Sukses Bisnis Toko Bunga dengan Modal 1 Juta

SUKSES BISNIS TOKO BUNGA DENGAN MODAL 1 JUTA

Memulai bisnis setelah bekerja sebagai karyawan selama 14 tahun di perusahaan asing, Maya Indraswari (40) sukses menjalankan bisnis toko bunga. Berbekal relasi dari pekerjaan sebelumnya, di tahun 2010 Maya memberanikan diri untuk merintis toko bunga bernama Stella Florist di daerah Tebet, Jakarta.

Pengalaman bekerja di beberapa perusahaan asing, kontan berpengaruh pada pembangunan mental dan karakter Maya. Ia pun mampu memiliki banyak relasi baik dari internal maupun lintas perusahaan. Bekal inilah yang meyakinkan maya untuk serius membangun bisnisnya sendiri.

Sebelum sukses bisnis toko bunga dengan brand Stella Florist, Maya sudah berulang kali membangun usaha, namun hasilnya kandas di tengah jalan. Akhirnya, berdasarkan belajar dari pengalaman dan kegagalan sebelumnya, Maya pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja. Maya memantapkan dirinya untuk memulai bisnis secara full time.

“Memulai bisnis toko bunga atau rangkaian bunga, saya mulai secara tanpa sengaja. Jalan Tuhan mempertemukan saya dengan seorang perangkai bunga handal yang juga ingin memulai bisnis ini.” ungkap Maya. Banyaknya kompetitor bisnis rangkaian bunga, membuat Maya harus pintar-pintar membuat strategi. Hal ini ia lakukan agar dapat memberikan “first impression” pada calon konsumen. Karena pada awal memulai bisnis, Maya mengaku hanya memiliki modal terbatas. Maka, jalan keluarnya adalah melakukan promosi secara kreatif dan berbeda dengan pelaku bisnis florist yang sudah eksis.

Pada awalnya, Maya mengaku hanya menawarkan bisnis rangkaian bunga miliknya pada teman dan relasi lama saat bekerja. Namun, lambat laun konsumennya pun merasa puas dan promosi dari mulut ke mulut pun berjalan. Karena ternyata bisnis rangkaian bunga adalah bisnis yang menarik dan bisa dibilang tidak ada habisnya. Rangkaian bunga dibutuhkan di setiap moment penting bagi seseorang, mulai dari kelahiran hingga kematian.

Ke depan, Maya ingin mengembangkan sayap bisnisnya dengan menawarkan paket kemitraan bagi para calon atau pelaku usaha yang ingin menjalankan bisnis toko bunga atau rangkaian bunga. Kemajuan teknologi, meyakinkan Maya untuk menjalankan bisnis toko bunga online bagi para peminat bisnis florist di luar Jakarta. Menurutnya, cukup dengan modal Rp 5,5 juta saja seseorang sudah bisa memulai bisnis rangkaian bunga dengan merk sendiri. Stella Florist pun bersedia menjadi pemasok bunga bagi para pemula bisnis toko bunga ini.

Seperti halnya Stella Florist, yang pada awalnya memulai bisnis dengan modal kecil sebesar 1 juta rupiah saja. Namun, kini omzet penjualan bisnis toko bunga milik Maya telah mencapai angka 50 juta rupiah per bulan. Omzet sedemikian besar didapat dari aneka produk rangkaian bunga yang disedikan oleh Stella Florist. Mulai dari produk rangkaian bunga meja, rangkaian kombinasi, rangkaian tinggi, bunga papan, handbouqet, dan dekorasi.

Setiap produk memiliki peruntukan yang berbeda. Mulai dari berbagai kegiatan seperti kelahiran, ulang tahun, promosi, ucapan selamat atas usaha baru, dan lain-lain. Harga yang dijual pun sangat variatif dan bersifat customized, tergantung dari kebutuhan konsumen itu sendiri. Namun, harga rangkaian disediakan Stella Florist mulai dari Rp 500.000,-.

Hingga kini, Stella Florist dibantu oleh 3 orang tenaga kerja dengan kapasitas produksi 15 rangkaian bunga per harinya. Ketika mengalami pesanan yang tidak terduga, Maya pun merekrut pekerja lepas untuk membantu merangkai bunga pesanan pelanggannya. Stella Florist biasanya kebanjiran pesanan saat musim pelantikan pejabat kenegaraan, hari raya besar keagamaan, ramainya momentum pernikahan, bahkan meninggalnya seorang public figure.

