Potensi Wisata Pantai di Jogja

KotaLive-Jogja Jogjakarta. Siapa yang datang ke sana pasti jatuh cinta dengan kota satu ini. Suasana kota yang nyaman dan hidangan kuliner yang beragam dan memiliki cita rasa khas membuat banyak orang kerasan untuk tinggal di kota gudeg. Jogja, selain dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar dikenal juga dengan kota wisata yang memiliki pesona pantai yang indah. Berikut ini beberapa potensi wisata pantai di Jogja, yang menjadi favorit para wisatawan.

Pantai Glagah / Congot

Terletak di kabupaten Kulon Progo, lebih kurang 40 km dari kota Jogja. Pantai ini dapat dicapai dengan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum bus – micro jurusan Jogja – Purworejo hingga di persimpangan Glagah. Dari persimpangan jalan ini, para pengunjung yang tidak membawa kendaraan sendiri dapat meminta jasa “ojek” untuk mengantarkan ke lokasi tersebut. Bagi para pecinta hiking, menempuh jarak tersebut dengan jalan kaki merupakan perjalanan yang sehat dan mengasyikan. Permerintah daerah telah membangun kawasan pantai ini dengan berbagai fasilitas seperti taman rekreasi, kolam pemancingan dan bumi perkemahan. Di sungai Serang di tempat ini, para penggemar olahraga bisa memperoleh sarana olahraga dayung. Pantai Congot berjarak sekitar 1,5 kilimeter dari pantai Glagah, keuda pantai tersebut telah dihubungkan dengan jalan beraspal.

Pantai Trisik

trisiksunsetPantai ini terletak lebih kurang 37  kilometer dari kota Jogja dan dapat dicapai melalui Palbapang. Dari simpang Palbapang ini kemudian membelok ke arah Srandakan, kemudian dilanjutkan ke daerah Brosot dengan melintasi jembatan Progo sepanjang 600 meter. Dari daerah Brosot, perjalanan sepanjang 5 kilometer ke arah pantai Trisik dapat dicapai dengan sarana transport lokal yang berupa dokar atau andhong (sado, kereta kuda khas Jogja). Pantai Trisik ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum micro bus sampai ke pantai. Pantai Trisik merupakan kawasan wisata yang menarik, utamanya bagi para pemancing ikan, karena di sungai (terusan) Gunsairo yang terdapat di daerah banyak dihuni ikan-ikan besar.

Kawasan Wisata Pantai Parangtritis

Sebagai suatu kawasan wisata alam, Parangtritis telah melengkapi diri dengan penginapan-penginapan dan rumah-rumah makan, serta berbagai fasilitas rekreasi seperti kolam pemandian, bumi perkemahan dan lain sebagainya. Obyek wisata yang dapat dikunjungi antara lain :

Pantai Wedang : Suatu sumber mata air panas bermineral yang tidak pernah kering sepanjang tahun, yang sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Parang Kusuma : Fasilitas yang ada sudah banyak seperti penginapan, masjid, rumah makan dan toilet.

Dataran Tinggi Gambirowati :
Merupakan salah satu tempat yang memiliki pemandangan yang indah ke kompleks pantai Parangtritis dan ke laut lepas di sekitarnya. Tempat ini dapat dicapai dengan menyusur jalan dari Parangtritis ke arah Panggang dan Goa Langse, yang merupakan jalan menanjak ke perbukitan. Bukit Gupit yang ada di jalan ini,, sering dipergunakan sebagai tempat start / meloncat para pecinta olahraga layang gantung (gantole).

Pantai Ngrenehan
Terletak di desa Kanigoro kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km disebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih. Wisatawan dapat menyaksikan aktifitas nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa oleh-oleh ikan segar.

Pantai Baron
Pantai Baron merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit yang hijau, dipenuhi oleh pohon kelapa. Teluk ini merupakan muara dari aliran sungai dibawah batu karang, yang airnya cukup jernih. Ombak pantai Baron agak besar, tetapi para pengunjung masih dapat berenang di pantai ini sampai batas yang diperkenankan, yaitu ditandai dengan rentangan kawat yang dibentangkan di atas teluk itu. Baron juga merupakan pangkalan nelayan, yang sebagian besar dari mereka telah melengkapi perahu-perahunya dengan mesin motor, sehingga dapat menjangkau laut lebih luas. Kalangan remaja dan pramuka sering melakukan kegiatan berkemah di tempat ini, disamping kegiatan lintas alam ke bukit-bukit yang mengelilingi teluk pantainya.

Pantai Kukup

kukup bener
Pantai Kukup terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 1 km di sebelah Timur Pantai Baron. Pantainya landai berpasir putih dan terdapat jalan setapak yang membelah bukit sampai Pantai Baron, serta sebuah Pulau Karang yang dihubungkan dengan jembatan senggol dari atas Pulau Karang kita dapat melihat hamparan pantai yang cukup luas dan sangat indah serta ikan hias air laut yang banyak didapati di daerah ini dan sangat memikat wisatawan.

Kawasan Pantai Krakal.
Pantai Krakal merupakan kawasan pantai yang paling indah, diantara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun  menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khusunya wisatawan asing, semacam resort Nusa Dua di pulau Bali.

Diolah dari berbagai sumber


http://jogjakini.files.wordpress.com/2009/03/wkukup1.jpg
http://media.photobucket.com/image/jogja/areev/LiveJogja.jpg
http://www.kulonprogokab.go.id/mod/photogallery/data/media/9/trisiksunset.jpg

7 Komentar

  1. tolong mas dimana sy bisa dapatkan artikel jalan-jalan di obyek wisata parangtritis jogja sbab aku dilampung masih belum paham daerah tsb, dan kami saya pengin sekali liburan di pantai tersebut tanks

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

Comments are closed.