Simak Cara Menentukan Peluang Usaha Produk Barang/Jasa !

simak-cara-menentukan-peluang-usaha-produk-barangjasa

Sebenarnya ada banyak cara untuk menentukan peluang usaha produk barang/jasa. Namun ada banyak orang yang masih kesulitan menemukan usaha bahkan salah menentukan usaha yang cocok dan tepat. Memang sangat wajar jika para pemula mengalami kesulitan untuk menentukan peluang usaha yang menjanjikan.

Banyaknya peluang bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, terkadang malah membuat para pemula kebingungan untuk memilihnya. Sebagian besar dari mereka menginginkan keuntungan yang serba instan sehingga mencari peluang bisnis rumahan yang bisa dijalankan dengan mudah namun bisa mendatangkan untung jutaan rupiah.

Nah, bila Anda juga penasaran ingin tahu cara memilih peluang bisnis rumahan yang benar-benar menjanjikan untung besar. Berikut adalah beberapa peluang bisnis rumahan yang bisa Anda jalankan untuk mendatangkan tambahan penghasilan setiap bulan.

Cara Menentukan Peluang Usaha Produk Barang/Jasa

1. Pilih peluang bisnis dengan keuntungan besar

Menentukan peluang bisnis produk barang/jasa berikut ini adalaha dengan memilih peluang bisnis yang keuntungannya besar. Meskipun Anda memilih peluang bisnis yang bisa dijalankan dari rumah, namun pilihlah bisnis yang mampu memberikan keuntungan besar setiap bulan. Saat ini, sudah banyak peluang bisnis rumahan yang mampu memberikan untung besar bagi para pelakunya. Karena itu, sebaiknya Anda jeli dan teliti dalam memilih bisnis rumahan. Contohnya saja seperti menekuni bisnis online, bisnis rental mobil, bisnis kontrakan atau kost-kostan, dan lain sebagainya.

2. Pilih peluang bisnis yang mudah dijalankan

Sebagai pemula, tentunya Anda tidak perlu memilih peluang bisnis rumahan yang rumit untuk dijalankan. Mengingat bisnis Anda dirintis dari rumah, maka sebaiknya hindari peluang bisnis yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mengelola bisnis rumahan tersebut dengan mudah tanpa mengganggu kenyamanan penghuni rumah lainnya. Sebut saja seperti bisnis air isi ulang, toko kelontong, jual pulsa, dan masih banyak lagi peluang bisnis lainnya.

3. Pilih peluang bisnis rumahan modal kecil

Bisnis rumahan yang ideal adalah peluang bisnis yang tidak membutuhkan modal awal cukup besar. Dengan modal awal yang terbilang minim dan memanfaatkan peralatan yang ada di rumah, Anda bisa membangun kerajaan bisnis dari rumah sendiri dan tidak harus mengeluarkan biaya untuk sewa ruko atau tempat usaha lainnya. Contohnya saja seperti membuka warung makan, memproduksi aneka kue dan menitipkannya di warung-warung, bisnis repackaging camilan, dan lain-lain.

4. Pilih peluang bisnis yang tidak memakan waktu

Menentukan peluang bisnis produk barang/jasa berikutnya adalah memilih bisnis yang tidak memakan waktu banyak. Biasanya bisnis rumahan dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Dengan kata lain, peluang bisnis ini bukanlah pekerjaan utama para pelaku usaha. Karenanya, Anda harus memilih ide bisnis yang tidak memakan banyak waktu dan bisa ditinggalkan setiap saat. Misalnya saja seperti menjadi penerjemah freelance, menjadi penulis freelance, atau desain grafis freelance yang bisa dikerjakan di sela-sela kegiatan utama Anda.

5. Pilih peluang bisnis dengan risiko kecil

Sebagian besar pemula memilih peluang bisnis yang resikonya terbilang kecil. Mereka sengaja memilih peluang bisnis yang resikonya kecil agar bila suatu hari dagangan tidak laku, mereka tidak harus menanggung rugi yang terlalu besar. Untuk itu, Anda bisa mencoba bisnis rumahan dengan berjualan aneka minuman jus, menjadi reseller produk, atau memproduksi beragam jenis produk kerajinan yang tidak memiliki masa kadaluarsa cukup terbatas.

6. Pilih peluang bisnis berdasar keterampilan yang dimiliki

Jika kamu kesulitan untuk menemukan bisnis yang sesuai dengan passion yang Anda miliki. Anda bisa melihat dari keterampilan dan keahlian yang dimiliki. Tidak sulit tentunya menemukan berdasarkan apa yang menjadi kemampuan dalam diri. Jangan meremehkan jika peluang usaha bisa ditemukan dari hobi yang disukai. Cobalah sekali-kali untuk melihat keterampilan dalam diri Anda dan temukan apa yang dimiliki olehmu kemudian cari peluang yang paling sesuai dan cocok dengan karaktermu.

7. Melihat peluang dari masalah yang ada

Seringkali pelaku usaha menghindari sebuah masalah yang datang. Namun apakah Anda tahu jika masalah tersebutlah yang bisa jadi ide peluang usaha. Dari masalah-masalah yang ada disekitar lingkungan Anda bisa mendapatkan solusi yang akhirnya bisa diubah menjadi sebuah peluang usaha. Jadi sekarang tak perlu binggung lagi menemukan ide usaha untuk ditekuni.

8. Cari peluang bisnis yang sedang trend

Menentukan peluang bisnis produk barang/jasa yang selanjutnya adalah dengan memilih peluang bisnis yang sedang trend. Jika Anda mau usaha yang dibangun cepat berkembang dan tidak kalah dalam persaingan pasar maka pilih usaha yang sedang trending. Memilih usaha yang sedang trend menjadi pilihan yang sangat cemerlang. Usaha yang sedang trend sudah pasti banyak pengemarnya sehingga tidak sulit untuk mempromosikan usahanya. Jadi cobalah untuk mengupayakan dan melihat kesekeliling produk apa yang paling laris, bagaimana proses produksinya, bagaimana pula startegi yang digunakan untuk mengembangkan bisnisnya.

9. Rajin memberikan inovasi

Bisnis tanpa adanya inovasi baru setiap beberapa periode tentu akan membosankan. Jika bisnis yang ditekuni hanya sekedar mencari yang sedang trend namun tidak mampu memberikan inovasi untuk mengembangkannya maka lama kelamaan akan kalah dalam persaingan pasar. Maka ketika Anda sudah memutuskan bisnis apa yang akan ditekuni maka berikanlah inovasi-inovasi terbaru.

10. Pilihlah bisnis yang memiliki prospek cerah

Pilihlah bisnis yang memiliki prospek cerah kedepannya. Bisnis dengan prospek cerah ini adalah bisnis yang memiliki masa depan yang cemerlang. Bisnis yang tidak akan pernah mati meskipun zaman telah berkembang. Carilah bisnis yang memiliki daya tahan lama, bukan yang hanya booming lalu tiba-tiba menghilang. Perhatikan betul-betul peluang bisnis yang dapat bersaing dipasaran dan dapat diinovasikan dengan mudah.

11. Pilihlah bisnis yang bahan bakunya mudah ditemukan

Mencari peluang bisnis tidak bisa asal-asalan. Memulainya harus dengan hati-hati. Jika salah dalam menentukan maka akan menjadi hambatan tersendiri. Maka persiapkan dengan baik dan mendetail. Jika Anda memilih bisnis kuliner maka cari peluang bisnis yang bahan baku melimpah dan mudah ditemukan dimana pun dan tidak tergantung olehn musim.

12. Pilihlah bisnis yang unik dan berbeda dengan yang lainnya

Menentukan peluang usaha produk barang/jasa yang selanjutnya adalah dengan memilih bisnis yang menarik dan tentunya unik berbeda dengan yang lainnya. Salah satu mencari peluang bisnis yang paling tepat adalah dengan memilih bisnis yang berbeda dengan yang lainnya. Tentukan bisnis yang akan ditekuni lalu buat bisnis yang berbeda dengan pesaing bisnis. Tentukan bisnis yang paling jarang dipilih oleh orang lain.

13. Pilihlah bisnis yang sedikit pesaing

Pilihlah bisnis yang memiliki sedikit pesaing, dalam kata lain carilah bisnis yang tidak banyak diminati oleh kebanyakan orang. Dengan begitu bisnis tersebut akan dengan mudah Anda kembangkan. Mudah untuk diinovasikan, mudah untuk dimodifikasi dan tentunya akan dengan mudah kamu memasarkannya.

Setelah membahas kelima peluang bisnis di atas, kini giliran Anda untuk memilih salah satu ide bisnis yang paling tepat dan tidak menutup kemungkinan bila peluang bisnis tersebut bisa mengantarkan Anda menuju pintu kesuksesan usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

 

 

Sumber gambar : 

1 thought on “Simak Cara Menentukan Peluang Usaha Produk Barang/Jasa !”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba