Prospek Bisnis Kursus Bahasa Inggris

jasa-kursus-bahasa-inggrisBelajar bahasa internasional merupakan salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Sebab di tengah  perkembangan jaman seperti sekarang ini, penguasaan bahasa Inggris menjadi bekal atau investasi penting untuk masa depan. Baik untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi, untuk keperluan pekerjaan, untuk mendukung pendidikan yang mereka tempuh, maupun untuk keperluan bisnis yang mereka jalankan.

Walaupun sebenarnya belajar bahasa Inggris itu mudah, dan bisa dilakukan sendiri dengan membeli buku panduan yang banyak beredar di pasaran. Namun kebanyakan masyarakat masih mencari lembaga kursus bahasa yang dapat membantu mereka untuk mahir berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Meningkatnya minat masyarakat, membuat kursus bahasa Inggris memiliki prospek yang cerah dan berpotensi menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Hal ini pula yang mendorong bisnis tersebut telah beredar di berbagai daerah untuk memenuhi permintaan pasar. Sebab bukan hanya para pelajar dan mahasiswa saja yang menjadi target pasarnya, masyarakat umum juga menjadi target pasar yang sangat berpotensi.

Diantara sekian banyak bisnis pendidikan bahasa Inggris yang berkembang sekarang ini, terdapat beberapa lembaga yang sudah berhasil mengembangkan bisnisnya hingga memiliki cabang dan kemitraan di beberapa kota. Misalnya saja English First (EF) yang telah sukses dengan strategi pemasaran yang menentukan sasaran pasarnya secara luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, dan kursus bahasa untuk level perusahaan.

ilustrasi kursus bahasa inggrisSelain itu ada juga Kidea Learning Center yang menentukan target pasarnya khusus untuk anak mulai umur 3 sampai 12 tahun. Pelaku usaha sengaja memilih sasaran pasar anak-anak, sebab  banyak orang tua yang mulai mengenalkan bahasa Inggris sejak putra-putrinya usia dini. Ternyata pemasaran bisnis ini cukup menarik, dan mendorong para orang tua untuk memasukan putra-putrinya ke lembaga kursus bahasa Inggris tersebut.

Kebutuhan masyarakat untuk mempelajari bahasa Inggris masih akan terus meningkat. Jika Anda mempunyai keahlian atau ketrampilan di bidang ini, tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha kursus bahasa Inggris. Anda bisa memulainya dengan usaha kecil-kecilan yang tidak membutuhkan modal besar, misalnya saja menawarkan jasa privat untuk kursus bahasa Inggris. Namun jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa mencoba bekerjasama menjalin kemitraan dengan lembaga kursus yang sudah ternama.

Segala hal bisa menjadi peluang bisnis, jika Anda jeli dengan kebutuhan pasar yang ada. Semoga sedikit informasi mengenai prospek bisnis kursus bahasa Inggris, dapat memberikan inspirasi bisnis bagi Anda. Dan jangan pernah takut mencoba untuk meraih sukses Anda, salam sukses.

Sumber gambar : http://images04.olx.co.id/ui/1/44/90/23374490_1.jpg dan http://www.sariratnaningrum.com/wp-content/uploads/2012/09/jasa-kursus-bahasa-inggris-di-bekasi.jpg

9 thoughts on “Prospek Bisnis Kursus Bahasa Inggris”

  1. To: Mr. Gandi Negara
    Alhamdulillah, Mulai April 2015 saya telah membuka lembaga kursus Bahasa Inggris di Kab.OKUT (SUM-SEL) dan memiliki 15 siswa yang notabene anak SMA dan SD. Saya baru melakukan promosi banner dan brosur, dan untuk kerjasama sekolah belum saya laksanakan karena kesibukan saya yang juga menjadi ibu dari 3 batita. yang saya tanyakan bagaimana caranya Mr. Gandi bisa mendapatkan siswa yg banyak? bisa bagi tips dengan saya, sir. thank u very much, before.

    Reply
  2. bisnis ukm memberikan solusi yang baik bagi pelaku usaha,terutama bagi yang pemula seperti saya

    Reply
  3. Sangat setuju bahwa bisnis kursus bahasa inggris untuk anak anak memang sangat menjanjikan. Tapi metodenya harus mendukung siswa siswinya berlatih menggunakan bahasa itu sendiri. Bukan dalam bentuk latihan grammar.
    BanYak anak anak sijejali teori grammar yg membuat kesan bahasa Inggris itu sangat sulit………

    Reply
  4. Saya mempunyai latar belakang pendidikan Bahasa Inggris,pernah kuliah s/d smester V jurusan Bahasa Inggris dan pernah mengajar di Lembaga Kursus kurang dari tahun 1990 s/d 1994 tingkat elementary/General English tingkat SMA.Sekarang terpikir ingin mengembangkan sendiri,bagaimana cara memulainya usaha bisnis kursus bahasa Inggris?

    Reply
    • salam kenal MR.DEE ,saya sekarang alhamdulillah sedsang mengembangkan tempat kursus saya sendiri… trik yang harus mr lakukan adalah menyusun modul dan strategi pasar yang akan mr jalan kan..kebetulan posisi saya ada di sulawesi selatan tepat nya di palopo … alhamdulillah saya bisa meraih 240 member sekarang dalam 1,5 bulan dengfan strategi sosialisasi ke sekolah2 dan kampus yang ada.indonesia untuk minat baca sangat kurang ,maka dari itu saya tidak terlalu promoi pada brosur dan spanduk.

      Reply
    • salam kenal mas…. saya tertarik dengan artikel ini. Gimana sih langkah awal membuka kursus bahasa inggris? apa kita harus menguasai bahasa inggris dulu atau bagaimana? terima kasih. MR.ALAN.

      Reply
      • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Meski belum menguasai bahasa Inggris, namun Bapak Alan bisa memulai bisnis kursus bahasa Inggris dengan menggandeng mentor atau pengajar yang benar-benar mahir dalam berbahasa Inggris. Dalam hal ini, Bapak Alan bisa berperan sebagai pengelola lembaga kursus sedangkan untuk tenaga pengajar bisa bekerjasama dengan pihak luar. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba