Inspirasi Bisnis

Segarnya Usaha Minuman Dingin Tebu, Hasilkan Jutaan Rupiah!

segarnya-usaha-minuman-dingin-tebu-hasilkan-jutaan-rupiah

https://www.instasaver.org/

Usaha minuman dingin di musim yang panas ini tentunya sangat berpeluang. Segala jenis minuman apapun pasti laris manis dan menjadi incaran para penikmat minuman. Apalagi minuman dingin yang manis jika diminum pada siang yang terik sungguh sanggat segar dan menyejukkan. Siapa yang tidak mengenal tebu? Tanaman yang satu ini terkenal rasanya yang sangat manis dan  biasanya digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan gula pasir. Tebu tumbuh subuh di daerah Indonesia. Sehingga tidak sulit mendapatkan tumbuhan yang satu ini. Tebu memiliki ciri khas batang yang tinggi menjulang yang mana dalam batang tersebut berisi air yang manis dan segar. Selain rasanya yang manis tebu ini termasuk dalam tumbuhan herbal. Air tebu ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan dipercaya dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Minuman Dingin Tebu Untuk Kesehatan

  1. Mengobati penyakit ginjal
  2. Menyembuhkan penyakit kuning
  3. Menyembuhkan infeksi
  4. Meredakan flu dan batuk
  5. Mencegah kanker
  6. Merawat kulit
  7. Menurunkan kadar kolesterol
  8. Mengelola stres
  9. Membantu engatasi susah tidur
  10. Mengendalikan tekanan darah
  11. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
  12. Pengganti gula pasir untuk penderita diabetes
  13. Menambah energi

Dengan berbagai manfaat dari kandungan tanaman tebu yang kaya akan nutrisi ini menjadikan minuman ini salah satu minuman herbal yang patut untuk dikonsumsi jangka panjang.

Maka tak heran minuman dingin tebu ini menjadi salah satu jenis minuman segar yang kini sedang trending dikalangan masyarakat kita. Bukan hanya karna rasanya yang segar, manis dan melegakan namun juga karena manfaat yang terkandung didalamnya. Sehingga menjadikan minuman tebu ini salah satu minuman yang paling dicari dan aman untuk dikonsumsi masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Peluang Usaha Minuman Dingin Tebu

Usaha minuman ini bisa menjadi usaha yang menjanjikan apabila ditekuni dengan sungguh-sungguh. Tentu dengan adanya berbagai inovasi akan membantu usaha minuman anda semakin diminati para masyarakat. Semakin berkembangnya berbagai inovasi minuman-minuman kekinian yang bermunculan kini anda juga harus melihat peluang tersebut. Untuk dapat bersaing dan bertahan dalam menjalankan sebuah usaha pun tidak mudah. Perlu adanya usaha untuk mengembangkan inovasi dan terus mengasah kreatifitas. Salah satu caranya dengan memberikan inovasi aneka rasa.

Itulah yang menjadikan minuman tebu ini salah satu usaha yang menjanjikan. Disamping banyaknya peminat akan minuman herbal ini, usaha minuman ini dinilai dapat memberikan keuntungan yang cukup fantastis. Maka tidak heran lagi  jikalau banyak sekali saat ini para pelaku usaha yang terjun untuk mengeluti usaha minuman yang satu ini. Semakin banyaknya inovasi minuman yang bermunculan dengan berbagai macam rasa dan beragam namun pada kenyataanya minuman ini tetap masih dapat bersaing. Meski beberapa tahun terakhir sempat menurun minat masyarakat akan minuman ini namun kini telah berubah. Para masyarakat mulai menyadari akan manfaat yang baik pada minuman ini. Maka memilih mengkonsumsi minuman dingin tebu yang sehat dan menyegarkan ini akan berdampak baik untuk kesehatan.

Hal tersebut akan semakin membuat usaha minuman dingin ini memiliki prospek yang cerah. Untuk menjalankan usaha ini pun cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan modal usaha yang besar. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk ikut serta mencicipi manisnuya meraih keuntungan dengan menjajal usaha minuman dingin tebu ini?? Apabila anda berminat menjalankan usaha yang satu ini ada beberapa hal yang perlu diketahui lebih dalam lagi mengenai gambaran usaha ini. Salah satunya yaitu mengetahui cara pembuatan minuman tebu.

