Rujak Es Krim Buatan Sendiri

warung rujak es krimSiapa tak kenal rujak es krim?? Santapan yang berisi berbagai macam buah ini banyak diminati masyarakat. Apalagi sekarang banyak dan mudah kita temukan di pinggir-pinggir jalan.

Cara menikmati jajanan ini pun sesuka selera, ada yang menambahkan roti tawar, wafer, dan lain-lain. Versi lain yang akan menambah kelezatan makanan ini adalah rujak es krim yang ditambahkan susu kental manis coklat di atasnya.

Tempat yang cukup populer menikmati Rujak Es Krim ini adalah di kompleks alun-alun Pura Pakualaman. Salah satunya warung milik Mbak Siti. Usaha yang sudah dirintis 20 tahun yang lalu oleh sang Ayah, ternyata masih bertahan dan tetap diminati pelanggannya hingga kini. Bahkan banyaknya penjual Rujak Es Krim, yang kini semakin bertebaran tidak membuat Mbak Siti merasa tersaingi. Karena ia yakin, konsistensinya dalam menjaga kualitas buah, es krim dan bumbunya adalah prinsip dasar untuk mempertahankan bisnis ini.

Bisnis ini merupakan contoh peluang usaha dengan modal kecil, namun memberikan kuntungan yang lumayan. Mbak Siti mengaku dalam satu hari, ia bisa menghabiskan 1 tabung es atau setara dengan 250 porsi rujak es krim, dengan harga Rp. 2.500,00 per porsi.

Anda juga boleh ikut bersaing dalam bisnis ini, walaupun sudah banyak yang menekuni, tapi jika anda jeli dalam menginovasi resep sederhana ini, tidak menutup kemungkinan anda akan meraup keuntungan dari usaha ini.

Nah, untuk langkah awal ada baiknya jika anda mencoba dulu sendiri dalam porsi kecil. Sambil memikirkan inovasi-inovasi baru yang  luar biasa.

rujak es krimContoh Resep Rujak Es Krim

Bahan:

Buah-buahan yang diserut

 

Bahan Bumbu Rujak:

– cabe merah (sesuai selera)

– cabe rawit (sesuai selera)

– 2 sdt terasi goreng

– 70 gram Gula jawa

– 1 sdm Asam

– 100 ml air matang

Bahan untuk membuat Es Puter:

– 1 liter santan kental

– 1 lembar daun pandan, potong-potong

– 150 gram gula pasir

– 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan 3 sdm air

– 200 gram kelapa muda, cincang halus

Cara Membuat Es Puter

1. Didihkan santan bersama garam, daun pandan, dan gula pasir sampai matang, aduk-aduk santan supaya tidak pecah

2. Masukkan larutan maizena, aduk rata lalu angkat dan dinginkan

3. Buang daun pandannya, lalu tambahkan kelapa muda

4. Masukkan ke ice cream maker lalu proses sesuai petunjuknya.

5. Sajikan dengan pelengkapnya

Cara Manual Membuat Es Puter

1. Setelah langkah no.3 di atas, simpan es puter dalam kontainer di freezer selama 5 jam atau sampai mulai beku

2. Haluskan dengan mixer/ keruk dengan sendok sampai hancur

3. Simpan lagi di freezer sampai beku

4. Ulangi langkah no.2 dan no.3 beberapa kali sampai es puter menjadi berbutir halus

 

sumber gambar: http://farm4.static.flickr.com/3246/2871039847_baf7e91889.jpg

38 Komentar

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, untuk informasi ice cream maker. Ibu Asri bisa menghubungi Aneka Mesin dengan alamat sebagai berikut :
      PT. KHALIFAH NIAGA LANTABURA
      Jl. Magelang KM. 13
      Triharjo Sleman Sleman – Yogyakarta
      Telp :(0274) 6945 660 / Fax:(0274) 869 720
      Email : support@anekamesin.com

      Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      • As.mualaikum sahabat usaha… mohon minta gambar dan daftar harga mesin ace crim nya… trimakasih…

      • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk informasi mesin Bapak Anif dapat menghubungi customer servis Anekamesin.com melalui call center : 081 227 799 912 / 085 743 366 688 / 085 227 746 362 / 087 891 202 010. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  1. hi,
    boleh info alat ice maker’a..
    Aq sdh lma g krj, sdh byk coba wira usaha tp blm ada yg goal..
    ‘n klo boleh share, mohon kiat sukses dbisnis ini..
    Thx

  2. Assalamualaikum..
    saya jg minat neh usaha ginian, kmaren k jogja sempet nyicipi.. maknyos gan.. tp kemaren coba2 buat es krimnya,hasil es puternya kasar.. bisa minta resep lengkp nya gak yoh? mungkn yg sekitar cikarang udah ada belum,saia mau belajar.

  3. Assalamuallaikum,.saya ingin usaha rujak eskrim ini,.bisa di bantu tahapan2nya dan pembelian alat2nya dimana, seperti alat serut buahnya, tempat menaruh eskrim nya dan lain-lain…
    terima kasih banyak…

    salam sukses

    wassalammuallaikum…

  4. hai….saya ada rencana buka usaha rujak es krim,mau nanya untuk beli ice makernya dmn ya?TERIMA KASIH & SALAM SUKSES UNUK SEMUA..

  5. Aku juga mau usaha rujak es krim boleh saya tahu belanja peralatannya dimana?? seperti ice cream maker & yg lainnya. Terima kasih sebelumnya… Salam SUKSES UTK KITA SEMUA…..
    Tato, Jakarta

  6. mohon infonya juga untuk alat membuat es puternya.. dimana saya bisa membelinya dan berapa harganya..

    terima kasih..

  7. mohon dikirimkan informasi mengenai harga mesin2 es krim utk industri rumah tangga dan dimana bisa dibeli mesin tsb. Apakah ada juga tersedia yg ukurannya portable/kecil ? yg buka utk konsumsi, bukan utk produksi.
    terimakasih sebelumnya.

  8. Assalamuallaikum,.saya ingin usaha rujak eskrim ini,.bisa di bantu tahapan2nya dan pembelian alat2nya dimana, seperti alat serut buahnya, tempat menaruh eskrim nya dan lain-lain…

    terima kasih banyak…

    salam sukses

    wassalammuallaikum…

  9. ya… boleh lah semua bisa saja memakai resep masing masing. tapi kalo mau belajar bikin es krim puter yang tradisional yang lembut bisa hubungi saya 02746670821 dijamin tanpa pelembut ataupun pengawet. oke makasih.

  10. mau tanya.. ice cream maker dapat dibeli dimana di sekitar jabotabek? harganya berapa ya kira2.
    thanks

  11. hai….
    mau tanya nih,bagai mana cara membuat es krim tanpa menggunakan mesin tapi hanya menggunakan panci yang besar dan panjang yang cara penggunaanya di putar selama dua jam,yang saya mau tanya kan bagai mana cara membuatnya/proses membuatnya.
    soalnya dulu pernah melihat d tv hanya sambil lewat saja jadi saya mohon bantuanya.
    terimakasi.

    wasalam dari kalimantan tengah

  12. trims bu buat bahannya. izin bu saya coba buat dirumah kl hasilnya bagus mau saya bisniskan. smg usaha ibu berkah

  13. Sepertinya belum ada yang seperti ini di daerah saya. Boleh tanya juga tempat jualan es krim makernya? Terima kasih sebelumnya

  14. mau tanya, es krim makernya bli dmn?
    terima kasih

    Untuk penjelasan es krim maker, telah kami kirmkan melalui alamat email Ibu Widia. Semoga adpat membantu usaha yang akan Ibu jalankan. Terimakasih. Salam sukes.

  15. Hi..
    Mau tnya nh lo nyari es krim maker dmana ya?mahal g harganya?aq jg pgn ush nh..
    Thanks

    Hi juga….
    Untuk alamat tempat pembelian es cream maker, sudah kami kirimkan melalui email sdri Wulan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu usaha yang akan dijalankan. Terimakasih.
    Salam sukses

  16. aku pernah tiggal di Yogya dan aku suka banget jajan rujak es krim 16 tahun yang lalu sekarang aku pingin usaha ini?……..dan aku juga pingin kenalan dengan mba Siti.

    Salam,
    Chumaidah (021) 989 09567

  17. aslm mas . dl waktu masih kuliah di yogya . sering bgt aku makan rujak es krim di JAKAL depan PLN. sekarang aku ditugaskan di jambi jd pengen jg buka usaha itu . MATURNUWON SANGET. WSLM

  18. Inspiratif sekali, bahasan detail, semoga berguna bagi rekan-rekan yang hobi rujak supaya bisa “Merubah Hobi Menjadi Bisnis”.
    Sukses buat Mbak Siti dan Pebisnis “Rujak”.

    salam,

  19. wah ide yang bagus …
    soalnya di tempat saya blm ada yang seperti ini …

    ^^ thanks bro …

  20. ketika mau berinovasi, bisnis yang banyak pesaing kayak bisnis ini, dapat kita menangkan
    .RESEP YANG BAGUS

Comments are closed.