Peluang Bisnis, Peluang usaha

Sanggar Batik Kalpika

sanggar-batik-kalpika-2

Pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa untuk tiap daerah dan menjadi wisata budaya yang wajib dilestarikan. Jogja sebagai kota budaya meninggalkan warisan budaya yang cukup terkenal, salah satunya warisan budaya Jogja yaitu batik. Dewasa ini motif dan produk batik berkembang sesuai dengan perkembangan jaman.

Penulis berhasil wawancara dengan salah satu pengusaha batik Ki Purnama Hadi S.Pd. Bersama saudara-saudaranya, beliau mencoba meneruskan usaha dan tradisi keluarga dalam membuat kerajinan batik tulis yang telah berjalan sejak 1970an. Usaha yang telah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu ini diberi nama sanggar batik “ KALPIKA ”, yang memiliki arti aKAL Pemuda Insan KrAton.

Konsumen

Karena potensi batik telah mendunia, konsumen sanggar batik Kalpika pun juga sangat luas. Dari mulai wisatawan domestic hingga wisatawan mancanegara tertarik dengan batik sanggar Kalpika. Karena selain berbelanja batik, disana mereka juga bisa mengikuti kursus batik yang didakan sanggar Kalpika. Hal itu memberikan nilai lebih bagi para konsumen untuk memilih batik sanggar Kalpika, disbanding batik lainnya yang ada di kota Jogja. Selain itu konsumen dari kalangan mahasiswa jurusan seni juga menjadi target pasar Ki Purnama Hadi S.Pd, karena banyak para mahasiswa yang datang ke sanggar untuk konsultasi mengenai tugas akhir seni batik yang mereka pelajari.