Prospek Cerah Budidaya Kepiting di Tanah Air

potensi-budidaya-kepitingBudidaya kepiting sangat prospektif untuk di kembangkan di seluruh wilayah Indonesia. Selama wilayah tersebut memiliki lahan tambak air payau. Wilayah Sulawesi Selatan misalnya. Yang luas lahan tambak air payaunya kurang lebih 150.000 ha.

Dengan garis pantai sepanjang 2500 km yang tepinya ditutupi hutan mangrove ini sangat potensial menjadi lahan budidaya, baik kepiting bakau maupun rajungan. Selain itu, salah satu faktor pendukung budidaya di Sulsel yakni tersedianya bibit yang cukup memadai.

Dari hasil kajian yang dilakukan bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2005, terungkap bahwa kabupaten Wajo, terutama di kecamatan Keera adalah salah satu daerah penghasil bibit kepiting bakau.

Bibit kepiting dari daerah ini banyak terdistribusi ke berbagai sentra produksi yang melakukan budidaya kepiting. Upaya penyediaan bibit dari hatchery pun sudah mulai digalakkan. Baik kepiting bakau maupun rajungan telah berhasil dibenihkan secara buatan, meskipun disana sini masih perlu disempurnakan untuk dapat menyamai keberhasilan pembibitan udang yang telah berlangsung lama.

Di desa Pallime, daerah yang menjadi indikator perkepitingan Sulawesi Selatan, budidaya kepiting bakau di tambak umumnya masih dilakukan secara sederhana tanpa sentuhan teknologi. Bibit kepiting ditebar di tambak atau sawah kemudian dibiarkan begitu saja tanpa atau dengan suplai pakan seadanya.

Makanan kepiting pada pembesaran sederhana ini hanyalah ikan-ikan liar yang ikut masuk ke dalam tambak atau tanaman-tanaman air yang tumbuh secara tidak sengaja atau daun-daun bakau yang terjatuh ke dalam tambak.

Akibatnya, tingkat kematian atau yang kabur dari tambak cukup besar, yakni sekitar 50%. Namun demikian, petani masih dapat meraup keuntungan yang cukup lumayan. Jadi bisa dibayangkan bila budidaya kepiting itu dilakukan dengan sistem semi atau full intensif maka bisa dipastikan pembudidaya kepiting akan semakin banyak mendapatkan rejeki.

Biasanya, setiap hektar tambak dapat ditebari 1000 ekor bibit dengan ukuran lebar karapas 4-6 cm yang dibeli dari nelayan pengumpul seharga Rp.350 – 500. Setelah 3 – 4 bulan pemeliharaan, kepiting sudah mencapai ukuran minimal 250 g (size 4, empat kepiting per kilogram).

Untuk ukuran tersebut, kepiting laku dijual di kalangan pengumpul seharga Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kg. Jadi dengan modal kurang lebih Rp 500 ribu, petani dapat meraup hasil kurang lebih Rp 6 juta.

84 Komentar

  1. sya tinggal di pasuruan kira-kira dha yg bisa mmasarkan hasil panen kepiting sya k restouran2 atau bahkan k luar negri nggk???

    • Assalamualaaikum, pak khoirul anam saya fadli dari jogjakarta pak, kalo boleh tau harga per kilonya brapa njeh? per kilo isi berapa? trima kasih wassalam
      CP saya 081215549213

  2. kami tinggal di sidoarjo si kota lumpur lapindo, kami mau usaha buddaya kepeting, bagaimana caranya?

  3. sya cri cari info niiiiii…..
    cri tempt kepiting (dari plastik ato fiber) untuk budidaya kepiting yang sistem berter , sekitar balikpapan atau samarinda dimana ya….?

  4. Mohon dikirimkan Cara Budidaya Kepiting air Tanah yang Full Intensif, dari Clemens, Terima kasih

  5. maaf,maz …
    saya ingin memulai bisnis usaha kepiting,kira kira apa saja yang saya harus butuhkan awal….
    dan kira kira membutuhkan modal berapa ya..?
    trimakasih

  6. mas bisa ngak” kalo ngak pake keramba tapi tambaknya di pakekan beton ukuran 20×20 degan dasar tanah berlumpur dan berpasir.

  7. budidaya kepiting di air tawar bisa apa tidak? mohon informasinya bagi teman-teman yang tahu saya punya lahan yang jauh dari pantai tolong kontak saya roniirwan39@yahoo.co.id

  8. saya,mlihat acara di stasiun tv,,,ada pengelolaan dan pengelupasan kepiting rajungan yg di expor ke luar negeri di wilayah jakarta.oleh sbbb itu mhon bantuanx bg rekan rekan yg mengetahui alamat tersebut?

