Resiko Utama Bagi Pemula Saat Memulai Usaha

resiko usahaSaat Anda memulai usaha milik sendiri, pastinya Anda akan merasakan semangat yang luar biasa. Ide-ide bisnis yang mulanya hanya ada di kepala, akhirnya dapat Anda wujudkan menjadi usaha nyata.

Mengapa demikian? Karena memulai bisnis milik sendiri tampak penuh dengan kesempatan yang bagus, inovasi serta mempunyai potensi tinggi. Namun, pada saat bersamaan pula memulai usaha sendiri juga akan dibayang-bayangi oleh berbagai macam resiko yang mengancam.

Oleh sebab itulah sebelum Anda memulai usaha sendiri, penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk tidak hanya mempersiapkan diri sendiri demi meraih keuntungan. Anda juga perlu mengidentifikasi berbagai macam resiko usaha yang mungkin terjadi.

Berikut ini adalah beberapa resiko utama bagi pemula saat memulai usaha.

Resiko produk

Tentukan produk apa yang akan Anda jual, apakah barang atau jasa. Menjelaskan mengenai produk apa yang Anda jual memang mudah, namun untuk memulai bisnis sendiri Anda harus menjelaskan hal lain lebih dari itu. Misalnya mengapa produk Anda penting? Apa yang membedakan antara produk Anda dengan yang lainnya? Masalah apa yang akan diselesaikan dengan hadirnya produk itu?

Resiko seperti itu sebenarnya dapat Anda kontrol. Yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan bahwa produk Anda melayani pasar yang cukup besar dan mempunyai peluang bisnis yang bagus dalam pasar tersebut. Dalam hal ini Anda juga disarankan untuk melakukan sebuah riset terlebih dahulu untuk memastikan apakah produk Anda mempunyai daya jual dan daya saing.

Resiko pasar

Ketahui terlebih dahulu siapa target yang akan menjadi konsumen Anda, mengapa, bagaimana dan dimana mereka bisa mendapatkan produk yang Anda jual. Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai siapa target yang akan menjadi konsumen Anda dan apa kebiasaan mereka. Cari tahu juga informasi mengenai bagaimana Anda bisa memasuki pasar tersebut, apalagi di tengah-tengah kompetisi produk yang serupa.

Resiko financial

Masalah keuangan juga tak luput dari resiko utama yang akan dihadapi oleh pemula bisnis saat memulai usaha dan dapat membahayakan. Banyak dari para pemula bisnis yang gagal dalam menjalankan bisnis mereka karena tidak mempunyai rencana keuangan yang benar-benar matang.

Pastikan bahwa sebelum memulai bisnis Anda memiliki rencana bisnis yang lengkap termasuk rencana keuangan yang diantaranya adalah modal, promosi, budget hingga target pendapatan. Kemudian kalkulasikan juga seumpama Anda tidak bisa mencapai target yang diinginkan.

Resiko tim

Dalam membangun bisnis baru, pastinya selalu ada kemungkinan terjadinya perpecahan dalam satu tim atau bisa juga tim kurang mendukung dengan jalannya bisnis Anda. Nah agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, penting bagi Anda untuk bisa memastikaan kedekatan sebuah tim, apalagi dalam bisnis yang masih tergolong baru biasanya perusahaan belum memiliki anggota tim yang banyak. Selain itu, kembangkan juga komunikasi yang terbuka, dimana para anggota tim dapat saling memberikan ide untuk bisa mengembangkan bisnis.

Resiko eksekusi

Banyak para pemula bisnis yang dapat membayangkan mengenai bisnis yang mereka jalankan, namun mereka gagal dalam mengeksekusi. Agar eksekusi dapat sesuai dengan apa yang Anda bayangkan, maka perhatikan pada setiap detail pekerjaan yang bisa menjadi salah satu solusi.

Sebagai seorang pengusaha, penting bagi Anda untuk bisa menyeimbangkan diri antara menjadi micro manager dan menjadi seorang pengatur strategi yang bisa melihat peluang bisnis bagus dan lain sebagainya dari jauh.

Saat menjadi seorang pengusaha, pastinya akan ada resiko bisnis yang bisa dan yang tidak bisa Anda kontrol. Yang pasti adalah Anda sebagai pemula bisnis harus mempersiapkan diri untuk selalu siap menghadapi berbagai resiko usaha. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Salam sukses!

Sumber gambar : http://analisiseinterpretaciondeestadosfinancierosunivia.files.wordpress.com/2014/06/anc3a1lisis-volumen.jpg

3 thoughts on “Resiko Utama Bagi Pemula Saat Memulai Usaha”

  1. luar abiasa, semangat baru tumbuh kembali setelah membaca artikel anda.
    trimakash banyak atas masukannya,
    sukses selalu untuk kita semua.

    Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Bapak/ Ibu dalam membangun bisnis. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba