Ide Bisnis: Menikmati Sensasi dan Uniknya Bisnis Kopi Luwak

kopi luwakKopi Luwak merupakan salah satu dari jenis kopi yang berasal dari biji kopi yang sebelumnya sudah dimakan dan masuk kedalam pencernaan hewan bernama luwak. Luwak atau lengkapnya musang luwak, memang senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, kemudian biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak.

Sebelum memakannya, luwak mengupas terlebih dahulu buah kopi sebelum memakan daging buahnya. Biji kopi yang ikut termakan akan ikut keluar secata utuh bersama dengan kotoran luwak, karena pencernaan luwak tidak mampu mencerna biji kopi tersebut. Selama dalam perut luwak, biji kopi tercampur dengan enzym yang dihasilkan di dalam saluran pencernaan dan mengalami semacam proses fermentasi. Proses tersebutlah yang pada akhirnya menghasilkan kopi yang memiliki cita rasa dan aroma yang luar biasa.

Sebagai salah satu kekayaan alam bangsa Indonesia yang memiliki nilai ekonomi dan budaya yang tinggi, saat ini keberadaan kopi tersebut sangat langka karena menyempitnya lahan-lahan perkebunan kopi dan menurunnya populasi binatang luwak. Kopi luwak memang menjadi primadona cita rasa di kalangan penggemar kopi, tidak cuma di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara.

Kopi luwak asli yang dikumpulkan dari alam, biasanya masih dalam bentuk feses dari binatang luwak, kemudian diproses dengan tata cara tersendiri hingga menghasilkan biji kopi luwak asli dengan cita rasa istimewa. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan telah difermentasikan secara alami dalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Kopi luwak tersebut mempunyai harga yang terbilang tinggi dibanding dengan kopi jenis lain. Namun, hal itu tidak mengurangi penikmat kopi untuk memburu kopi luwak ini. Karena cita rasa dari kopi ini memang luar biasa bagi para penggemar kopi. Untuk dapat menikmati rasa dan aroma kopi luwak secara optimal dan maksimal sebenarnya tidak jauh beda dengan penyajian kopi pada umumnya. Untuk mendapatkan cita rasa yang optimal, kopi luwak dapat dinikmati dengan menyeduh ± 8 gr/ 150 cc air panas (95-98ºC). Pergunakan air setelah mendidih supaya cita rasa dapat terjaga dan tidak ikut menguap beserta air mendidih. Pergunakan media cangkir yang berbahan keramik agar dapat menahan dan menjaga panas agar tidak cepat dingin. Kopi luwak akan lebih terasa nikmat bila dihidangkan tanpa gula.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar :http://4.bp.blogspot.com/_512VEbm7xB0/SPtPcv_kLpI/AAAAAAAAKcs/AiriQaJK7eY/s320/9.jpg

32 Komentar

  1. Selamat siang

    Bisakah bapak informasikan kemana saya harus memasarkan kopi luak??…karena saya sebagai anak petani kopi di daerah sumatra bagian jambi.. memiliki banyak stok kopi luak,,,tapi tidak tau harus dipasarkan kemana?

    kalo ada yang berminat untuk membeli saya bersedia untuk menjual
    081930413239

  2. selamat pagi….
    bolehkah saya meminta informasi (segera) tentang kopi luawak, bagai mana berbisnis kopi luwak, partner, suplier,segment pasar dan segalanya tentang bisnis kopi luwak…

    e-mail : putra_aceh88@yahoo.co.id

    terimakasih https://bisnisukm.com

  3. Kopi luwak asli, Luwak atau lengkapnya musang luwak, memang senang sekali mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah kopi sebagai makanannya. Luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul masak sebagai makanannya, kemudian biji kopi yang dilindungi kulit keras dan tidak tercerna akan keluar bersama kotoran luwak. Bukan dengan memlihara luwak dan memberi makan kopi jika luwak tersebut lapar karena tidak terjamin buah kopi yang dimakannya cukup baik dan masak. ini pengalaman Kami sebagai petani Kopi Gayo dari Kab. Bener Meriah dan Aceh Tenga, karena di tempat kami anak pra sekolahpun sudah terbiasa meminum kopi terutama d i pagi hari. sekian

  4. Met siang,sy prem dari medan,ingin tau tentang teknis detail ternak luwak,mulai dari produksi,pengolahan hingga pemasarannya,mohon informasinya.thanx in advance.

  5. Sy sngt trtarik brbisns kopi luak khas sulawesi, tolong info bisnisx dong pak, mulai dr proses produksi hingga pemasaranx kemana,..
    E-mail/fb, wahyudihasfi@gmail.com

  6. saya punya punya luak dan sudah mempemiliki kotorannya, tapi saya belum tau kemana di pasarkan, luak yang saya pelihara bisa menghasilkan kotoran kira-kira 7kg tiap minggunya. Posisi saya di siantar- sumatra utara, bagi yang berminat hub,cuin
    hp. 081396986188.
    thanks

  7. saya memiliki sekitar 50 ekor luak/ musang liar hasil tangkapan dengan berbagai ukuran ( besar, sedang,kecil ) baik jantan ataupun betina. kalau ada yang minat untuk dijadikan alat produksi kopi luak silahkan hubungi saya :
    081336753393 /087860333309

  8. saya tertarik sekali bikin usaha produksi kopi luwak skala rumahan,tapi kami tak punya pohon kopi n luwaknya…bagaimana cara mendapat buah kopi apa bisa di stock n cara mendapatkan luwaknya…dan bagaimana cara memasarkannya…
    mohon hub kami melalui email ratna180773@yahoo.com
    no hp 085743448235

  9. saya punya kopi luwak baik arabika maupun robusta….
    bagi yg beminat silahkan hub saya..
    085221731939

  10. untuk kawan2 yang berada di surabaya atau sekitarnya,bahkan di luar surabaya.
    bisa menghubungi saya untuk mendapatkan informasi ttg kopi luwak.
    tentang jenis,harga, berikut cara menikmatinya.
    saya jg membuka kesempatan kawan2 untuk mencoba berbisnis dengan saya, dan mendapatkan kopi luwak asli dari lampung,baik jenis arabika maupun robusta.

    untuk konfirmasi dapat menghubungi saya di :
    email : dhe_cartheinz@yahoo.com
    telp : 085 649 556 990 / 031 603500 79.

    untuk bpk admin,bisa beri saran tidak untuk memaksimalkan pemasaran dari produk kopi luwak ini?
    terima kasih.

  11. apa saja yang perlu di perhatikan dalam pemasaran kopi luwak dan ada atau tidak yang jadi permasalahan yang secara signifikan dalam pemasaran kopi luwak.
    Mohon masukan dan arahan. Bagaimana teknis memulai bisnis ini. Dimulai dari permodalan sampai dengan pasarnya. Termasuk harga jualnya di pasaran.
    terimakasih…

  12. saya punya ladang kopi d tengah2 hujan dan bnyak sudah saya kumpul kan kopi luwak dalam bentuk biji,.kemana saya akan memasar kan.?085261978002

  13. Kepada Yth. Bisnis UKM
    Saya ingin sekali bisnis kopi luwak , tapi saya minta tolong informasinya tentang cara produksi kopi luwak mulai a-z trus di mana saya harus cari luwak nya trims saya tunggu infonya.

    Mohon masukan dan arahan. Bagaimana teknis memulai bisnis ini. Dimulai dari permodalan sampai dengan pasarnya. Termasuk harga jualnya di pasaran
    HP saya 085920773323

    Terima kasih
    Chandra Kurniawan

  14. Kepada Yth. Bisnis UKM

    Saya ingin sekali dari dulu bisnis kopi luwak , tapi saya minta tolong informasinya tentang cara produksi kopi luwak mulai a-z trus di mana saya harus cari luwak nya trims say tunggu infonya.