Cara Membuat Minuman Dingin Tebu

Bahan-bahan :

  • Tebu segar 1 kg
  • Gula pasir secukupnya
  • Air mineral secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • Varian sirup (anggur, jeruk, strawberry, melon, vanili, blackcurrant)
  • Nata de coco
  • Jelly varian rasa
  • Jeruk nipis

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama potong-potong tebu menjadi berukuran 1 meter
  2. Setelah selesai dipotong maka kupas kulis dan bersihkan dengan menggunakan air bersih
  3. Kemudian giling tebu dengan menggunakan mesin penggiling untuk diambil air sarinya
  4. Saring hasil perasan air tebu yang telah digiling tersebut agar terpisah dengan ampasnya
  5. Campur air tebu dengan berbagai varian rasa sirup sesuai selera dan tambahkan beberapa topping nata de coco ataupun jelly yang dipotong-potong kecil.
  6. Setelah itu tambahkan sedikit air dan potongan es batu yang telah dihancurkan.
  7. Terakhir tambahkan potongan jeruk nipis untuk menambah kesegaran
  8. Minuman dingin tebu varian rasa telah siap dinikmati

Itu tadi cara membuat minuman dingin tebu varian rasa yang bisa coba anda terapkan. Begitu mudah bukan cara membuatnya? Namun itu saja tidak cukup menjadi modal untuk menjalankan usaha minuman tersebut. Ada beberapa aspek yang perlu untuk diketahui.

Tips Memulai Usaha Minuman Dingin Tebu

  1. Produk Berkualitas dan Higienis

Menjual minuman yang berkualitas tentu menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Maka pilihllah bahan baku yang berkualitas tinggi dan higienis agar tidak menurunkan kualitas dan rasa. Tentu saja kualitas dan higienisnya suatu minuman menjadi perhatian khusus untuk menjaga kesehatan konsumen. Apabila anda menyediakan minuman yang sehat dan berkualitas tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk itu gunakan bahan-bahan yang sehat yang tanpa pengawet demi menjaga kandungan nutrisi yang terkandung dalam minuman tersebut. Tak hanya itu menjaga higienis suatu minuman juga perlu diperhatikan agar aman dan menghindari minuman agar tidak terkontaminasi oleh bakteri.

  1. Kemasan Menarik

Kemasan yang baik dan menarik tentu akan membantu menarik perhatian para konsumen. Maka pastikan apabila kemasan anda menarik bagi para konsumen dan calon konsumen. Dengan adanya kemasan yang menarik tentu akan meningkatkan penjualan. Pilih desain kemasan yang simpel, elegan, unik dan tentunya menarik. Dengan begitu konsumen tidak hanya tertarik dengan minuman sehat tersebut namun juga menyukai kemasan yang tidak membosankan.

  1. Kemasan Yang Sesuai

Pilih kemasan yang sesuai dan pas ukurannya untuk jenis minuman ini. Agar tidak terlalu kebesaran maupun kekecilan. Sehingga sesuai dengan isi didalamya. Jika minuman yang dikemas membutuhkan tambahan es dan topping gunakan yang sesuai standart.

  1. Promosi Minuman

Promosi minuman dingin dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik offline maupun online. Apabila offline anda bisa menawarkannya secara langsung kepada calon pembeli. Atau anda bisa mencoba dengan cara mulut ke mulut. Nah untuk cara yang satunya dengan online ini dinilai sangat ampuh karena akan lebih cepat mendapatkan respon baik dari masyarakat. Dengan adanya berbagai media social seperti Instagram, whatsapp dan youtube menjadikan sarana untuk mengenalkan minuman tersebut dengan mudah.

  1. Titipkan Ke Kantin Atau Warung

Selanjutnya adalah cara menjajakan minuman tebu dengan cara menitipkannya pada kantin-kantin sekolah ataupun warung-warung dekat lingkungan sekitar.

Demikian tips yang bisa anda terapkan untuk memulai menjalankan usaha minuman tebu aneka rasa tersebut. Semoga dapat memberikan inspirasi dan gambaran untuk mengenali usaha minuman ini.