Sukses Berbisnis Tempat Penitipan Anak

jasa penitipan anakMenjadi sebuah dilema bagi  orangtua manapun, harus meninggalkan anak untuk pergi bekerja. Bagi orangtua terutama kaum ibu, sering merasa bersalah manakala si kecil yang masih balita harus diasuh oleh orang lain. Tempat penitipan anak menjadi solusi bagi  orangtua, khususnya para ibu untuk mengurus buah hati mereka saat pekerjaan yang tak bisa mereka tinggalkan. Di sinilah peluang bisnis kita. Yang kita perlukan hanya tempat dan baby sitter yang bisa kita cari di agen-agen baby sitter. Jika diperlukan, sewa juga ahli atau psikolog anak. Kita harus jeli memilih para pengasuh yang jujur dan bisa dipercaya untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk memulai bisnis jasa ini, modal utama kita adalah tempat, kira-kira 9×5 meter. Lebih besar lebih baik. Tempat itu sebagian besar kita gunakan untuk tempat tidur anak dan arena bermain. kita juga harus menyiapkan minimal dua orang baby sitter untuk merawat dan menjaga anak-anak tersebut. semakin banyak baby sitter maka semakin baik.

Pengguna jasa kita adalah sebagian besar orangtua yang sibuk atau kurang mempunyai waktu pada jam-jam tertentu untuk mengasuh anak mereka. Tumbuhkan kepercayaan kepada calon pengguna jasa kita. Karena itu merupakan sebagian hambatan yang  akan kita hadapi dalam bisnis jasa ini. Berikan sarana dan pelayanan yang berbeda dari tempat penitipan anak yang lain, misalnya  tempat yang  bersih, arena bermain yang luas, mainan-mainan yang edukatif, makanan yang bergizi, serta pengasuh yang penuh kasih sayang dan perhatian terhadap anak-anak. Jadi bukan hanya sekedar tempat, tapi juga sebagai pengasuh yang mengarah pada pendidikan tumbuh kembang anak. Jadi manfaatnya bukan sekedar menitipkan anak saja, tetapi juga memberikan kontribusi dalam pertumbuhan fisik dan perkembangan intelegensia anak.

tempat penitipan anakKita juga harus dapat memanfaatkan relasi untuk promosi bisnis jasa kita ini, teman-teman karyawan, kenalan-kenalan, keluarga, bahkan tetangga untuk menginformasikan usaha ini dari mulut ke mulut. Akan semakin baik lagi bila kita berani masuk ke kantor-kantor dan menawarkan kerjasama dengan perusahaan tersebut, yang tentu saja ada diskon khusus bagi mereka. Jadi jangan ragu untuk meraih sukses dengan berbisnis jasa penitipan anak.

sumber gambar :http://www.motherandbaby.co.id/files/image/daycare.jpg dan http://pkkjogja.files.wordpress.com/2009/12/dsc00022.jpg

26 Komentar

  1. saya tertarik mengenai usaha penitipan anak ini, karena saya juga mengalami hal yang sama…sulit melepaskan anak ke orang yang kurang bisa dipercaya
    Bisa dibantu apa saja yang harus dipersiapkan serta kendala2 yang bisaya dihadapi untuk usaha ini?

  2. ulasan tersebut diatas sangat bagus untuk membuka wawasan dalam usaha penitipan anak . Alangkah baiknya bila ada petunjuk untuk pemula baik itu seminar ataupun training., karena sy tertarik untuk membuka usaha penitipan anak khususnya usia 5 – 12 bulan, untuk itu perlu mengetahui kesulitan dan resikonya. Mengapa mau membuka usaha ini karena sy sangat menyukai anak bayi, dan melihat kondisi para ortu yang kesulitan mencari pengasuh yang bagus untuk anak2 mereka. Kami juga ada hubungan dengan dokter umum dan dr.anak, dr. gizi dan juga teraphyst yang bisa mendukung usaha ini. namun area yang ada untuk sementara 5 x 10 m2.

  3. Saya berminat biisnis TPA kira2 syarat nya apa aja, ada perijinan,dll nya?? Trus bagaimana harga yg saya tawarkan buat menengah ke bawah atau menengah keatas?? Budget yg dip erlukan kira2 brp?? Yg lengkap ya .. :d di tunggu balasan email nya.. Thx admin

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, kebetulan kami pernah mengangkat artikel seputar peluang bisnis tempat penitipan anak. Informasi yang Ibu Lenny tanyakan bisa ditemukan dengan klik link DISINI (klik link tersebut). Semoga bisa membantu dan slaam sukses!

  4. saya juga tertarik dengan jasa TPA ini, mengingat banyak ibu yang bekerja di luar rumah dan begitu kebingungan untuk mencari TPA. sementara ada juga yang sudah terlanjur was-was dengan kabar miring mengenai pelayanan TPA. bisa tolong diemail juga,konsep TPA yang bagus dan proses bisnisnya? terimakasih..

  5. saya tertarik untuk membuka usaha penitipan anak..sedangkan di kota saya susah sekali nyari pembantu.saya pun juga mengalaminya…tetapi saya belum punya pengalaman untuk usaha yang ini dalam perizinan dan perincian nya…mohon saran dan bantuannya..trimakasih.

  6. Saya tertarik dengan usaha penitipan anak,tapi saya butuh perencanaaan yg tepat terutama modal awal yg hrs sy keluarkan,pengurusan perijinan,program aktivitas anak,tarif yg hrs sy tawarkan dll..,sedangkan sy blm ada pengalaman sebelumnya ttg bisnis ini.tolong dibls y,di email saya tunggu.trimksh :)

  7. Saya tertarik dengan bisnis Taman Penitipan Anak ini dimana di sekitar tempat tinggal saya belum ada tempat penitipan anak. Sedangkan mencari pembantu tak semudah dibayangkan. Mohon dibantu informasi untuk memulai bisnis ini, mulai dari perijinan, perhitungan budget, pencarian lokasi, program aktivitas dan perhitungan harga dan informasi lainnya …saya tunggu di email ya…atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak sebelumnya….

  8. Saya berminat utk buat tpa,kebetulan sy punya rumah ditengah kota dan rumahnya tidak ditempati mhn info brp bugdet yg harus sy siapkan,dan info lainnya

  9. Salam kenal,sy ibu rumah tangga ygingin buka usaha di sidoarjo/surabaya,sy sangat tertarik dengan bisnis Taman Penitipan Anak ini.apalagi melihat kesibukan orang tua skrg,sedangkan menuntut anak utk diberikan pelayanan terbaik dr kesehatan,pendidikan,dll.karena itu Tolong di bantu untuk sgala informasi untuk set up bisnis ini, mulai dari perijinan, perhitungan budget, pencarian lokasi, program aktivitas dan perhitungan harga dan informasi lainnya ya Sy tunggu di email ya

  10. Saya sangat tertarik dengan bisnis Taman Penitipan Anak ini. Tolong di bantu untuk sgala informasi untuk set up bisnis ini, mulai dari perijinan, perhitungan budget, pencarian lokasi, program aktivitas dan perhitungan harga dan informasi lainnya yah, Pak / Ibu. Sy tunggu di email yah. Terima kasih dan sukses selalu buat kita semua.

  11. ASS..slam hangat…bole minta totong di emailkan cara cara membuat TPA dari awl perijinan sampai tempatnya..sebaiknya kalau konsultasi mesti kemana…trims. di balas y

  12. saya berminat punya usaha TPA kebetulan saya ada rmh di tengah kota cukup besar dengan halamn luas,mohon info apa saja yang harus sy siapkan dan butuh budget brp,staf ahli apa yang harus sy rekruit.tolong yah terimakasih sy tunggu segera info nya.

  13. saya guru sd yg jg ibu rmh tangga,saya berminat buka buka tmpt penitipan anak, tp bingung mulai dr mana? saya sdh punya bimbel diruko · mohon petunjuk dong thanks before

  14. salam sukses,TPA saya berada di kawasan industri mayoritas buruh,bagaimana cara memenej pangsa pasar yang hanya dari kalangan buruh,supaya tetap tetap bisa eksis dan sukses ?

    • Menurut pengalaman saya, lebih baik jangan franchise. Karena banyak ruginya dari pada untungnya. Lebih baik memakai jasa konsultan yang mengerti daycare

    • Saya memiliki pengalaman dulu magang ditempat penitipan anak di Jepang selama 1 thn, jika ingin berdiskusi lebih lanjut dipersilahkan….

  15. mau tanya perijinannya kemana, saya pingin memiliki usaha penitipan anak. trus bolehkah memanfaatkan rumah tinggal ?

  16. saya ada kendala dalam pemasaran bisnis TPA serta turn over yang tinggi, barangkali ada masukan..terima kasih.

  17. Salut. Saya mempunyai TPA sejak Januari 2010. tetapi kebanyakan anak yang dititipkan adalah dari keluarga buruh. Bagaimana agar TPA saya bisa menjangkau kalanganan menengah keatas ?

Comments are closed.