    Potensi bisnis ini harus segera saya tindaklanjuti, Sebab saya memiliki potensi itu dilokasi dimana kampung saya berada

    Mohon masukan dan arahan. Bagaimana teknis memulai bisnis ini. Dimulai dari permodalan sampai dengan pasarnya. Termasuk harga jualnya di pasaran

    HP saya 0857 158 34969

    Terima kasih
    Aris Wibawanto

  15. ditempatku komoditi utama adalah kopi, tp aku g punya luak/musang
    mas minta infonya dong
    terimakasih

  16. saya punya biji kopi luak dari alam yang masih dalam bentuk kotoran, untuk jumlahnya ada sampai 500 kg, bagi yang berminat bisa SMS saya di 081272290108, oh ya posisi saya di Lampung. terima kasih

  17. kepada bisnis ukm saya ingin sekali dari dulu bisnis kopi luwak , tapi saya minta tolong informasinya tentang cara produksi kopi luwak mulai a-z trus di mana saya harus cari luwak nya trims say tunggu infonya di mahir_putra@yahoo.com

  18. Pak Mungkin saya bisa dikasih informasi segalanya tentang kopi luwak, bahkan mungkin informasi bisnis kopi luwak ini.
    Terimakasih.
    Info bisa di dikirim ke email saya.
    mufid_abna@yahoo.co.id

  19. ASS saya mempunyai lahan kopi robusta.. siap panen apa bisa g di jadikan kopi luwak???? kalo ada yang mau berkerjasama, saya tunggu . at emochaos@rocketmail.com trims

  20. Saya kebetulan memproduksi kopi luwak (civet coffee) dari jenis kopi arabika maupun robusta di kota Bondowoso Jawa Timur. Rasa kopi luwak dapat berbeda-beda disebabkan oleh jenis kopi, cara memperoleh dan proses pembuatan. Kopi luwak arabika mempunyai rasa lebih masam/acidity dibandingkan kopi luwak robusta yang mempunyai rasa/body berat. Untuk harga kopi luwak arabika lebih mahal dibandingkan robusta.
    Buat rekan2 yg ingin tahu lebih banyak maupun berbisnis kopi luwak bisa menghubungi saya di 081.252.797.46

  21. saya punya peliharaan luwak di rumah,apakah bisa jika luwak tersebut saya beri makan kopi dan kotorannya menghasilkan kopi luwak seperti luwak yang memakan kopi di alam bebas..?hp saya 083851513535

  22. saya berasal dari medan.dan saya ingin memulai bisnis kecil2an.mungkin degan kopi luwak tersebut saya bisa memulainya.harga dari kopi trsbt brp?dan dmn dptny?hp saya 081361357499

  23. Saya baru saja mencoba menggoreng dan menggiling sendiri kopi luwak, yang saya dapat dari seorang teman. Tapi rasanya kok gak enak-enak amat. kayak kopi pada umumnya. Atau cara pengolahannya yang salah ??
    Apa ada informasi tentang cara pengolahan kopi luwak yang baik ??
    Mungkin saya bisa dikasih informasi segalanya tentang kopi luwak, bahkan mungkin informasi bisnis kopi luwak ini.
    Terimakasih atas perhatiannya.

  24. saya ingin tahu rasanya, kalo rasanya mantap dan harga terjangkau saya mau bisnis kopi luwak, caranya gimana. mohon solusinya no. hp 0817175969

    salam

    iwan

  25. Saya baru paham bahwasannya kopi luwak diperoleh dari faeces binatang luwak. Memang si secara di khayal kok gimana gitu, mengingat bahan yang di dapat berasal dari binatang luwak. Tapi baru kemaren saya baru mendapatkan nikmatnya kopi yang saya minum, saya kira kopi yang saya minum adalah kopi2 yang dari merek2 terkenal lain. Setelah saya cari tau ternyata kopi yang saya minum adalah kopi luwak… Memang benar2 nikmat citarasanya.
    Tapi saya cari2 di Jawa timur khususnya di Surabaya kok tidak ada ya?
    Karena ketika saya menikmati kopi yang satu ini saya pas berada di Jawa tengah, Kabupaten Purbalinngga jauh di ujung Desa.
    Mungkin saya bisa dikasih informasi segalanya tentang kopi luwak, bahkan mungkin informasi bisnis kopi luwak ini.
    Terimakasih atas perhatiannya.
    Data diri :
    Nama : M Taufan
    Alamat : Kebraon Manis Tengah III / 5 – Surabaya
    Hp : 085228121440
    031-83426331
    E-mail : satrya2002@yahoo.com

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

Comments are closed.