Sampai Sekarang Bakso Masih Jadi Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan!

sampai-sekarang-bakso-masih-jadi-bisnis-kuliner-yang-menguntungkan

Bisnis makanan memang terdengar menggiurkan, apalagi kalau menu yang dijual merupakan makanan yang hampir disukai semua orang. Contohnya saja bakso, bakso digadang-gadang menjadi makanan yang hampir semua orang suka, tentunya kecuali mereka yang tidak menyukai daging sapi. Bakso memang terasa lezat jika bumbu dan olahannya pas, apalagi jika disantap dalam keadaan masih panas. Ini merupakan salah satu bisnis kuliner yang menguntungkan!

Jika Anda sudah mantap akan menjalankan bisnis kuliner bakso, maka ada beberapa tips yang harus diketahui dan mungkin dilakukan kedepannya. Menjalankan bisnis kuliner yang menguntungkan seperti bakso jangan dianggap sepele atau sekedar memasak bakso lalu dijual kembali.

Tips Sukses Bisnis Kuliner Bakso

Siapkan catatan dan simak beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis bakso berikut.

1. Menyediakan Tempat Yang Nyaman

Tempat yang nyaman adalah faktor penting penentu mampir tidaknya orang mampir ke suatu tempat kuliner. Mungkin ada di luar sana yang hanya memperhatikan cita rasa saja. Namun ada banyak konsumen diluar sana yang pastinya memilih tempat makan yang nyaman, bersih, serta higienis. Rumah makan atau tempat makan yang terlihat bersih atau benar-benar bersih pasti akan lebih dipilih dibanding tempat makan yang kurang bersih.

Selain kebersihan, ada hal lain yang bisa Anda terapkan demi menarik perhatian konsumen. Anda bisa sediakan tempat makan yang berdesain interior bagus. Artinya, tak perlu mahal-mahal untuk memilih furnitur-furnitur mewah, bisa dipilih furnitur sederhana yang jika Anda lebih kreatif akan menghadirkan nuansa ruang yang bagus. Tentukan sebelum berbelanja furniture untuk bisnis ini, apakah Anda ingin pembeli Anda nanti duduk di kursi, lesehan, atau justru memberi mereka dua opsi.

2. Menyediakan Lahan Parkir

Jika rumah makan bakso Anda terletak di pinggir jalan besar atau perbatasan kota rasanya wajib hukumnya untuk menyediakan lahan parkir yang luas supaya tetap laris. Benar saja, biasanya orang-orang yang melintasi perbatasan kota adalah mereka yang bersama keluarga. Dapat dipastikan mereka membawa mobil, bahkan mungkin banyak mobil sekaligus.

Tentunya mereka yang datang beramai-ramai tak akan memilih rumah makan yang lahan parkirnya sempit, bukan?

3. Pilih Lokasi Yang Tepat

pilih-lokasi-yang-tepat
sumber gambar: bisniskuliner.id

Jika saat ini Anda masih bingung memilih lokasi maka tak perlu khawatir lagi karena segera Anda temukan solusinya. Carilah sebesar mungkin peluang bisnis kuliner di sini dengan memilih lokasi yang tepat. Anda bisa memilih lokasi di perbatasan kota yang mana besar kemungkinannya akan laris karena orang butuh tempat untuk istirahat sekaligus makan.

Namun demikian tetap boleh-boleh saja memilih lokasi yang jauh dari jalan raya. Hanya saja perlu diketahui untuk tidak membuka bisnis ini di tempat yang berdekatan dengan kompetitor. Sudah bisa kita ketahui dengan pasti bahwa kompetitor berpeluang besar menarik perhatian konsumen, apalagi kompetitor sudah buka bisnis lebih dahulu, maka menjadi agak sulit untuk merebut minat orang supaya memilih kita.

4. Memilih Nama Yang Unik

Nama bisnis juga berpengaruh terhadap larisnya bisnis kita. Bahkan bisa dikatakan semakin unik nama bisnis akan semakin mudah diingat orang dan akhirnya semakin besar peluang untuk mendapatkan konsumen yang banyak.

Meski begitu, tetap pilihlah nama yang sederhana saja supaya lebih mudah dihafal orang. Bahkan Anda sendiri bisa memilih nama Anda untuk dijadikan nama bisnis kuliner bakso ini. Jika bisnis Anda sudah meroket maka akan nama Anda lah yang diingat masyarakat.

