Pemasaran

Strategi Pemasaran Paling Ampuh Di Era Digital

Strategi pemasaran palinga ampuh di era digitalZaman semakin berkembang, dibuktikan dengan semakin canggihnya teknologi yang ada. Hal ini menunjang kemudahan pada teknologi informasi dan komunikasi yang ada. Agar semakin mudah dalam menarik pelanggan dan untuk mengembangkan jangkauan pasar sebuah usaha, strategi pemasaran memiliki peranan yang sangat besar.

Semakin bagus strategi pemasaran maka bisnis Anda pun akan dikenal luas oleh masyarakat. Hal itu tentu mendongkrak pamor serta income perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, para pelaku usaha tidak bisa menerapkan strategi pemasaran yang biasa-biasa saja. Manfaatkanlah perkembangan teknologi serba digital ini untuk menarik perhatian konsumen dan juga calon mitra.

Berikut beberapa strategi pemasaran yang terbukti paling ampuh di era persaingan pasar digital ini.

Email marketing

Strategi pemasaran yang satu ini mulai dilakukan beberapa pelaku bisnis. Andapun tidak perlu ribet dan tanpa modal untuk melakukannya. Manfaatkan penyedia email gratis kemudian susun kalimat semenarik mungkin. “Kalimat menarik” tentu bukan yang berlebihan, Anda tak perlu terlalu ngotot. Gunakanlah kata persuasif yang intinya mengajak orang mencoba produk Anda.

Bila perlu tambahkan program affiliasi yang bisa mendatangkan keuntungan bagi calon klien Anda. Bukan tak mungkin mereka akan memikirkan atau memperhitungkan tawaran Anda. Namun Anda harus mengetahui betul etika dalam menulis email, karena tak semua orang menggunakannya, sering kali orang akan asal menulis. Mulailah dengan mengisi subjek email, kalimat sapaan, maksud dan tujuan serta salam penutup. Bubuhkan pula contact person dan tagline perusahaan untuk lebih menyakinkan mereka bahwa Anda profesional.

Tujuan email marketing ini bisa Anda tujukan untuk mereka yang menuliskan alamat email pada form newsletter ataupun subscriber website. Mereka yang mengisi adalah para calon konsumen atau klien yang sudah tertarik dengan produk atau usaha Anda. Artinya Anda tidak boleh menyia-nyiakan calon tersebut, bila mereka banyak bertanya bersabarlah dalam memberikan jawaban sehingga mereka mengerti.

Jika Anda belum memiliki calon penerima email marketing, Anda bisa mencoba mencari email para target. Ada beberapa web yang memberikan kemudahan pada Anda untuk mengetahui email tertentu.

Website toko online

Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah menggunakan website toko online. Saat membuat website Anda bisa menggunakan blogspot atau wordpress. Namun sebaiknya untuk domain Anda menggunakan .com, .co.id, atau domain berbayar lainnya. Dengan menggunakan jenis domain tersebut tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen kepada Anda. Perhatikan pula tema dan feature yang digunakan supaya konsumen tidak kesulitan saat mengunjungi web Anda. Tambahkan pula content marketing seperti artikel agar peringkat online shop Anda termasuk pada halaman pertama pada search engine.

Mobile Marketing

Seperti kita ketahui, hampir semua orang kini memiliki smartphone bahkan seorang tukang becakpun. Hal ini menunjukan bahwa dunia online sudah merambah hampir ke semua golongan. Ini tentu menjadi peluang besar untuk Anda dalam menjamah konsumen. Cobalah untuk melakukan strategi mobile marketing. Anda bisa memulainya dengan menggunakan tema responsive pada web Anda.

Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa 40% dari transaksi online kini datang berasal dari pengguna smartphone. Anda bisa mewujudkan mobile marketing dengan membuat aplikasi khusus toko online Anda. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk memaksimalkan pelayanan kepada konsumen. Atau bisa juga memanfaatkan chat messenger seperti BBM, whatsapp, line@, dan lain sebagainya.

Video Marketing

Dalam 1 hari, setiap orang hampir menghabiskan waktu kurang lebih 10 jam untuk browsing. Mereka mencari informasi ter-update yang menghebohkan di dunia viral. Anda harus memanfaatkan kesempatan ini dengan mengambil perhatian target konsumen. Cobalah dengan memanfaatkan video marketing dan menguploadnya di sosial media ataupun youtube.

Mengapa harus berbentuk video? Perlu diketahui bahwa lebih banyak orang yang mudah menerima informasi dengan melihat gambar. Mereka lebih suka dengan media visualisasi, jadi Anda harus membuatnya semenarik dan sekreatif mungkin. Ini bisa menjadi pendongkrak online shop yang mantap.

Itulah beberapa strategi pemasaran saat ini bisa Anda lakukan di era digital. Yang terpenting, jangan lupa untuk memperkuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan iklan di sosial media, atau pun situs penyedia iklan berbayar.

SHARE YUK!