Suburnya Potensi Bisnis Budidaya Tanaman Kenaf

Sebagian besar dari kita mungkin belum banyak yang mengenal tanaman kenaf. Tumbuhan bernama latin Hibiscus cannabinus L ini dikenal sebagai salah satu tanaman penghasil serat yang berkualitas. Serat tanaman kenaf biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk bahan membuat karung goni, karpet, tali, geotekstil, kerajinan tangan, bahkan sudah sering dipakai pabrikan mobil sebagai bahan baku komponen interior.

Melihat besarnya kegunaan serat kenaf, masyarakat Malang, Jawa Timur mulai membudidayakan tanaman kenaf untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya. Salah satunya saja seperti Bambang Prayitno yang sejak tahun 2000 silam telah melirik potensi bisnis tanaman kenaf dan membudidayakannya di lahan seluas 1.500 hektare (ha) yang tersebar di sekitar Jawa Timur dan Sulawesi.

Dari setiap 1 hektar lahan pertanian yang Ia miliki, Bambang bisa menghasilkan satu hingga tiga ton serat kenaf. Dengan harga jual kenaf yang bergantung pada harga serat internasional, saat ini pasaran serat kenaf dihargai sekitar Rp 9.000,00 hingga Rp 20.000,00 per kilogram dan jika tingkat produksi global melimpah, harga jualnya bisa jatuh di angka Rp 8.000,00 per kilogram. Sedangkan bila produksinya lagi turun, harga serat kenaf bisa melonjak hingga level Rp 25.000,00 per kg.

Rata-rata dalam sebulan, Bambang bisa menjual sekitar 100 ton serat kenaf baik dari hasil budidayanya sendiri ataupun dari hasil tampungan produksi kenaf  para petani di sekitar Jawa Timur. Dari bisnis budidaya tanaman kenaf yang Ia jalankan, setiap bulannya Bambang bisa mengantongi omzet hingga Rp 900 juta.

serat tanaman kenaf

Selain Bambang Prayitno, ada pula Samsul Rusli yang mencoba mengembangkan bisnis budidaya tanaman kenaf di Daerah Samarinda, Kalimantan Timur. Dengan lahan pertanian seluas 20 hektar (ha), Samsul bisa menghasilkan sekitar 10 ton serat kenaf per bulan dengan harga jual yang cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp 3.000,00-Rp 25.000,00 per kg. Alhasil, dari bisnis yang Ia jalankan, setiap bulannya Samsul bisa mengantongi omzet sekitar Rp 50 juta.

Meskipun budidaya kenaf tidak terlalu rumit, namun sampai saat ini masih sedikit petani yang tertarik membudidayakan tanaman tersebut. Padahal, kebanyakan perusahaan interior otomotif di dalam maupun di luar negeri banyak yang membutuhkan serat tanaman kenaf, sehingga tidak menutup kemungkinan bila setiap bulannya para petani tanaman kenaf bisa mengantongi omzet yang cukup besar.

Perawatannya yang cukup mudah dan masa panennya yang relatif cepat (bisa dipanen dalam waktu 3,5 bulan sejak ditanam), memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani tanaman kenaf. Tak hanya itu saja kelebihannya, tanaman kenaf juga jarang terkena hama sehingga untuk perawatannya hanya perlu diberi pupuk urea untuk meningkatkan laju pertumbuhan tanaman.

Besarnya peluang pasar dan mudahnya perawatan tanaman, menjadikan bisnis budidaya kenaf cukup menggiurkan untuk dijalankan. Semoga informasi suburnya potensi bisnis budidaya tanaman kenaf ini memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat di Indonesia untuk mengembangkan potensi di sekitarnya sebagai peluang usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.lktn.gov.my/e107_images/custom/pic-kenaf.jpg
2. http://1.bp.blogspot.com/_Yc3MlfKilCc/TUDRAYT5LiI/AAAAAAAAAyU/UBxi48TD3hM/s1600/kenaf_tree.JPG