5. Selalu Kedepankan Kualitas Bahan

Memang benar adanya tidak ada orang yang tahu bahan atau daging apa yang Anda gunakan karena mereka tak berhak mengunjungi dapur. Namun demikian alangkah lebih baiknya jika bahan yang digunakan berkualitas dan tetap halal.

Kita memang tidak membicarakan syariat agama di sini yang mana melarang makanan yang haram dan membolehkan makanan yang halal, namun dengan menyajikan makanan halal serta berlindung di bawah tag halal maka bisnis kita akan lebih dipercayai orang.

Selain halal, pastikan juga untuk menggunakan bahan-bahan yang masih bagus dan segar. Hanya gunakan daging yang masih segar saja untuk menghasilkan olahan bakso yang enak. Soal resep memang terserah Anda, namun cita rasa bakso akan lebih enak apabila rasio tepung dan dagingnya lebih banyak daging.

6. Sediakan Pilihan Menu Yang Lengkap

Hal ini bersifat opsional, namun tetap menjadi salah satu tips suksesnya bisnis kuliner bakso. Tak hanya menu sekedar bakso sapi saja, Anda bisa menjual bakso berukuran besar yang mana bisa diberi judul yang unik. Bisa juga Anda sediakan berbagai pilihan minuman supaya pelanggan lebih betah berlama-lama.

Mereka yang menjalankan peluang bisnis kuliner bakso biasanya hanya menjual menu minuman berupa es teh, teh panas, jeruk panas, es jeruk, dan air putih. Kali ini bisa ditambahkan menu minuman lain seperti es dawet, jus buah, kopi, dan lainnya.

Tips Lain Yang Bersifat Opsional

Selain beberapa tips di atas tetap saja ada tips lain yang sifatnya sangat opsional, terutama soal lokasi. Selain memilih lokasi bisnis di perbatasan kota, Anda tetap saja bisa memilih lokasi bisnis di sekitar kampus, pasar, atau pusat perbelanjaan. Namun demikian, jangan lupa untuk menyesuaikan modal yang ada dengan harga sewa lokasi bisnis tersebut.

Selain lokasi ada tips opsional lain yang ada pada bisnis bakso yang menguntungkan ini. Adapun tips tersebut adalah menawarkan promosi. Bisa ditawarkan promosi berupa potongan harga di awal-awal bisnis dibuka, hal ini juga bertujuan untuk mengenalkan bisnis kuliner bakso Anda kepada masyarakat. Bisa juga dipilih promosi adanya harga spesial di jam-jam tertentu, tentunya hal ini akan lebih disukai pembeli daripada tempat makan lain yang tak menyediakan promosi.

Menomorsatukan cita rasa adalah tips opsional selanjutnya yang cukup ambil peran di sukses tidaknya sebuah bisnis kuliner yang menguntungkan ini. Buatlah resep yang mana bisa dicoba-coba sebelumnya untuk menghasilkan sebuah sajian bakso yang enak dan lezat. Jika Anda cukup kesulitan dalam membuat resep bakso yang enak maka Anda bisa meminta tolong orang di sekitar yang ahli soal makanan atau tata boga.

Soal harga memang ditentukan terserah oleh pebisnis yang mana dalam hal ini adalah Anda sendiri. Kami yakin sebelumnya Anda telah menentukan modal dan dana yang dikeluarkan untuk memulai bisnis sehingga bisa menentukan nominal tertentu sebagai harga seporsi bakso. Namun ketahuilah bahwa pembeli pasti akan menyukai harga yang terjangkau, sehingga sebisa mungkin pasanglah harga seterjangkau mungkin sehingga banyak diminati orang. Jika Anda kesulitan mematok harga maka Anda bisa melakukan survei terkait harga yang dipasang bisnis kuliner bakso lain.

Buktinya Bisnis Bakso Masih Jadi Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan

buktinya-bisnis-bakso-masih-menguntungkan
sumber gambar: dream.co.id

Coba saja Anda buktikan antara perselisihan modal dengan pemasukan di bisnis kuliner yang menguntungkan ini. Pasti tetap tersisa untuk menjadi laba bukan? Apalagi jika Anda mengikuti beberapa tips di atas, pastinya peluang bisnis kuliner bakso Anda akan berjalan dengan lancar dan memiliki banyak peminat yang mana mendatangkan laba yang besar.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba