Segarnya Jualan Es Pisang Ijo di Bulan Ramadan !

Jualan es pisang ijo dibulan ramadan bisa jadi pilihan usaha sampingan yang menarik untuk mengisi waktu senggang. Sudah bukan hal baru lagi kalau ramadan selalu identik dengan aneka makanan takjil, salah satunya adalah es pisang ijo. Es pisang ijo ini jadi makanan yang selalu ada sebagai pelengkap berbuka puasa.

Tanpa kehadiran es yang satu ini rasanya berbuka puasa kurang lengkap. Es pisang ijo jadi salah satu kuliner lezat yang dimiliki Indonesia. Jika kamu pernah mencicipi es ini pasti sudah tahu betul rasanya. Perpaduan yang sangat cocok untuk melegakan tenggorokan dari rasa segar dan manis dari pisang ijo.

Makanan ini merupakan makanan kuliner khas dari Makassar namun sudah sejak lama jadi primadona yang disukai oleh masyarakat seluruh Indonesia. Es pisang ijo memang telah menyebar ke beberapa daerah di Indonesia dan mendapat sambutan cukup baik dari masyarakat. Sehingga dapat dengan mudah ditemukan dimana saja.

Mau Jualan Sama Es Pisang Ijo?

Es pisang ijo terbuat dari pisang raja atau kepok yang dibungkus dengan tepung terigu. Kemudian diberi santan dan air daun pandan atau pasta pandan sebagai pewarna. Disamping itu penggunaan pandan digunakan sebagai pengharum sehingga berwarna hijau, disajikan dengan saus yang diberi topping.

Seperti es serut, kacang goreng atau sangrai yang ditumbuk kasar dan sirup. Jadi kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau yang khas dari daun pandan. Es pisang ijo memang cukup popular di banyak daerah selain daerah asalnya di Makassar.

Kemungkinan besar di bulan ramadan ini, popularitas es pisang ijo akan semakin naik. Sama seperti makanan khas ramadan lainnya yang selalu dirindukan.  Rasanya yang segar, manis, dan mengenyangkan sangat cocok sebagai pelengkap berbuka puasa. Tidak ada salahnya apabila kamu mencoba mengambil peluang usaha es pisang ijo di saat bulan ramadan kali ini.

Menghadirkan es pisang ijo sebagai makanan berbuka puasa bisa menjadi suguhan baru yang menarik disamping kolak, es buah, bubur kacang hijau yang sudah biasa menjadi jajanan berbuka puasa. Usaha makanan memang akan selalu menarik untuk dilirik. Pasarnya jelas dan luas, tinggal bagaimana kegigihan usaha kita dan semangat untuk selalu berusaha mencari dan berkreasi.

Resep Pisang Ijo

Bahan Pisang Tepung :

  • 175 gr tepung beras, ayak
  • 1/2 sdt garam
  • 300 ml air
  • 1000 ml air daun pandan/suji
  • 50 gr tepung tapioka/sagu
  • 6 buah pisang raja matang

Bahan Saus Putih :

  • 800 ml santan (1 kotak santan kara & air 800 ml)
  • 50 gr tepung beras
  • 75 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 ikat daun pandan
  • Sirup Merah (sirup marjan cocopandan)
  • Es serut
  • Kacang tanah sangrai

Cara Pembuatan Pisang Ijo :

  1. Campurkan tepung beras, garam, air, air daun pandan, dan pewarna hijau, aduk rata. Jerang di atas api kecil hingga mendidih sambil aduk-aduk agar adonan tidak berbutir. Angkat.
  2. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga kalis. Biarkan dingin sebentar.
  3. Bagi adonan menjadi 6 bagian. Bulatkan dan tipiskan hingga 1/2 cm.
  4. Balut setiap pisang dengan adonan tepung beras hingga semua bagian tertutup rata.
  5. Kukus hingga matang skira-kira 15-20 menit.

Cara Pembuatan Saus Putih :

Campurkan santan, tepung terigu, gula pasir, daun pandan dan garam, aduk rata. Jerang di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga kental. Angkat. Aduk-aduk sampai agak dingin.

Penyajian :

Dalam penyajiaannya pisang raja yang terbungkus kulit berwarna hijau ini dipotong-potong. Ambil satu buah pisang ijo, potong-potong pisang, lalu letakkan di atas piring atau mangkuk. Tambahkan es serut, siram dengan sirop merah sebagai penambah rasa manis, beri saus putih, taburi kacang sangrai.

