Sosial Media

Sukses Berbisnis Dengan Jejaring Sosial

berbisnis melalui jejaring sosialMunculnya beragam situs jejaring sosial (social networking) saat ini ternyata tidak hanya memudahkan masyarakat untuk berinteraksi dan menjalin pertemanan melalui dunia maya. Sebut saja facebook dan twitter yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengguna di berbagai negara, kini telah berubah fungsi dan mulai dikembangkan sebagai ladang bisnis yang potensial bagi para pelaku bisnis online.

Memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai ladang bisnis memang menjadi pilihan tepat para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui jejaring sosial, pelaku bisnis dapat  memasarkan produknya dengan cara membagikan informasi kegiatan bisnis secara update, membagikan gambar produk pada pasar yang lebih luas, membangun brand atau citra produk di dunia maya, menjalin komunikasi dengan calon konsumen, serta memperluas jaringan bisnis yang dimilikinya. Dan pastinya semua kegiatan bisnis tersebut dapat dilakukan dengan gratis, karena modal yang Anda butuhkan hanya jaringan internet saja. Tentu Anda tidak ingin melewatkan peluang tersebut bukan?

Karena itu, berikut ini kami informasikan kepada para pembaca tentang beberapa tips sukses berbisnis dengan jejaring sosial.

  • Sebelum memulai bisnis di jejaring sosial, sebaiknya lakukan riset pasar untuk mengetahui perkembangan trend yang saat ini sedang banyak dicari para konsumen (pengguna jejaring sosial).  Sebab perkembangan trend atau perubahan minat pasar di dunia maya cenderung sangat cepat, karena itu Anda harus lebih jeli dalam mengambil peluang dan memanfaatkan momen atau event tertentu untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.
  • Manfaatkan aplikasi pada jejaring sosial untuk mengenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan kepada konsumen. Misalnya saja dengan meng-up load (mengunggah) foto maupun video, yang menginformasikan berbagai produk Anda kepada para pengguna jejaring sosial. Strategi ini akan memudahkan Anda mempromosikan produk ke pasar yang lebih luas, dengan biaya pemasaran yang terbilang sangatlah murah.jejaring sosial
  • Jejaring sosial seperti facebook dan twitter akan memudahkan para konsumen untuk berinteraksi dengan Anda sebagai pelaku bisnis online. Karenanya usahakan untuk segera menanggapi semua permintaan dari pelanggan, dan melayaninya dengan sepenuh hati. Baik melalui chat online, comment, maupun membalas semua tweet yang dikirimkan para follower Anda.
  • Manfaatkan jejaring sosial untuk memperluas jaringan bisnis Anda

    Selain untuk menghimpun para konsumen, situs jejaring sosial juga dapat Anda gunakan untuk memperluas  jaringan bisnis yang telah Anda bangun. Misalnya saja dengan mencari pelaku bisnis yang menekuni bidang serupa dengan bisnis Anda. Dengan begitu peluang Anda untuk mengembangkan bisnis semakin terbuka lebar.

  • Bagi Anda pelaku bisnis online yang memiliki blog atau website, jangan lupa untuk selalu mencantumkan link dari situs tersebut pada jejaring sosial yang Anda manfaatkan. Kegiatan ini akan sangat membantu Anda dalam memasarkan bisnis online yang sedang Anda jalankan. Sehingga traffic pengunjung blog atau website Anda semakin meningkat, dan penjualan pun ikut berlimpah.

Semoga sedikit tips bisnis online untuk pekan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, serta membantu pelaku bisnis di internet untuk mengembangkan bisnis yang dijalankannya. Selamat mencoba dan salam sukses.

Sumber gambar : http://laili4rohmawati.files.wordpress.com/2011/01/jejaring-sosial.jpg dan http://sulhadi.com/wp-content/uploads/2010/06/9-kunci-sukses-social-media1.jpg