Rekomendasi Kemasan Frozen Food Buat Bisnis Makanan Beku!

Kemasan frozen food menjadi sangat penting untuk diperhatikan bagi para pelaku usaha yang memproduksi makanan beku. Sekarang ini makanan beku menjadi salah satu bahan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Selain memang dinilai lebih simpel dan praktis, jenis makanan beku ini juga beragam. Tidak sebatas pada bahan lauk saja tapi ada juga sayur dan buah yang sekarang ini juga dikemas dalam produk kemasan beku.

Makanan beku pangsa pasarnya memang luas begitu juga dengan peluangnya yang menjanjikan. Tapi tantangannya juga tidak mudah. Terutama soal pemilihan kemasan frozen food yang harus tepat karena distribusi makanan beku cukup rumit. Apalagi untuk distribusi luar kota atau luar wilayah. Dibutuhkan armada khusus seperti kendaraan yang menyediakan box atau freezer untuk menyimpan makanan beku supaya kualitasnya tetap terjaga sampai tujuan. Begitu juga dengan perlakuan khusus seperti penambahan es gel atau sterofoam.

Tapi untuk menyiasati hal ini ada solusi lain yaitu dengan mengandalkan penyimpanan yang baik di setiap cabang wilayah supaya makanan beku yang dikirimkan tetap terjaga kualiasnya. Untuk mendukung penyimpanan produk makanan beku yang baik pastinya butuh proses pengemasan yang juga sesuai. Maka dari itu butuh pengetahuan yang cukup sebelum memilih kemasan frozen food untuk mengemas produk makanan beku.

Kenapa Kemasan Frozen Food Itu Penting?

Frozen food merupakan olahan makanan setengah matang yang dikemas dalam sebuah wadah. Makanan ini dibekukan untuk nantinya diolah kembali dengan cara dipanaskan. Saat ini frozen food tidak hanya berbahan baku dari daging sapi, ayam, ikan atau bahkan seafood saja. Kini jenis makanan beku mulai beragam jenisnya termasuk bahan makanan nabati. Proses membekukan makanan tidak akan membuat makanan tersebut tidak sehat atau kehilangan nilai gizinya. Tergantung pada kandungan nutrisi yang ada pada makanan beku tersebut.

Tapi makanan beku ini bisa saja menjadi tidak sehat apabila proses pengolahannya kurang bersih atau higienis. Selain itu material kemasan yang tidak melindungi dengan melindungi dengan baik akan berpotensi untuk merusak kualitas makanan beku yang dikemas. Seperti makanan beku akan cepat basi sehingga ditumbuhi bakteri atau mikroba. Hal ini pastinya akan merusak kualitas makanan beku yang dikemas. Maka dari itu memilih kemasan forzen food yang tepat akan menjaga kualitas makanan beku yang dikemas.

Produk makanan beku itu sangat beragam. Mulai dari sosis, nuget, kentang goreng, kebab, sayur olahan, buah olahan, serta bahan makanan lainnya baik itu daging atau bahan nabati. Ketika kamu akan terjun ke bisnis makanan beku sangat penting untuk memahami soal kemasan frozen food dengan baik. Selain fungsi utama dari kemasan frozen food sebagai pembungkus produk. Kemasan juga menjadi bagian dari identitas dan media promosi produk itu sendiri.

Manfaat Kemasan Frozen Food

Kemasan juga menjadi salah satu media promosi, itu sebabnya kemasan dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik para pelanggan. Tidak bisa dipungkiri jika kemasan menjadi hal pertama yang dilihat oleh para pembeli. Sebelum memilih produk makanan beku yang akan dibeli, sudah pasti akan memperhatikan kemasan, bentuk dan desainnya. Berikut ini manfaat kemasan frozen food untuk produk makanan beku.

1. Memperkenalkan Brand

Sebelum memulai sebuah bisnis hal yang tak boleh terlewatkan dan wajib untuk diketahui adalah membuat desain kemasan. Meskipun sepertinya sepele, namun tidak bisa diremehkan begitu saja. Kamu harus mencantumkan nama brand usaha agar mudah dikenal oleh masyarakat luas. Desain, warna, dan bentuk kemasan frozen food ini beragam. Kamu bisa buat desainnya sesuai kebutuhan. Pilih warna terang yang membuat kemasan mudah terlihat dan informasi produk terbaca dengan jelas. Biasanya banyak menggunakan warna hitam, merah, orange, hijau dan kuning. Kemudian pilih font yang mudah dibaca, jelas, dan tegas. Pastikan desain produk eye catching, simple, dan tetap terlihat elegan. Pastinya hal ini akan membuat produk kamu terkesan lebih mewah dan value produk bertambah.

2. Menarik Perhatian Konsumen

Sebelum kamu memulai usaha makanan beku pastikan sudah punya konsep desain kemasan frozen food yang menarik.  Kemasan yang menarik dan unik ketika dipromosikan pada media sosial maka berkemungkinan besar akan menarik calon konsumen untuk membeli. Kamu bisa membuat desain kemasan dengan pilihan warna yang menarik dan yang pastinya kekinian. Pastikan tema desain menyesuaikan dengan produk. Kalau produk yang dijual seafood maka ada unsur laut atau yang mencerminkan identitas produk.

3. Menjadi Tolak Ukur Pemasaran

Mungkin adanya berbagai pilihan menu frozen food yang beragam bisa membuat calon konsumen tertarik. Tapi kalau kemasan produk hanya polos, maka bisa jadi produk kamu tidak akan diingat oleh konsumen. Padahal persaingan bisnis makanan beku saat ini makin kompetitif. Maka dari itu penting buat kamu membuat kemasan frozen food yang tepat. Supaya makin banyak orang yang mengenal produk kamu dan menjadi konsumen loyal.

Rekomendasi Kemasan Frozen Food

Kemasan frozen food itu jenisnya ada beragam. Begitu juga dengan teknik pengemasannya yang bisa kamu pilih. Apakah manual menggunakan mesin continous sealer dan hand sealer atau secara otomatis dengan mesin pengemas otomatis. Untuk skala bisnis rumahan atau UMKM biasanya menggunakan mesin continous sealer. Dibantu dengan proses penyedotan udara menggunakan mesin vacuum. Berikut ini rekomendasi kemasan frozen food yang bisa kamu pilih.

1. Vacuum Nylon Bag

Kemasan vacuum nylon bag ini merupakan kemasan plastik yang digunakan untuk mengemas frozen food, sayuran dan juga makanan lain untuk dibekukan. Plastik ini berbahan nylon dan bentuknya kantong. Kegunaanya untuk menyimpan sebuah produk yang nantinya akan dibekukan seperti makanan, sayuran, dan buah-buahan. Dengan menggunakan kemasan vacuum nylon bag ini produk akan lebih awet dan tahan lama karena jenis kemasan ini kendap udara.

Untuk mendapatkan hasil hampa udara pada penggunaan jenis plastik ini harus menggunakan mesin vacuum sealer. Penggunaan alat ini tujuannya untuk mengasilkan hampa udara pada kemasan. Dengan hasil yang maksimal dalam menghampakan kemasan maka makanan di dalamnya tentu akan lebih awet dan mampu menekan pertumbuhan bakteri. Selain itu fungsi dari menghampakan ini juga menjaga produk dalam kemasan menjadi lebih aman dan terhindar dari mikroba, proses oksidasi, dan juga kerusakan. Untuk tampilan desain bisa menggunakan cetakan sablon atau stikel label kemasan.

2. Plastik Three Side Seal

Material kemasan hampir mirip dengan vacuum nylon bag. Tapi untuk proses pengemasannya menggunakan mesin continous sealer. Jadi nanti akan ada tiga bagian pada kemasan yang akan disegel. Untuk tampilannya bisa dengan label kemasan atau stiker.

3. Kemasan Frozen Food Full Printing

Untuk kemasan yang satu ini proses pengemasannya harus dibantu dengan mesin pengemas otomatis. Proses pengemasannya juga bisa tanpa dilakukan pengosongan udara atau proses vacuum. Kebanyakan digunakan untuk produk makanan beku pabrikan atau industri rumahan yang menggunakan bahan pengawet makanan. Kelebihannya kemasan tampil lebih menarik dan ukurannya juga beragam.

Itulah ulasan seputar rekomendasi kemasan frozen food yang bisa dijadikan referensi sebelum memulai bisnis makanan beku. Kalau masih bingung dan perlu partner diskusi kamu bisa konsultasi dengan tim diKemas.com secara gratis tanpa dipungut biaya. Bagikan juga artikel ini ke teman kamu yang lain ya.

Ikuti terus ulasan menarik seputar edukasi kemasan lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment