Inspirasi Bisnis, Video Bisnis

Sate Landak, Berani Coba Ide Bisnis Kuliner Rumahan Ekstrim Satu Ini?

menu sate landak

Sate landak adalah ide bisnis kuliner rumahan yang masuk dalam kategori ekstrim. Dilihat dari namanya saja udah ketahuan dong gimana ekstrimnya. Jika biasanya sate yang umumnya kita ketahui adalah sate ayam, sate kambing atau sapi. Sate yang satu ini menggunakan daging landak. Mendegarnya saja mungkin sudah sangat penasaran bagaimana rasanya bukan? Atau malah baru tahu jika daging landak bisa dikonsumsi?

Sate merupakan potongan daging yang ditusuk dengan menggunakan lidi tulang daun kelapa atau bambu yang kemudian dipanggang dan ditambahkan dengan bumbu. Membayangkannya saja sudah nikmat sekali, tak ada yang bisa menolak nikmatnya makanan yang satu ini. Tak heran jika sate sejak zaman dahulu menjadi kegemaran masyarakat Indonesia.

Kehadiran sate ini sejak dahulu sudah beragam mulai dari sate ayam, sapi, kambing, kelinci, ular, kuda, unta, buaya sampai landak. Beberapa sate yang disajikan tersebut masuk dalam ketegori kuliner extreme. Namun dibalik extremenya sajian kuliner tersebut masing-masing memiliki khasiat dan manfaat didalamnya. Begitu pula dengan sajian kuliner rumahan yang ditawarkan satu ini yakni sate landak. Kuliner yang satu ini bisa dibilang cukup baru karena belum banyak warung yang menyajikan olahan daging binatang nan imut ini.

Ide Bisnis Kuliner Rumahan Ekstrim Sate Landak

Hewan landak ini sudah tergolong langka, jadi inilah yang membuat kuliner ini unik dan punya penggemar tersendiri. Binatang berduri tajam dan panjang itu ternyata memiliki daging yang empuk, tidak kalah dibandingkan daging kelinci maupun daging kambing atau ayam. Enak dan gurih. Kami kebetulan berkesempatan untuk mencobanya, dan ternyata dagingnya empuk dan rasanya juga enak, jika Anda tertarik cobalah sesekali Anda mencicipinya.

Manfaat Daging Landak

Manfaat yang terkandung dalam daging landak ini cukup banyak diantaranya untuk megobati penyakit asma, mengobati penyakit hati, ekornya untuk peningkat vitalitas, kesehatan daya tahan tubuh dan juga dagingnya non kolesterol. Sehingga daging landak ini sangat aman untuk dikonsumsi karena dapat mengobati berbagai penyakit. Menurut penuturan penjual sate landak dan para pelanggannya, masalah benar apa tidaknya itu uji laboratoriumlah yang bisa memastikannya.

Kami tim Bisnisukm sempat meliput salah satu penjual sate landak di sekitar jalan Magelang. Pemilik sekaligus pengelola rumah makan ini bernama Nur Ika yang berasal dari Klaten. Sudah sekitar 2 tahun ini ibu Nur mencoba peruntungan di jogja untuk buka warung makan unik yang menyajikan sate landak sebagai cabang yang ada di Klaten.

Omzet Sate Landak

Harga satu porsi sate landak ini cukup terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 12.500 kamu sudah bisa menikmatai sate landak. Untuk sate hati dihargai Rp. 15.000,  rica-rica landak Rp. 15.000, rica-rica buntut Rp. 20.000 serta menu makanan lain yang berbahan baku landak dengan harga yang bervariasi pula. Tentu sangat bersahabat sekali yaa dengan harga yang ditawarkan tersebut?

Menurut pengakuan ibu Nur omzet yang bisa didapat pun cukup lumayan sekitar Rp 200.000 per harinya. Dengan keuntungan yang didapatkannya sangat cukup untuk biaya kuliah 2 orang anaknya yang kuliah di Jogja ini. Modal usaha yang dibutuhkan untuk mengelola sate landak ini pun tidak besar. Cukup dengan peralatan masak sederhana dan juga sewa tempat (6 juta/tahun).

Perolehan Bahan Baku

Bahan-bahan yang diperlukan seperti daging, hati, empedu, dan ekor landak di dapat dari para pemburu landak. Memang agak sulit untuk mendapatkan Bahan baku ini karena memang langka. Namun landak-landak ini biasanya berasal dari daerah Temanggung, Keteb, Wonosari, Baron, dan Boyolali.

Tidak perlu khawatir bagaimana cara membersihkan dan bagaimana cara menyembelihnya. Dari pemasok daging landak bahan yang di setor sudah berupa potongan-potongan daging yang siap olah. Jadi gak perlu kerepotan lagi untuk mencabuti duri-duri ditubuhnya yang tajam-tajam.usaha sate landak.

Konsumen

Meskipun sate yang satu ini terbilang cukup unik dan extreme namun jangan salah jika konsumennya cukup banyak. Bahkan saking terkenal karena unik dan estremanya konsumen sate landak ini biasanya datang dari kalangan menengah hingga atas. Tidak cukup sampai disitu untuk kalangan menengah bawah biasanya mereka beli hanya untuk obat dan peningkat vitalitas. Dengan melihat konsumennya yang mampu menembus semua kalangan masyarakat tentu kuliner ini dinilai cukup menarik.

Cara Menangkap Landak

Menangkap landak tidaklah mudah, banyak sekali yang harus dipersiapkan. Waktu persiapan dilakukan siang hari. Warga secara berkelompok, yang terdiri dari tiga hingga sepuluh orang, melakukan persiapan menjerat landak. Untuk menangkap landak, berbagai peralatan perlu dipersiapkan. Terutama kandang jebakan yang terbuat dari besi. Jebakan ini dibuat dengan ukuran cukup untuk menangkap landak dengan berat enam kilogram. Selain itu juga disiapkan umpan. Biasanya berupa umbi dari tanaman yang banyak terdapat di pekarangan rumah.

Landak biasanya membuat lubang sebagai sarangnya. Lubang sarang landak biasanya sedalam lebih dari 5 meter yang dibuat saling sambung menyambung. Untuk mengenali sarang landak, tinggal melihat timbunan tanah yang terdapat lubang. Kandang jebakanpun dipasang. Tidak lupa disiapkan umpan. Setelah jebakan dan umpan dipasang, para pemburu landak harus menjauh dari sarang. Karena landak tidak akan keluar sarang begitu mencium bau manusia.

Cukup sekian ulasan kami yang membahas menganai ide bisnis kuliner rumahan  sate landak yang merupakan salah satu kuliner extreme dan unik di Indonesia. Apabila kamu sedang mencari peluang bisnis yang menguntungkan, mudah dijalani serta unik sehingga pangsa pasarnya luas, mungkin bisnis tersebut bisa menjadi salah satu pilihan yang sangat cocok dan menarik untuk dicoba. Berbagai kemudahan dalam dalam menjalankan bisnis ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena bisnis ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan peluang usaha dengan modal kecil.

Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi buat kamu yang sedang cari peluang bisnis rumahan. Salam sukses !

 

 

Sumber : Tim Bisnis UKM