Jangkauan pemasaran Stella Florist hingga saat ini telah mencapai wilayah Jabodetabek. Menurut Maya, setiap bunga memiliki ketahanan kesegaran serta kerapuhan yang berbeda-beda, sehingga ia membatasi wilayah hantaran. Hal ini ia lakukan untuk menjaga kualitas rangkaian bunga produksi Stella Florist, agar tetap baik dan segar. Alasan kedua, karena melihat kondisi trafik di Jakarta dan sekitarnya yang kurang kondusif. Sehingga Maya harus memperhatikan waktu tempuh pengiriman agar layanannya tetap prima.

Dalam menjalankan bisnis toko bunga ini tentu tidak terlepas dari kendala. Maya mengaku, kendala utama dalam bisnis florist terletak pada harga yang cukup fluktuatif. Kendala tersebut kemudian disiasati olehnya dengan sistem abonemen dengan para supplier bunga lokal sehingga harga yang kami dapat relative stabil. Kendala lain yang sering terjadi adalah terbatasnya varian bunga import. Mengingat beberapa bunga bersifat musiman, sehingga tidak selalu bunga tertentu yang diminta oleh konsumen dapat ditemukan dari importer bunga. Sebagai solusinya, Maya akan menawarkan alternatif bunga yang tersedia dengan nilai yang setara.

Di akhir sesi wawancara, Maya mengungkapkan bahwa menjadi seorang pengusaha adalah impiannya sejak masih aktif bekerja, dimana ia beranggapan bisa menjadi lebih mandiri dalam banyak hal. Mulai dari mandiri dalam berkreasi, mengelola waktu, mengorganisir tim kerja, hingga mampu mandiri secara finansial dari produk/jasa yang ia tawarkan.

Menurut Maya, kemenangan terbesarnya dalam menjalankan bisnis toko bunga ini adalah membuat ia mampu menyokong ekonomi rumah tangga dan tanpa disadari memberikan kesempatan kerja bagi beberapa orang lainnya. Maya pun senang karena dengan sistem kemitraan yang ia tawarkan, ke depan akan lebih banyak lagi orang yang menerima manfaat dari bisnis floristnya.

Maya pun tidak lupa memberikan kunci sukses bagi para calon atau pelaku bisnis. “Dalam menjual sebuah produk, bukan hanya pengetahuan akan produk saja yang perlu kita kuasai, tetapi kita perlu peka dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga yang kita tawarkan bukan hanya sebuah produk melainkan solusi. Dengan begitu, mereka pun dengan sendirinya akan lebih yakin dan percaya akan tawaran kita. Maka, mereka akan menjadi pelanggan setia kita.” paparnya bersemangat.

Tim Liputan BisnisUKM

Info Usaha Stella Florist

65 thoughts on “Sukses Bisnis Toko Bunga dengan Modal 1 Juta”

    • Hi Untung, untuk informasi lebih lanjutnya bisa cek di sini yaaa http://stellafloristjakarta.com/peluang-kemitraan/ atau bisa langsung menghubungi kami di nomor (Call/WA) +6282136759984 atau +6281233513214

      salam,
      Maya

      Reply
    • Hi Rere, boleh aja koq.. dengan senang hati kami siap untuk membagi pengalaman dan pengetahuan kami tentang dunia bisnis bunga, mulai dari teknik merangkai bunga, tips dan strategi bisnis bunga (florist) bahkan sampai tempat-tempat belanja murah (distributor) untuk memulai usaha florist dari rumah. Jika berkenan ikuti workshop kami “Cara Mudah Bisnis Bunga dari Rumah”. Dan untuk informasi lebih lengkapnya bisa langsung baca di sini: http://stellafloristjakarta.com/peluang-kemitraan/ atau langsung menghubungi saya di 081233513214.

      Cheers,
      Maya.

      Reply
  1. Saya tertarik berbisnis flower nya.kalau misal bunga ny dikirim kepalembang bisa tahan beberapa lama

    Reply
    • halo pak, salam kenal… kalau bunga yang dikirim dengan kemasan yang baik dan tetap dengan suhu yang dingin, kira-kira masih bisa bertahan 3-5 hari, Apa lagi kalau langsung port to port dan setelah diterima bpk bisa langsung masukan/simpan ke cooler / cold storage. Kira-kira itu yang bisa kami infokan, Smoga bermanfaat.

      Cheers,
      Maya.

      Reply
  2. Maaf mbak maya ikut nimbrung nih sekalian pengen solusi nya aku tanam bunga potong L 2 H (krisan,ruskus,balon,mawar lokal,garbera,hydrangea) tapi bingung masarin nya ke toko karna udh pada ada langganan gak mungkin kan kalau merebut hak org lain buka toko gak ada modal lagi tolong dong solusinya mbak maya salam sukses

    Reply
    • Hi Denis, memang gak mudah sih untuk masuk ke toko atau pasar yang sudah mempunyai langganan atau mitra, apalagi kalau mereka yang sudah sangat puas dengan kinerja dari langganan/mitranya tersebut. Namun menurut saya tidak ada yang tidak mungkinkan? Selama kita tetap berusaha dan optimis untuk bisa masuk ke pasar. Tips sederhana dari saya; bisa dimulai dengan menitip dulu ke toko/pasar yg dimaksud… kalau bahasa kerennya sih bisa disebut sistem konsinyasi kali yaaa.. :). Yang kedua, pastikan bahwa apa yg paling membedakan/unik bunga hasil produksi Denis dengan pelanggan-pelanggan toko/pasar tersebut. Kekuatan/keunikan ini bisa banyak macamnya, seperti kualitas, daya tahan, harga, service yang cepat, dan hal-hal lainnya yang kira-kira menjadi keunggulannya Denis dengan pelanggan-pelanggan dari toko/pasar yang sudah ada. Tips yang ketiga, coba cari niche market dari toko-toko/pasar yang belum mempunyai pelanggan khususnya terkait dengan bunga-bunga yang diproduksi oleh Denis, di sini bisa sebagai compliment untuk toko/pasar tersebut.
      Yang terakhir dan yang tak kalah penting adalah tetap berdoa kepada Allah swt untuk memberikan jalan atas usaha dan jerihpaya yang kita lakukan..

      Smoga bermanfaat.
      Maya.

      Reply
    • walaikum salam pak/ibu Cikwan, untuk informisi lengkapnya bpk/ibu bisa kunjungi website kami di http://stellafloristjakarta.com/peluang-kemitraan/

      cheers,
      Maya.

      Reply
  3. Mba, sya baru mau buka usaha bunga. Kalo mau order bunga ke mba, sya boleh mnta pricelist bunga perkodinyakh mba?

    Reply
    • Pak/Ibu Sukma, maaf kebutulan kami tidak menjual grosiran….. terima kasih untuk atensinya.

      Cheers,
      Maya.

      Reply
    • Ibu Eli, untuk ikutan workshop ibu bisa langsung kontak/WA kami di nomor 0812 3351 3214 untuk informasi lengkapnya.

      cheers,
      Maya.

      Reply
  4. mbak,mohon sarannya untuk memulai usaha ini,jujur mbak sy sngat minat x.klo kemitraan sama mbak bgmn S&K.tks

    Reply
    • Pak/Ibu Nursuhadi; untuk informisi lengkapnya bpk/ibu bisa kunjungi website kami di http://stellafloristjakarta.com/peluang-kemitraan/

      cheers,
      Maya.

      Reply
  5. Saya tertarik sekali untuk usaha bunga papan setelah saya pensiun dari Bank,mohon petunjuk,apakah saya bisa ikut kursus atau pelatihan dalam usaha ini,saya di Makassar,kalau memang ada,saya bersedia mengikuti semua aturan aturan tentang kursus ini,terima kasih sebelumnya atas info dan sarannya,semoga usaha ibu sukses dan berkah..Amin amin YRA.

    Reply
    • Pak Hidayat, kebetulan kami bom buka kelas untuk bunga papan…. saat ini workshop baru untuk rangkaian bunga meja.

      cheers,
      Maya.

      Reply
  6. Malam Bu. Saya dan Keluarga sangat tertarik dengan usaha ini, tapi masalahnya pengetahuan tentang ini tidak ada, Bisa nggak saya dapatkan video tutorial ini dari Ibu….? Jika saya mau pesan paket (bahan dan kelengkapan) untuk ini, kira-kira berapa dana yang perlu saya siapkan….? Terimakasih…

    Reply
    • Hi Buanaso, kebetulan saya tidak punya video tutorial, tetapi kalau bpk/ibu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut bpk/ibu bisa langsung mengikuti workshop kami tentang “Cara Mudah Bisnis Bunga dari Rumah”… Di sini kami tidak hanya sharing mengenai skill merangkai bunga, tetapi kami juga akan sharing mengenai seluk-beluk bisnisnya…. Untuk informasi lengkapnya bpk/ibu bisa mengunjungi website kami di http://stellafloristjakarta.com/kursus-kilat-merangkai-bunga/ atau bisa Telp/WA ke 081233513214.

      cheers,
      Maya.

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba