Manajemen UKM

Saatnya UKM Naik Kelas, Siapkan 4 Hal Ini Agar Bisnismu Tak Tergilas!

industri gula semut saatnya naik kelasSetiap pelaku usaha pasti menginginkan bisnis yang dirintisnya bisa terus tumbuh dan berkembang, syukur-syukur bisa naik kelas ke level bisnis yang lebih tinggi lagi. Tak terkecuali mereka yang saat ini masih berkutat di sektor usaha kecil menengah (UKM).

Meski saat ini usaha yang dirintisnya masih sebatas usaha rumahan, tapi para pelaku UKM Indonesia juga memimpikan suatu hari nanti usahanya bisa naik kelas ke level industri yang lebih besar. Apa kamu juga punya mimpi yang sama seperti sebagian besar pelaku UKM lainnya?

Untuk mengawali satu usaha hingga tumbuh besar ke level industri, memang bukan perkara mudah. Bukan hanya modal uang, tenaga, dan pikiran saja yang bakal terkuras habis. Tapi, bukan berarti UKM harus berhenti bermimpi dan pasrah dengan kondisi usaha saat ini.

Memastikan usaha bisa terus berjalan setiap hari, tidaklah cukup untuk naik ke level industri yang lebih tinggi. Sedikitnya ada empat aspek penting yang perlu kamu persiapkan dengan matang, agar usahamu tak tergilas industri besar. Apa saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini!

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

1. Lengkapi Ijin Usaha untuk Memperluas Pasar

Kendati urusan ijin usaha terkadang regulasinya masih cukup rumit bagi pelaku UKM, tapi ini bukan alasan tepat untuk tidak melengkapi usahamu dengan legalitas resmi dari pihak terkait. Pasalnya sekarang ini untuk bisa masuk ke pasar ritel modern, harus mengantongi ijin usaha resmi seperti PIRT atau BOPM, halal MUI, barcode, dan lain sebagainya.

Jangan sampai karena ijin usaha yang belum lengkap membuat produkmu tak bisa masuk pasar ritel modern. Jadi, agar produk-produkmu tak semakin tergilas buatan pabrikan, mulai sekarang cari tahu ijin apa saja yang dibutuhkan untuk jenis usaha yang kamu jalankan saat ini. Contohnya untuk industri skala rumah tangga bisa mulai melengkapi produk dengan ijin PIRT.

2. Tinggalkan Bungkus Polosan dan Siapkan Kemasan Produk yang Menjual

Salah satu hal sepele yang sering dibaikan pelaku UKM adalah kemasan produk. Sampai saat ini belum banyak pelaku usaha yang sadar akan pentingnya kemasan produk. Yang penting dibungkus plastik atau kertas rapat, produk tidak rusak, harga kemasan murah, sudah jadi standar paten bagi para pelaku usaha.

Padahal, fungsi kemasan tidak hanya untuk melindungi produk tapi juga sebagai media branding untuk memperkenalkan merek atau nama produk kita ke kalangan masyarakat luas. Bagaimana cara konsumen mengenali produk kita di pasaran jika kemasan yang digunakan polos tanpa nama, logo brand, ataupun gambar pendukung lainnya yang menggambarkan ciri khas produk kita. Bila pasar yang dikuasai semakin luas, tentu omzet yang didapat juga ikut meningkat.

Jika kamu tidak punya kemampuan untuk membuat desain kemasan produk yang menjual, jangan khawatir sekarang ini banyak penyedia jasa pembuatan kemasan yang bisa kamu gandeng. Salah satunya saja seperti Dikemas.com yang tidak hanya melayani jasa pembuatan desain kemasan tapi juga bisa memberikan solusi kemasan bagi UKM yang ingin naik kelas ke level industri.

3. Mulai Memikirkan Pengadaan Mesin UMKM untuk Mengoptimalkan Operasional Kerja

Untuk bisa tumbuh menjadi industri yang lebih besar, peningkatan kapasitas produksi jadi PR utama yang harus dipikirkan para pelaku UKM. Jangan sampai kapasitas produksi yang masih terbatas justru menjadi satu kendala bagi usahamu untuk naik kelas.

Permintaan pasar yang tinggi jika tidak dibarengi dengan ketersediaan produk yang stabil, hanya akan membuat bisnismu jalan ditempat tanpa ada peningkatan. Untuk mengantisipasinya, sedini mungkin mulai pikirkan pengadaan mesin UMKM untuk mengoptimalkan kinerja usahamu. Mulai dari mesin untuk kebutuhan produksi sampai mesin kemasan otomatis yang memudahkan pelaku industri untuk mengemas produk dalam jumlah besar dengan kurun waktu yang sangat singkat.

4. Jangan Tutup Mata dengan Peran Internet, Rambah Pasar Global Lewat Pemasaran Online

Terakhir, jangan tutup mata pada perkembangan teknologi. Peran internet yang luar biasa, jangan kamu sia-siakan begitu saja. Jangkauan internet yang tanpa batas, memudahkan para pelaku industri untuk tembus pasar ekspor dengan cara yang semakin mudah.

Bahkan sekarang ini pembelian produk sudah tidak terbatas oleh jarak dan waktu. Siapa saja, kapan saja, dan dimana saja konsumen bisa melakukan pembelian produk dengan cara yang sangat mudah melalui transaksi online. Terbukti, inovasi pemasaran online ini memudahkan UKM menyasar segmen atas.

Jadi, tunggu apalagi? Jangan mau bisnismu tergilas, dan segera buat perubahan agar usaha kecil yang kamu jalankan bisa naik kelas ke level industri yang lebih besar!