunakan hasilnya bagi masyarakat setempat, sistem sering.
    Mohon informasinya mengenai lokasi, deposit, luas areal, serta kandungan besi (Fe). Dan kalo ada contact person yang mungkin bisa dihubungi.
    Terima kasih atas informasinya.

    Lin S.

  20. Bupatinya saja kesandung masalah korupsi…gimana bisa “bersih” urusan ijin-ijinnya…
    kacau-kacau deh nih…

  21. Sampai saat ini apakah ada investor yang sudah masuk?
    Mohon informasinya mengenai lokasi, deposit, luas areal, serta kandungan besi (Fe). Dan kalo ada contact person yang mungkin bisa dihubungi.
    Terima kasih atas informasinya.

    Salam,
    Rahantoro

  22. Wah ternyata Purworejo mempunyai kekayaan alam yang melimpah, tinggal pemanfaatannya saja diatur sebaik mungkin dan hasilnya 100 % untuk kesejahteraan rakyat, misal sekolah bebas biaya sampai SMA syukur2 sampai perguruan tinggi , sarana dan prasarana umum, jalan-jalan dan lain-lain.
    Sebenarnya saya sendiri kalau sudah pensiun bercita-cita membangun desa Popongan Kec Banyuurip di Jl. Yogya menjadi desa wisata mandiri terpadu, karena letaknya yang strategis dipinggir jalan raya menuju Yogya, potensi alam yang sangat bagus. Sekarang sudah mulai corat-coret buat konsepnya. Ide ini sudah pernah saya lontarkan lewat Mas Edi Kusmardi.

    Wassalam
    Bambang Sudiyatmoko

  23. Memang punya potensi kandungan pasir besi tapi harus inget AMDAL, jangan sampai merusak lingkungan (sumber alam)

Comments are closed.