  9. nama sya eca,sy sngat tertarik dengan budi daya kepiting dan kepengen banget menjalankan hal tersebut namun saya masih bingung dan sangat kesulitan tuk memulainya, dan bibit kepiting,saya memiliki lahan seluas 4 hektar lbih,letaknya sangat stra tegis sekali dan berdekatan dengan pantai sangat mudah dijangkau oleh kendaraan 4 s/d 10 roda, kira2 memerlukan waktu sekitar 15 menit tuk tiba di lokasi, dan
    kami juga sangat membutuhkan eksportir tuk bekerja sama.

    cal me : 081241010094

  10. saya lagi cari rekan kerja penanam modal atau pembeli untuk usaha kepiting soka dan menyediakan bibit kepiting nya. untuk info lebih lanjut bisa hubungi saya di email : lestari2105@gmail.com , fb/ym :rita_star_88@yahoo.co.id

  11. saya tertarik sama kepiting
    boleh ikutan ni bisnis kepiting
    cuma lg bingung cari bibit
    cara ternak bibit secara modern ada yg tau gak
    mungin lahan/tambak harus kayak penjara ya? kalo ga,kepiting akan mengungsi ke lahan org…gimana tu ?

    YM,g-talk,FB,twiter :mitracdma

  12. nama saya eca, saya sangat tertarik dengan budidaya kepiting bakau dan saya mempunyai lahan kosong seluas 4 hektar lebih dan mudah di jangkau dengan kendaraan 4 s/d 10 roda dari jalan utama,selama ini lahan tersebut masih kosong, jika ada perusahaan atau yang ingin budi daya kepiting tapi tdak mempunyai lahan kami SIAP bekerja sama. terima kasih

    lokasi : Palopo kab luwu sul-sel,

    no tel : 081241010094
    081342299883

  13. nama saya eca, saya sangat tertarik dengan budidaya kepiting bakau dan saya mempunyai lahan kosong seluas 4 hektar lebih dan mudah di jangkau dengan kendaraan 4 s/d 10 roda dari jalan utama,selama ini lahan tersebut masih kosong, jika ada perusahaan atau yang ingin budi daya kepiting tapi tdak mempunyai lahan kami SIAP bekerja sama. terima kasih

    lokasi : Palopo kab luwu sul-sel,

    no tel : 081241010094
    081342299883

  14. gua punya lahan kosong tapi gue blom punya modal ituk budidaya kepiting…
    sapa tahu ada perusahaan, atau apalah yang kepingin atau mau yang memodali lahan saya mari kita sama2 berbisnis

    cal me : 081241010094, atas nama eca

  15. Saya sangat tertarik untuk membudi dayakan kepiting.
    untuk memperoleh indukan atau bibit untuk skala kecil di tempat saya tdk begitu susah, tapi untuk mendapatkan bibit yang banyak sampai ribuan agak sangat susah kecuali dibibitkan sendiri.
    Oleh karena itu saya sangat memerlukan saran dan bantuan Bapak utk menjadi sukses dalam hal membudi dayakan kepiting.
    saya punya tambak seluas 1,5 hektar yang sdh lama nganggur, baru-baru ini saya perbaiki pematangnya dan menggali paritnya dengan exavator…langkah apa saja yg harus saya lakukan?

  16. Kami udah membudidayakan penggemukan kepiting.Alhamdulillah udah dapat buka 6lahan dg kapasitas 600kg.Tp kami ingin membuka lahan lagi.Tp terbentur kendala kesulitan bibitnya.Buat siapa aj yg ada bibit gembosan kepiting 200gr keatas.Kami berminat ajak kerjasama yg saling menguntungkan..Serius hub saya.Di 081332965589.Ato 085746850995.Ato 03172680256

  17. gimana cara budidaya kepiting kalo memakai ruangan atau kolam bikinan yang jauh dari laut atau tambak… tlong koment nya…. thanks

  18. minta infonya dong tentang budidaya kepiting, cara budidayanya, berapa modal awal untuk menggeluti usaha ini…….kalao perlu yang lengkap deh.

  19. saya membutuhkan kepiting bakau size 500-700
    untuk area jakarta, kuantiti 300kg/ minggu
    021-91 529 333

  20. Memang sudah sejak lama budidaya kepiting bakau menjadi salah satu usaha yang berprospek cerah, dengan waktu pengelolaan yang singkat, biaya operasional yang sedikit dapat menghasilkan laba yang lumayan menggiurkan. Berbagi pengalaman di budidaya kepiting, untuk dapat lebih memahami, mengetahui dan belajar yang lebih jelas selain membaca referensi juga harus langsung survey ke tambak budidaya kepiting baik itu dengan teknik karamba maupun di liarkan. Untuk bibit biasanya para petani masih mengandalkan hasil dari tangkapan liar, kalau untuk pengembangbiakan sendiri memakan waktu yang cukup lama. Untuk menetaskan telur sangat mudah dilakukan, apabila induk kepiting betina itu benar2 telurnya sudah tua atau berwarna kuning kemerahan. Bibit kepiting untuk wilayah Jawa Tengah dapat dicari di daerah Pantura seperti Brebes, Batang, Pekalongan,Weleri, Kendal,Semarang,Demak,Jepara dll, habitat kepiting bakau biasanya hidup di air asin dan payau.Selamat mencoba…….sukses.Terima kasih ( Kendal, Jateng)
    081802747817

Komentar ditutup.