31 Komentar

  1. Aku dari aceh merasa tertarik dengan tanaman kenaf tapih bingung gak tau mau beli bibit nya di mana dan setelah panen gak tau mau di jual keman. Bisa di bantu

  2. Assalamualaikum . Saya mau nanya . Apakah cocok penanam kenaf ini do kembang kan di daerah Sumatra barat . Saya tertarik sekali pada tanaman ini . Dan cara pemasaran nya utk daerah Sumatra barat ini bagaimana . Tolong info nya

  3. pada aku ada seiktar 20 hetar kemana kita psarkan. karna di tempat kami harganya sangat minim tllg imeil ke aku

  4. saya dari Aceh.saya sangat tertarik dengan kenaf.tapi saya kurang pengetahuan dengan tanamankenaf.di mana kita bisa beli bibit yg bagus?.kita bosan dengan sawit.kita mau coba yg baru yg tidak merusak lingkungan

  5. Sepertinya prospek ke depan bagus, tapi bagaimn dgn pemasarannya? saya di Bengkalis, katanya PT GAN yang menghandle pemasaran di wilayah sumatera, yang menjadi pertanyaan saya bagaimana kalau sudah terllu bnyk petani yang menanam kenaf, dan jumlahnya banyak, apakah perusahaan tetap mau mengambilnya? sebenarnya brp ton kenaf yang diambil dan dibutuhkan perusahaan dalam per-bulannya?

    • PT. GAN wilayah Sumatera Koordinator bengkalis dan dumai sudah ada. alamatnya jalan Gatot subroto depan LAM Bengkalis

  6. selmt siang, kalo boleh saya mau berguru danau tnya bnyak dri mulai cra mndptkn bibit, pmbibitnnya, cara tnamnya, tanah yg bisa untk dtnmi tnmn trsbut, hingga panen , pasca panen dan pemasaranny, mohon dibantu ya mbak nurul, Terimakasih

  7. mbak Nurul sekarang di daerah mana…? klw cari benihnya bisa tak melalui @Nurul… TQ

    • Benih kenaf berbagai varietas bisa diperoleh di BALITAS Malang. Saat ini varietas yang paling baru adalah KR 15 hasil persilangan dengan KR 6, KR 11 dan lainnya, Menurut informasi dari penelitinya bahwa KR 15 ini adaptif terhadap tanah gambut. CP yg bisa di hubungi : Ibu Dina (085233441155).

  8. Mohon info/sharing-nya bagi yang sudah menanam kenaf di Dumai Riau, bagaimana proses tanam, perawatan, panen, pasca panen dan pemasarannya? Terima kasih.

    • saat ini kenaf belum ada di daerah Dumai. Namun dalam waktu dekat akan ada penanaman. Untuk PT. GAN wilayah Sumatera koordinator Bengkalis Dumai telah Resmi dibuka. Untuk lebih jelas Bisa Kunjungi FB @Kenafbengkalis

    • tanah gambut bisa dikembangkan kenaf, dengan syarat kadar pH tanah 4-6. Sehingga keasaman tanah harus diturunkan dengan kapur dolomit.

  9. di daerah saya lamongan kecamatan laren banyak tanaman kenaf.namun masih bekum maksimal pemanfaatannya.seperti batang nya .untuk diambil seratnya kenaf harus direndam beberapa hari.artinya butuh air yang banyak.bila butuh bibit kenaf bisa hubungi 085648327248

  10. salam…apa bisa tanaman ini tumbuh didaerah dingin? kintamani-bali. terus bibitnya bisa dapat dimana, serta pemasarannya/ trims.

  11. pak boleh tau no tlp yg bisa dihubungi utk tanya2 tentang tanaman kenaf. saya tertarik utk menjalankan bisnis ini. kebetulan saya punya tanah yg nganggur di lampung barat.

  12. salam .. gimana dgn bibitnya dan cara nanam, perawatan dan jenis tanah nya pak apakah bisa di daerah riau

Comments are closed.