Inspirasi Bisnis

Siapa Bilang Hidup di Desa Tak Bisa Kaya? Coba Buka 6 Ide Usaha Ini!

mencari ide usaha di desa

Sekarang ini kecanggihan teknologi internet juga sudah mulai menjangkau desa terpencil. Jadi tak perlu khawatir, meski kamu hidup di desa dan jauh dari istilah kekinian, kamu juga bisa mulai mencari ide usaha di desa kelahiranmu.

Hidup di desa terpencil yang jauh dari keramaian kota, tak lantas membuat kesempatanmu menjadi orang kaya hilang begitu saja. Pasalnya sekarang ini untuk bisa sukses menjadi pengusaha bisa dilakukan di mana saja, ide usaha muncul tidak harus selalu di kota-kota besar tapi juga bisa dimulai dari desa yang terpencil sekalipun.

Apalagi sekarang ini kecanggihan teknologi internet juga sudah mulai menjangkau desa terpencil. Jadi tak perlu khawatir, meski kamu hidup di desa dan jauh dari istilah kekinian, kamu juga bisa mulai mencari ide usaha yang menjanjikan di tanah kelahiranmu.

Nggak percaya kalau kamu juga bisa jadi pengusaha sukses meski hidup di desa? Coba simak 6 ide usaha apa saja yang bisa kamu mulai di desa, seperti yang dilansir Cermati.com beberapa waktu yang lalu.

Buka usaha warung kelontong di desa, laris manis setiap hari didatangi pembeli!   

Usaha warung kelontong yang menjual kebutuhan sehari-hari, seperti cabai, bawang merah, sayur-mayur, ikan, dan bumbu masak ternyata masih sangat jarang di pedesaan. Meski banyak orang memandang remeh usaha yang satu ini. Maklum saja, warung kelontong terlihat sangat sederhana, tapi keuntungan yang didapatkan tidak bisa disepelekan, Kamu yang berstatus sebagai ibu rumah tangga sangat cocok menjalankan usaha warung kelontong ini.

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Punya Gerai Nyoklat, Sudah Pasti Untung!

Peluang usaha minuman dengan 100% keuntungan milik mitra, Dapatkan Promo Paket Nyoklat Super.

Untuk pembelian bahan, kamu bisa bekerja sama dengan para petani dan nelayan di desa. Karena sebagai tangan pertama, harga yang didapatkan bisa semakin murah.

Usaha ternak ayam juga cocok dengan lingkungan pedesaan, karena masih banyak ruang terbuka 

Bisnis selanjutnya adalah usaha ternak ayam. Siapa yang tidak suka ayam? Pada umumnya, masyarakat di Indonesia sangat suka ayam. Baik ayam petelur maupun ayam potong, keduanya sangat cocok untuk dijadikan bisnis. Tergantung selera, kamu mau pilih usaha ayam yang mana? Nantinya, ayam-ayam ini dapat dijual ke rumah-rumah makan atau ke pedagang ayam potong dan telur yang ada di pasar sekitar.

Baca Juga Artikel Ini :

Kisah Inspiratif Dari Desa Jamu, 35 Tahun Geluti Usaha Jamu Keliling

Bisnis Ternak Burung Jadi Potensi Desa Dengan Omzet Puluhan Juta

Usaha angkutan di desa atau persewaan mobil juga bisa kamu jadikan peluang

Minimnya sarana transportasi di desa bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha. Kamu bisa membuka jasa angkutan umum di desa seperti mini angkot atau mini bus yang menghubungkan masyarakat sekitar dari satu desa ke desa lainnya. Selain itu, kalau kamu punya investasi mobil pribadi, bisa juga membuka jasa rental mobil bagi masyarakat sekitar yang membutuhkan sarana transportasi untuk jarak jauh. Tapi, sebagai pemilik rental perlu berhati-hati. Sewakan mobilmu hanya pada orang-orang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus pencurian kendaraan yang belakangan ini semakin marak terjadi.

Buat yang hobi masak, bisa jualan menu sarapan

Ada banyak menu sarapan pagi yang bisa dijadikan pilihan, misalnya lontong, soto, pecel, dan nasi uduk. Semua menu tersebut merupakan menu yang sangat disukai masyarakat Indonesia. Rasanya juga pas di lidah. Bagi ibu rumah tangga yang suka memasak, tidak ada salahnya jika membuka usaha ini. Tapi, kamu perlu memastikan terlebih dahulu, apakah masakan tersebut enak atau tidak.

Biar nggak kalah fashionable dengan warga kota, kamu juga bisa membuka jasa jahit pakaian di desamu

Buat kamu yang suka menjahit, manfaatkan hobi tersebut untuk mendapatkan pundi-pundi uang. Usaha ini membutuhkan keahlian khusus. Jadi, perlu ikut kursus menjahit terlebih dahulu. Jika sudah mahir, barulah dapat membuka usaha ini. Jika usaha sudah mulai berkembang, kamu bisa merekrut karyawan yang ada di desa tersebut. Selain berbisnis, kamu juga sudah membuka lapangan pekerjaan. Enak sekali, bukan?

Nah, karena sekarang ini internet sudah masuk desa. Kamu bisa juga buka toko online yang menjual produk khas dari daerahmu!

Kecanggihan teknologi semakin membuka peluang untuk berbisnis. Bukan hanya di satu desa saja, melainkan di beberapa desa. Bisnis online ini sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa melakukannya lewat smartphone, laptop, ataupun komputer di rumah. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet agar semuanya berjalan lancar. Banyaknya marketplace yang ada di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Kamu bisa mulai mencari produk unggulan yang bisa dijadikan potensi bisnis khas dari daerahmu, kemudian pasang deh di lapak toko online yang kamu buka!

Mudah kan? Sekarang ini mencari uang tidaklah sulit asalkan kamu mau berkreasi menciptakan ide usaha! Banyak jalan untuk bisa jadi pengusaha kaya raya, meski kamu sekarang hidup di desa! Selamat berkarya dan salam sukses.