Sebagai kreasi agar berbeda dari yang lainnya sehingga lebih menarik bagi konsumen, kamu bisa menambahkan kurma, serutan keju, kismis, atau potongan buah-buahan seperti strawberry, nangka, durian dan lain-lain dalam penyajiannya. Perlu diingat juga selain keunggulan tampilan dan rasa produk, kamu juga perlu memperhatikan pemilihan tempat lokasi berjualan.

Pilihlah tempat yang strategis yang sering dilewati orang. Selain itu berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan kamu. Perhatikan juga bagaimana sikap kamu dalam berjualan. Jangan anggap remeh hal ini. Bersikap cekatan, ramah dan murah senyum saat berjualan akan membuat konsumen merasa nyaman dan ini bisa menjadi jurus jitu untuk membuat konsumen agar menjadi langganan tetap es pisang ijo.

Pemasaran Es Pisang Ijo

Booth Menarik

Untuk memulai usaha es pisang ijo ini cukup mudah, karena bisa dimulai dari skala kecil. Promosi yang digunakan pun bisa mulai dari yang mudah terlebih dahulu. Yakni dengan membuat tampilan booth atau banner dengan warna yang cerah menarik.

Jika warna yang kamu gunakan mencolok pasti akan mengundang rasa penasaran dan menarik perhatian para konsumen. Untuk mendukung promosi kamu bisa menambahkan mencetak brosur dan bisa kamu tempel dilokasi yang strategis.

Word Of Mouth

Disamping itu kamu juga bisa menerapkan strategi dengan kekuatan word of mouth. Strategi pemasaran “word of mouth” adalah pemasaran dari mulut ke mulut. Meski dianggap sebagai strategi pemasaran tradisional, namun cara ini cukup ampuh untuk meyakinkan para konsumen.

Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa 68% konsumen yang membeli produk, adalah orang yang mendapatkan informasi dari konsumen lain melalui cerita atau review dari satu orang ke orang lain.

Diskon

Selain cara diatas kamu juga bisa menggunakan cara yang satu ini. Yakni dengan memberikan diskon potongan harga tertentu dengan syarat membawa satu atau dua orang teman lainnya untuk membeli. Cara ini cukup ampuh untuk menarik para konsumen karena selain mendpaatkan diskon potongan harga,  biasanya orang akan tertarik membeli setelah mendapatkan review dari pembeli lain.

Inovasi Menu

Es pisang ijo yang kamu tahu isianya hanya itu-itu saja. Coba buat inovasi lain dengan menambahkan beberapa topping yang cocok dipadukan bersama dengan es pisang ijo. Misalnya saja tambahkan topping nangka, kacang merah atau bisa juga menambah kuah aneka rasa.

Dijamin pasti konsumen akan penasaran membeli. Jika rasanya enak dan menu yang kamu buat berbeda dari yang lain, bukan tidak mungkin jika akhirnya banyak yang tertarik membeli juga.

Kemasan Cantik

Kemasan yang menarik hati para konsumen adalah kemasan yang cantik dilihat. Kebanyakan konsumen tertarik untuk membeli karena kemasan makanan lucu. Sehingga perlu untuk meningkatkan kualitas kemasan agar terlihat lebih mewah.

Selain digunakan sebagai daya tarik konsumen, kemasan juga berfungsi sebagai media informasi bagi para konsumen. Sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan produkmu. Biasanya informasi yang dicantumkan dalam kemasan adalah logo, nama brand, gambar, informasi tambahan lainnya.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara memulai jualan es pisang ijo makanan khas ramadan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan menjadi referensi bagi pembaca. Selamat mencoba!

Ikuti terus informasi menarik seputar peluang usaha dan lainnya hanya di BisnisUKM.com

37 Komentar

    • bisa share di kami untuk pembuatan pisang ijo agar tidak lengket dll
      email kami di infojustmine@gmail.com

      Reply
    • modal promosi khusus ramadhan ada email gan kita bisa email proposal dan langkahnya atau bisa email ke infojustmine@gmail.com
      kami akan menjawab seluruh pertanyaan yang anda minta
      salam sukses selalu

      Reply
  1. bos klo pake santan kara pasti rasa sumsumnya gak enak krn rasa kara pengawetnya banyak jd klo pake santan asli pasti jauh lebih mwanthap…ini berdasar pengalaman gw hobi masak pisang ijo lebih 10 th hehe…

    Reply
  2. kebetulan saya lg cari prospek usaha dibulan puasa. Untuk pisang ijonya boleh tuh dicoba nanti. thanks

    Reply

Leave a Comment