Rahasia Sukses Pelaku UKM Dalam Mengelola Karyawan

mengelola karyawanSeorang karyawan memiliki peran penting dalam sebuah usaha. Tanpa adanya loyalitas dari para karyawan, bisa dipastikan pergerakan bisnis Anda tidak akan berjalan lancar dan produktivitas perusahaan pun menjadi kurang maksimal. Faktor inilah yang sering menyulitkan para pelaku UKM sehingga mereka dituntut untuk lebih bijak dan berhati-hati dalam merekrut serta mengelola para karyawannya.

Meskipun begitu, mengelola para karyawan memang bukanlah perkara mudah bagi para pelaku UKM. Setiap karyawan memiliki karakter serta kemampuan yang berbeda-beda, sehingga para pelaku usaha harus bisa menjadi pemimpin yang baik dan benar-benar pintar untuk membangun komitmen karyawan.

Oleh karena itu, pad akesempatan kali ini kami sengaja menginformasikan beberapa prinsip penting yang perlu diperhatikan pelaku UKM dalam meningkatkan kinerja para karyawan.

  • Butuh waktu cukup lama membangun komitmen karyawan. Prinsip inilah yang harus dipahami para pelaku usaha, loyalitas serta komitmen para karyawan tidak bisa dibangun dalam waktu sehari atau dua hari. Sehingga para pengusaha bisa mengamati perkembangan masing-masing karyawan setiap harinya dengan memberikan teladan yang baik agar mereka semakin loyal dengan perusahaan yang Anda jalankan.
  • Lakukan pendekatan secara personal. Untuk menciptakan kondisi lingkungan kerja yang nyaman dan menyenangkan, upayakan untuk selalu menjaga hubungan baik antara pengusaha dan karyawan maupun hubungan kerjasama antar masing-masing karyawan. Bila perlu, lakukan pendekatan secara personal agar hubungan Anda dan para karyawan bisa semakin dekat sehingga mereka betah berlama-lama kerja di tempat usaha Anda.kinerja karyawan
  • Bekali karyawan dengan pelatihan serta orientasi tentang perusahaan. Hampir setiap karyawan membutuhkan pelatihan serta orientasi mengenai profil usaha serta budaya kerja yang ada di perusahaan Anda. Oleh karena itu, jangan ragu-ragu untuk memberikan beberapa pelatihan khusus bagi para karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka serta memberikan tambahan orientasi mengenai gambaran usaha yang Anda jalankan. Hal ini penting agar kemampuan karyawan bisa meningkat dan fokus serta tujuan para karyawan bisa sejalan dengan visi dan misi perusahaan.
  • Dibutuhkan supervisi untuk menjaga kualitas kerja karyawan. Terkadang para karyawan membutuhkan pengawasan langsung dari para pimpinan agar kinerjanya tetap terjaga. Kondisi inilah yang menuntut para pelaku UKM untuk sesekali turun langsung mengawasi kualitas kerja karyawan atau menunjuk seorang supervisor untuk mengawasi kerja harian para karyawan. Strategi ini cukup efektif sehingga kualitas kerja karyawan tetap terjaga dan target yang ditentukan perusahaan bisa tercapai setiap bulannya.

Semoga informasi tips bisnis mengenai rahasia sukses pelaku UKM dalam mengelola karyawan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pelaku usaha untuk mendapatkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

sumber gambar :
1. http://luckyconqueror.files.wordpress.com/2009/07/talent.jpg?w=300&h=197
2. http://www.anneahira.com/images/article/pengaruh-kompensasi-terhadap-prestasi-kerja.jpg

2 Komentar

  1. JANGAN LUPA KESEJAHTERAAN KARYAWAN, TENTU SAJA GAJI DAN TUNJANGAN LAINNYA YANG MENCUKUPI UNTUK KEBUTUHAN KARYAWAN TERSEBUT SEHINGGA DENGAN SENDIRINYA KARYAWAN TERSEBUT AKAN BEKERJA DENGAN MAKSIMAL UNTUK KEMAJUAN PERUSAHAAN

Comments are closed.