Reparasi Sepatu “Sol Sepatu”

sepatuSayang dengan sepatu kesayangan Anda, jika rusak tenang saja masih ada tukang sol sepatu yang siap membantu Anda. Walau tidak bisa seperti baru lagi tapi setidaknya bisa memperpanjang umur sepatu Anda. Sandal dan sepatu bola juga bisa diservis di tempat ini. Ada juga orang yang hanya ingin sandal atau sepatunya dijahit agar lebih kuat dan awet saat dipakai.Jika Anda jeli dan punya keseriusan, ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Tinggal bagaimana Anda mengemas usaha ini sebaik mungkin. Bagaimana tidak, setiap orang membutuhkan sepatu dan sandal dalam beraktifitas. Kerusakan pastilah akan terjadi dan ketika kondisi sepatu masih lumayan baik, maka tukang sol sepatulah tujuannya.Konsumen

Konsumen usaha sol sepatu mencakup semua orang dari  berbagai kalangan masyarakat. Sepatu anak, sepatu kets, sepatu kantor, atau sepatu sekolah menjadi sasaran pasar bisnis ini. Jika masih dimungkinkan, konsumen lebih memilih mereparasi sepatunya karena harganya lebih murah dibanding harus membeli sepatu baru lagi.

Info bisnis

Kemaslah usaha sol sepatu ini sebagus mungkin, dengan tempat yang strategis, tempat bersih tertata, harga yang terjangkau dan juga pelayanan yang professional. Jangan hanya seperti tukang sol sepatu yang biasanya tempat kecil, kurang tertata dan biasanya kurang bersih juga. Ingat tampilan dan pelayanan yang baik akan membuat pelanggan Anda puas dan akan menarik banyak pelanggan-pelanggan baru.

Jangan lupa, peralatan dan bahan yang akan dipakai haruslah lengkap atau bahkan Anda bisa menambahkan variasi-variasi sol yang menarik tentunya Anda harus beli sol yang sudah jadi dan tinggal dipasang.

Kelebihan bisnis

Bisnis sol sepatu merupakan salah satu bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil. Selain itu tidak memerlukan banyak peralatan, sehingga siapa saja bisa memulai bisnis ini. Yang terpenting adalah keahlian untuk menjahit, dan mereparasi sepatu yang rusak. Sehingga konsumen merasa puas dengan jassa reparasi sepatu yang diperolehnya.

Kekurangan bisnis

Saat ini jasa reparasi sepatu sudah berkembang di berbagai lokasi, sehingga persaingan bisnis ini juga semakin ramai. Selain itu banyak juga pengusaha sol sepatu yang sengaja berkeliling di pemukiman warga untuk menawarkan jasa mereka. Sehingga persaingan bisnis sol sepatu keliling pun semakin ketat.

Pemasaran

Biasanya bisnis reparasi sepatu “sol sepatu” dipasarkan dengan membuka kios di pinggir jalan yang ramai dilalui orang. Atau bisa juga dengan cara berkeliling menawarkan jasa sol sepatu di pemukiman warga, sehingga konsumen yang membutuhkan jasa tersebut bisa memperbaiki sepatunya dari rumah.

Bagi pelaku bisnis sol sepatu yang membuka kios, bisa memasang spanduk besar di sekitar lokasi usaha, bertuliskan nama usaha dan jenis layanan reparasi sepatu yang diberikan. Dengan begitu masyarakat yang melewati jalan tersebut mengetahui keberadaan usaha Anda. Sehingga penyebaran informasi dari mulut ke mulut yang dilakukan oleh masyarakat, dapat membantu pemasaran bisnis Anda.

Kunci sukses

Kunci sukses bisnis jasa ini adalah berikan pelayanan yang tepat dan cepat. Yang dimaksud dengan tepat adalah memberikan reparasi sepatu yang berkualitas, sehingga sepatu dapat digunakan lagi. Selain itu pelayanan yang cepat juga disenangi para konsumen, karena sepatu yang mereka perbaiki ingin segera dipakai kembali. Semakin bagus kualitas jasa yang diberikan serta semakin cepat pelayanan reparasi sepatu, maka konsumen merasa puas dan tidak ragu lagi untuk kembali menggunakan jasa Anda.

Analisa Usaha

Modal Awal
Biaya sewa tempat (setahun)                                  Rp 4.000.000,.
Biaya peralatan (paku, jarum, pukul, dll)                    Rp   100.000,.
Bahan baku (Sol, benang, bahan buat menambal)                Rp 1.000.000,.+
Total                                                        Rp 5.100.000,.

Biaya Operasional
Biaya listrik, tlpn dll                                      Rp   200.000,.
Kulakan bahan baku                                           Rp   500.000,.
Gaji karyawan 1 orang                                        Rp   800.000,.+
Total                                                        Rp 1.500.000,.

Omzet per bulan
(sehari 15 pelanggan @ 10rb)                                 Rp 4.500.000,.

Laba perbulan
Rp 4.500.000,. - Rp 1.500.000,.                        =     Rp 3.000.000,.

ROI (Return of Investment)
(modal awal : laba per bulan)                          =       1,7 Bulan

Sumber gambar : https://bisnisukm.com/uploads/2009/12/sepatu.jpg

2 Komentar

Comments are closed.