Reparasi Komputer dan Laptop

Reparasi komputerSekarang ini kebanyakan orang memiliki komputer atau laptop. Sebagian dari pemilik itu adalah pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantor. Peluang ini bisa Anda wujudkan sebagai peluang bisnis. Yang Anda butuhkan dalam usaha ini adalah keahlian dan kemampuan.

Konsumen

Konsumen utama Anda adalah para pemilik dan pengguna komputer dan laptop. Karena tidak semua pemilik pemilik komputer dan laptop, bisa memperbaiki kerusakan komputer ataupun laptop mereka.

Info bisnis

Untuk memulai usaha ini Anda cukup menyediakan tempat yang strategis dan ruangan yang cukup. Tidak perlu terlalu luas, cukup 4 x 5 meter sudah cukup untuk memulai peluang bisnis ini.

Kemudian tempatkan rak, lemari display kaca yang cukup besar dan tinggi, meja dan kursi, serta peralatan pendukung reparasi lainnya. Selanjutnya Anda menyiapkan minimal satu computer dengan spesifikasi tinggi yang digunakan untuk mencoba CPU atau computer  yang sudah jadi.

Untuk menambah display, Anda bisa menyediakan berbagai macam keperluan aksesoris komputer ataupun  laptop seperti keyboard, mouse, speaker, monitor dan lain-lain. Sedangkan untuk tarif service komputer dan laptop adalah bervariasi, tergantung pada tingkat kesulitannya.

Kelebihan bisnis

Kurangnya pengetahuan dan keahlian para pemilik komputer dan laptop, menjadi lahan bisnis bagi penyedia jasa reparasi komputer dan laptop. Sebab semakin banyak konsumen yang tidak bisa memperbaiki sendiri komputer dan laptopnya, semakin besar pula permintaan pasar untuk menggunakan jasa reparasinya. Disamping itu sekarang jumlah pemakai computer dan computer semakin meningkat, sehingga peluang pasar bisnis reparasi juga semakin luas.

Kekurangan bisnis

Kendala bisnis komputer ini yaitu membutuhkan keahlian khusus untuk memperbaiki komputer dan laptop yang rusak. Jadi untuk menjaga kualitas pelayanan yang diberikan, sebaiknya pilih karyawan dengan seleksi yang cukup ketat. Selain itu persaingan bisnis di bidang ini juga terbilang cukup tinggi, oleh karena itu usahakan untuk menjaga kualitas pelayanan agar tercipta loyalitas pelanggan.

Pemasaran

Untuk membantu pemasaran bisnis reparasi komputer dan laptop ini, bisa menggunakan brosur kecil – kecil yang dibagikan kepada masyarakat sekitar lokasi usaha, atau bisa juga dengan membagikannya di sekitar sekolah maupun kampus yang ada di kota Anda. Selanjutnya Anda dapat menjalin kerjasama dengan toko yang menjual komputer atau laptop, untuk memberikan pelayanan jasa servis  bagi barang dagangan mereka yang mengalami kerusakan.

Disamping itu Anda juga bisa memasarkan bisnis reparasi computer dan laptop yang Anda jalankan, dengan memasang iklan di media massa. Sehingga masyarakat umum mengetahui bisnis jasa reparasi tersebut. Semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan bisnis Anda, semakin besar pula peluang pasar yang dapat Anda raih.

Kunci sukses

Keberhasilan usaha ini terletak pada kualitas dan harga. Jika usaha Anda sudah berkembang, ada baiknya Anda juga menjual berbagai kebutuhan komputer dan laptop beserta aksesorisnya.

Analisa Ekonomi

Modal Awal
Sewa tempat                             Rp. 10.000.000
Peralatan dan stok barang               Rp. 10.000.000
Total                                   Rp. 20.000.000

Biaya Operasional
Gaji 2 pegawai                          Rp.  1.600.000
Listrik dan telepon                     Rp.    300.000
Stok barang                             Rp.  8.100.000
Total                                   Rp. 10.000.000

Omzet per bulan                         Rp. 15.000.000

Laba perbulan                           Rp.  5.000.000

Masa kembali modal                      4 bulan

Sumber: Buku 121 Peluang Bisnis Terpopuler

Sumber gambar: http://wb8.itrademarket.com/pdimage/94/1553094_reparasi.jpeg

9 thoughts on “Reparasi Komputer dan Laptop”

  1. Salam sukses…

    Jawaban dari rekan-rekan sudah mewakili pertanyaan-pertanyaan diatas.
    terimakasih pada rekan-rekan semua.

    Bisnis ini akan berkembang di daerah yang agak jauh dari kota, seperti di kecamatan-kecamatan, kota-kota kecil bahkan di desa sekalipun. Karena belum banyak pesaing seperti toko-toko besar yang ada di kota.
    Tetapi sebelum memulai usaha ini Anda harus bisa memetakan dan menguasai pasar, tentunya dengan survey tentang jumlah pengguna komputer atau laptop di daerah sekitar tempat yang akan Anda buat usaha.

    Anda juga harus di bekali dengan ilmu yang memadai tentang komputer. semangat dan ketekunan juga akan menentukan sukses apa tidaknya usaha ini.
    .-= admin´s last blog ..Kriiukk…Kriiukk…Keripik Singkong Rasa Gadung =-.

  2. apa gak kalah saing, sama Toko Komputer besar ?
    ane aja kalo kompie rusak, datangnya ke toko komputer t4 ane dulu beli baru….

  3. info yang luar biasa,, dan aku harus tlaten blajar komputer biar bisa buka usaha bengkel komputer

  4. Bagi yang memiliki hobi atau minat utak atik komputer/laptop bisnis ini memang layak dijalankan. bisnis yang dijalankan karena hobi atau minat biasanya lebih langgeng

  5. Benar, usaha ini sangat menjanjikan. Apa lagi di kota kecil, karena kompetitor sangat sedikit , asal kita sering update software dan selalu meninggalkan kartu nama, Insya Allah loyalitas pelanggan akan tumbuh.

  6. Kebetulan sekali membaca artikel ini, saat ini saya juga menggeluti bidang ini. Persaingan sebenarnya adalah penyemangat kita untuk kreatif. Dengan persaingan maka kita bisa membedakan atau memberikan pelayanan plus bagi customer.
    Utk bisnis ini strategi yg bisa diterapkan utk menghadapi persaingan misal kita memberikan jasa reparasi jemput bola. Tinggal SMS dan sampaikan gejala kerusakan (utk mengantisipasi perangkat yang dibawa).
    bisa juga dengn servis plus. misal memberikan garansi, cepat menyelesakan (bisa ditunggu), install antivirus gratis (update bulanan bayar). Dan banyak lagi.
    Bisnis ini lebih enak di desa (kecamatan). Customer tidak rewel. Oh iya, tambahkan juga jual beli dan klo bisa internet biar putaran lebih terasa.

    salam sukses
    admin dari asakami.com (Profil UKM Pemalang)

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba